Di tengah hiruk pikuk rutinitas ibu sehari-hari, ibu tetap sepatutnya bersyukur dengan apa yang ia punyai. Meskipun semenjak menjadi ibu susah sekali mempunyai waktu santai, namun masih banyak nikmat lain yang bisa kita dapatkan. Berikut beberapa hal yang bisa membuat ibu tersenyum bahagia.

  1. Perkembangan Anak
    Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang sudah bisa berjalan di usia yang belum genap satu tahun, namun ada juga yang lebih dulu berbicara. Mau apapun itu, ibu tentu orang yang paling senang melihat perkembangan anaknya dari hari ke hari. Bayangkan saat ia bisa mengucap kata “mama” dan tersenyum manis kepada kita, semua penat rasanya terbang entah kemana.
  2. Kesehatan Anak
    Ibu mana yang tega melihat anaknya sakit. Setiap ibu pasti berharap anaknya sehat dan baik-baik saja. Bahkan saya pernah menulis status di sosial media saya, bahwa semenjak menjadi ibu mengapa permintaan saya terhadap anak menjadi tak muluk-muluk. Berbeda saat saya masih belum menikah dulu, saya ingin anak saya menjadi dokter, bahkan presiden. Namun setelah saya bersamanya setiap hari, saya hanya berharap bisa melihat ia sehat dan bahagia. Hati ibu pun akan turut bahagia.
  3. Anak Gembira
    Kadang hari tak selalu menjadi milik kita. Ada saatnya kita gundah gulana dan ingin menangis. Ditambah kaki yang pegal karena seharian kerja terus. Namun ternyata senyum dan tawa anak kita mampu menghibur kita. Apalagi jika tawanya pecah membahana, kita seakan larut bersamanya. Anak itu biasanya tidak bisa menahan geli saat kakinya kita kelitik-kelitik, ia pasti tertawa geli dan tak henti-hentinya bercanda. Saat itu kita seakaan kembali ke masa kecil, dimana semua beban belum ada, dan masalah sejenak terlupakan.
  4. Peluk Cium Anak
    Ada hal yang kita lakukan berulang-ulang namun tidak pernah bosan. Apa itu? memeluk dan mencium anak kita. Meski kadang harumnya tak karuan, kita tetap menunggu ciuman itu datang ke kita. Nikmatilah momen dimana anak kita masih bisa dipeluk dan dicium sepuasnya, karena nanti setelah ia besar lain lagi ceritanya.
  5. Kelucuan Anak
    Kita sering mendengar ungkapan “Don’t grow up so fast!” yang artinya kita tak mau anak kita tumbuh dengan cepat. Bukan berharap mereka sakit atau lambat perkembangannya, melainkan jangan dulu habis kelucuannya. Siapa yang tidak tertawa saat seorang anak berusaha mengucapkan sesuatu yang ia tahu tapi salah pelafalannya. Ini apa? “ambutan”, sambil nyengir saya betulkan “rambutan” :D. Begitu juga saat dia berusaha memanggil tukang roti yang lewat depan rumah, “Bang, otiii otiii bang!”. Meski salah tapi tetap lucu kita mendengarnya. Dan banyak sekali tingkah dan ulah anak kita yang sering kali membuat kita gemas. Gemas-gemas ngeselin ya bunda kadang-kadang. Hehe.

Yah semoga kita selalu ingat hal ini ketika kita suntuk seharian di rumah. Bunda tentu mempunyai banyak alasan yang bisa membuat bunda tersenyum sekarang 🙂

LEAVE A REPLY