Tidak semua artis memilih melahirkan secara caesar, salah satunya Ayudia Bing Slamet. Istri dari Muhammad Pradana Budiarto alias Ditto ini bahkan memilih proses persalinannya dibantu bidan ketimbang dokter di rumah sakit. Apa sih alasannya bunda? ternyata wanita ayu ini sangat takut dengan lingkungan rumah sakit apalagi harus ditangani oleh dokter.

Berbeda dengan tempat yang dipilihnya, suasana yang alami diakuinya mampu membantu proses lahirannya berjalan lebih tenang. “Sebenernya spesialnya karena udara, laut, dan keadaan Ubud membuat pikiran Ayu tenang. Spesialnya memang bidannya, keadaan Bali tuh persis depan rumah kita ada sawah dan sungai, suasananya ramah banget, Ayu juga takut rumah sakit kan,” terang Ditto yang dikutip dari bintang.

Kebahagiaan Ayu dan suami bertambah lengkap karena ia berhasil melahirkan secara normal. Meski begitu Ayu mengakui perasanan takut itu pasti ada. Namun karena semangat dan dukungan penuh dari suami, ia bisa mengalahkan rasa takutnya. “Pas kontraksi kenapa aku lebih kuat, karena pengaruh suamiku juga, karena pas kontraksi datang dia sambil mijit selalu bilang kita harus terima kasih juga sama bayi kita, karena semakin sakit berarti dia semakin pengen ketemu sama kita, hal-hal itu yang bikin aku kuat,” ujar Ayu.

Tidak Bisa Diungkapkan dengan Kata-Kata

Ditto juga mengaku bahwa setelah melihat proses persalinan Ayu yang begitu hebat, ia semakin salut dengan perjuangan wanita melahirkan anak-anaknya. Ditto menyaksikan langsung detik-detik menegangkan dalam hidupnya, “Jam 5 pagi kontraksi, lahir jam 5 sore, sekitar 12 jam lah Ayu di bidan itu. Tapi ngeden yang sakitnya tiga jam,” cerita Ditto.

“Wah, saya aja yang nyobain ngeden sekali-sekali capek ya. Gila ya yang jadi ibu kita gimana ya. Ngeliat dia ngeden gak bisa diungkapin dengan kata-kata,” terang Ditto yang usahanya diparesiasi oleh bidan Yayasan Bumi Sehat karena mau mendampingi Ayu melahirkan.

Lalu Bunda apa pesan Ayu kepada ibu-ibu yang tengah mengandung, ia percaya bahwa semua wanita bisa dan kuat. “Pesan saya untuk ibu hamil, melahirkan normal itu nikmat sekali, melahirkan normal itu proses alami, rasa takut itu pasti ada, tapi harus di-manage dan pasti bisa, kita bisa, kita kuat,” ujar Ayu dengan sumringah.

Dan satu lagi bunda, hamil itu bukan hanya tentang istri, tapi juga suaminya. Karena dukungan penuh dari suami sangat dibutuhkan istri yang tengah hamil sampai ia melahirkan dan sesudahnya :). Setuju?.

The following two tabs change content below.