Semenjak menjadi ibu saya sangat perhatian dengan pemakaian listrik. Karena semakin lama biaya listrik semakin besar. Hal ini tentu berpengaruh terhadap keuangan keluarga, terlebih jika kenaikannya sangat drastis. Jika sudah begini maka lebih baik berhemat dan cari solusinya yah.

Apa sih cara mudah agar tagihan listrik tidak bengkak. Caranya ternyata banyak, salah satunya cukup unik. Jawaban ini saya dapat dari teman saya. “Kalau mau hemat listrik itu bu, mesti rajin-rajin matiin lampu”, hah? awalnya saya tertawa tidak percaya. Ternyata solusi itu tidak main-main, mematikan lampu yang tidak terpakai adalah cara mudah agar pemakaian listrik Anda bisa hemat. Ini 5 hal lainnya yang bisa Bunda terapkan:

  1. Gunakan lampu LED

Lampu hemat energi katanya sekarang harganya makin terjangkau. Jika Bunda merasa belum mempunyai budget untuk mengganti semua lampu jenis LED, gunakan lampu LED pada ruangan yang paling sering keluarga pakai. Misalnya di ruang nonton TV atau lampu luar rumah yang akan menyala sampai pagi.

  1. Cabut Kabel dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Dulu saya pikir dengan menekan tombol off maka listrik akan terhenti. Rupanya kabel yang masih tercolok akan tetap mengalikan listrik ke peralatan rumah tangga bunda. Misal TV, mesin cuci, bahkan charger telepon genggam. Karena ketika charger yang terhubung ke listrik tanpa ponsel masih menyedot daya listrik, sebesar 0,26 watt.

  1. Hemat Pemakaian Lampu

Selain mengganti jenis lampu, Bunda juga mesti rajin mematikan lampu yang tidak dipakai. Jika aktifitas terpusat di ruang tengah, maka lampu kamar bisa dimatikan. Kalau bisa juga terapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00. Dan ketika siang hari, Bunda bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama.

  1. Masak Nasi dengan Air Panas

Ketika Bunda ingin menanak nasi dengan rice cooker, gunakan air yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Cara ini dapat mempersingkat waktu memasak sehingga pemakaian listrik dapat dihemat.

  1. Pakai Tangki Penampung Air

Usahakan Bunda menggunakan tandon/ penampung air jika memakai mesin pompa. Fungsinya agar mengurangi beban kerja pompa air. Dan pompa tidak akan menyala terus ketika Bunda membuka keran air.

  1. Gunakan AC dengan Hemat

Meski cuaca kadang tak menentu ya Bun, kita tetap bisa mensiasati penggunaan mesin pendingin ini. Karena AC bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan peralatan elektronik lainnya. Untuk itu Bunda mesti cermati hal ini,

  • Pilih AC teknologi terbaru yang hemat energi. Beberapa brand sudah mengeluarkan produk AC yang bisa mendeteksi kebocoran kompesor dan bisa menaikkan suhu atau off secara otomatis.
  • Jika AC Bunda bocor, tidak dingin, dan Bunda menaikkan suhunya, alhasil pemakaian listrik akan makin besar. Segera periksa filter dan memperbaikinya bila ada yang rusak.
  • Sesuaikan suhu dengan dengan luas ruangan. Semakin kecil suhunya semakin besar daya listriknya. Suhu yang disarankan berkisar 25-26 derajat.
The following two tabs change content below.

LEAVE A REPLY