Bunda mana sekarang yang tidak punya whatsapp, hampir semua ibu-ibu kini punya aplikasi pesan ini. Dan memang si whats app sedang menjadi primadona karena sudah hampir diunduh oleh 800 juta pengguna di dunia. Tapi pesan saya jangan mau rugi, manfaatkan semua fitur yang ada, atau setidaknya kita tahu hal baru apa yang ada di fitur whats app saat ini. Mau tahu bu? berikut beberapa info yang sayang jika Bunda lewatkan.

1. Hilangkan Cheklist Biru

Sebagian Bunda pasti sudah tahu bahwa tanda contreng biru menandakan pesan sudah dibaca oleh penerima pesan. Nah jika Bunda tidak ingin ketahuan oleh si pengirim bahwa pesan yang mereka kirim sudah Bunda baca atau belum, whats app memberikan sebuah trik.

Caranya cukup mudah, yakni Bunda masuk ke setting, kemudian account dan masuk ke opsi privacy. Lalu setelah itu Bunda pilih read receipts menjadi off. Dengan begitu tanda checklist biru akan otomatis hilang.

2. Menggunakan Whats App di Komputer

Saya tahu ini info ini dari suami saya, kalau kita bisa mengakses whats app dari komputer. Asiknya lagi kalau kebetulan laptop suami saya ditinggal di rumah, pesan masuknya bisa saya baca deh :D. Bunda yang biasa bekerja di depan laptop bisa mengaplikasikan ini. Jadi tidak harus sibuk buka-buka telepon seluler.

Caranya jika komputer atau laptop Bunda sudah terpasang chrome, kunjungi laman whatsapp web dan ikuti petunjuk untuk ponsel Bunda. Dan Bunda harus memastikan bahwa ponsel Bunda terhubung ke internet, utamanya Wi-Fi, karena aplikasi web tersebut menyinkronkan segala sesuatunya dari ponsel Bunda. Jalankan Whatsapp, lalu temukan pilihan whatsapp web di menu, dan pindai kode QR di chrome. Kini Bunda bisa memulai chatting dari komputer.

3. Backup dan Restore Pesan

Jika Bunda ingin berganti handphone baru, tentu kita ingin agar seluruh data yang ada di smartphone lama bisa dipindahkan ke smartphone baru, termasuk pesan whatsapp. Hal ini bisa dilakukan.

Caranya pertama masuk ke setting pada whatsapp, kemudian pilih chat dilanjutkan dengan memilih chat backup. Lalu, pilih back up now untuk memulai mem-backup. Untuk menyimpan kembali pesan tersebut di smartphone baru Bunda, kita akan ditanya apakah mau menyimpan kembali pesan-pesan yang sudah ter-backup saat meng-install aplikasi.

4. Mengetahui Kapan Pesan Anda di-grup Dibaca

whatsapp-read-notification-android
Read untuk pesan yang dibaca dan Delivered yang belum dibaca

Sebenarnya pada saat pesan kita telah dikirim, kita akan langsung melihat waktu terkirim disamping pesan di layar handphone Bunda. Namun yang menarik bila Bunda bergabung di sebuah grup, Bunda bisa mengecek siapa saja yang telah membaca pesan bunda saat itu. Bahkan bunda akan tahu kapan detail pesan Bunda dibaca oleh teman-teman Bunda.

Caranya cukup tekan dan tahan pada pesan yang telah ditandai dua centang biru, kemudian tekan ikon info dan Bunda akan mengetahui waktu persis kapan pesan Bunda telah dibaca oleh masing-masing anggota grup di dalamnya. Sementara di IOS, Bunda dapat menyentuh dan menyeret (drag) pesan ke kiri untuk tujuan yang sama.

5. Mengirim Pesan secara Massal

Fitur ini berguna untuk Bunda yang berbisnis atau aktif di perkumpulan acara sosial. Bunda bisa menghemat waktu dengan mengirimkan pesan secara massal. Dan bagusnya lagi fitur broadcast ini memungkinkan Bunda mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak, tetapi akan muncul sebagai pesan pribadi antara Anda dan si penerima pesan.

Caranya di Android tekan menu, kemudian new broadcast dan create. Di IOS, Bunda cukup ketuk Broadcast list di layar chatting, lalu ketik new list. Jika penerima pesan membalasnya, pesan balasan itu hanya terkirim ke Bunda, tidak ke semua daftar penerima pesan tadi.

6. Tebal, Miring, Teks yang Dicoret

whatsapp_message_1Pengguna setia whats app pasti sudah tahu fitur ini kan, apalagi broadcastnya sudah tersebar dimana-mana. Ini trik untuk membuat tulisan Bunda menjadi tebal, miring dan tercoret.

Bold (cetak tebal), untuk membuat teks di pesan whatsapp menjadi cetak tebal, tambahkan tanda asterik (*) di depan dan belakang teks yang diinginkan , misalnya *Tebal*.

Italic (cetak miring), untuk membuat teks di pesan whatsapp menjadi cetak miring, tambahkan tanda underscore(_) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya _miring_.

Strikethrough (teks yang dicoret), untuk membuat teks memiliki coretan, tambahkan tanda tilde(~) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misal ~teks coret~. Selamat mencoba Bunda.

 

 

 

The following two tabs change content below.

LEAVE A REPLY