Belanja bulanan mungkin kegiatan yang ditunggu-tunggu bagi ibu rumah tangga dan anak. Mengapa? karena aktivitas ini membuat si ibu bisa menghirup udara luar sekalian cuci mata. Namun terkadang kegiatan ini justru menjadi penyesalan bila apa yang kita beli ternyata over budget.

Pernah nggak bu merasa menyesal setelah belanja bulanan? Setibanya di rumah dan melihat struk belanja, kita merasa menjadi korban lapar mata sesaat. Nah di bawah ini beberapa kiat agar belanja bulanan Anda tidak mengecewakan, apa saja sih.

  1. Periksa dulu Stok Kebutuhan di Rumah

Biasanya saat akhir bulan satu persatu persediaan makanan mulai habis. Anda sebaiknya tahu barang apa saja yang masih ada dan bahan yang sudah harus dibeli. Dengan begitu Anda akan membeli barang sesuai kebutuhan saja.

  1. Catat sebelum belanja

Setelah mengetahui barang apa saja yang habis, maka catat semua barang yang harus dibeli. Utamakan kebutuhan yang paling primer, seperti bahan pokok. Minyak, beras, gula, dll adalah prioritas utama Anda. Lalu urutkan hingga bagian sekunder, dengan begitu Anda bisa tahu mana yang paling penting untuk dibeli. Dan pastikan Anda hanya membeli apa yang Anda catat yah.

  1. Bandingkan kualitas barang

Biasanya harga tidak pernah bohong. Lebih baik Anda menyediakan waktu sebentar untuk memilih barang yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan tergoda untuk membeli barang yang belum jelas kualitasnya. Dengan membeli yang berkualitas maka dijamin akan lebih awet dan tahan lama.

  1. Manfaatkan moment diskon dengan benar

Biasanya supermarket akan jor-joran memberikan diskon di akhir bulan. Untuk itu Anda mesti cermat menghadapi promosi tersebut. Usahakan Anda tetap fokus terhadap apa yang menjadi kebutuhan belanja bunda saja.

Misal, ada sereal diskon menjadi setengah harga dengan ukuran yang besar, tentu Anda tertarik untuk membelinya. Namun coba pikirkan dulu seberapa penting sereal itu untuk keluarga. Jika sangat dibutuhkan maka beli, tetapi jika tidak perlu sebaiknya tinggalkan tempat itu. Toh, jika sereal itu tidak dibeli pun tidak akan berpengaruh dengan kebutuhan keluarga Anda, malah akan menambah pengeluaran.

Jika punya anak kecil, lebih baik utamakan lebih dulu kebutuhannya. Coba cari tahu apakah ada promo popok bayi atau kebutuhannya yang lain di supermarket. Tentu ini bisa mengurangi pengeluaran bulanan keluarga Anda.

  1. Uang Tunai

Hindari berbelanja dengan kartu kredit. Sebaiknya siapkan uang tunai dalam jumlah terbatas sehingga membuat Anda terbatas untuk berbelanja. Hal itu juga akan menghindari belanja Anda melebihi budget.

  1. Cari supermarket Favorit

Ada beberapa ibu yang saya kenal memiliki tempat belanja langganan. Mereka sudah tahu bahwa supermarket pilihannya adalah yang terbaik, bisa dari segi harga, barang, ataupun kenyamanan. Temukan supermarket yang sudah menempel di hati, hal itu akan menambah kegembiraan Anda saat berbelanja bulanan. Dengan gembira Anda tidak akan terburu-buru dan semakin cermat memasukan sesuatu ke keranjang belanja bunda. Silakan dicoba. Semoga sukses Bunda.

The following two tabs change content below.

2 COMMENTS

  1. Tipsny bagus bgt.emang hrs begini supaya pengeluaran rumah tangga jelas arahny.boleh jg di share buat bunda2 yg lain cara2 yg baik untuk bunda dlm hal apapun.biar jd masukan untk smua bunda2.thx

LEAVE A REPLY