Perjalanan ke luar negeri bisa menjadi kegiatan menyegarkan bagi Bunda dan keluarga. Setelah sibuk dengan aktifitas kerjaan sehari-hari, bunda perlu jalan-jalan kan. Nah agar perjalanan Bunda tidak mengecewakan, ada baiknya kita menyiapkan semuanya dengan seksama.

Kali ini Bunda Jappy berbagi kisah perjalanannya saat di Singapura kepada katabunda. Berikut catatan perjalanan mereka sekeluarga.

Tips membawa anak di Pesawat

  1. Agar anak tidak rewel, sebelum naik pesawat sebaiknya anak sudah makan (atau perut sudah kenyang), jangan lupa siapkan susu/air mineral jikalau anak tiba-tiba merasa haus.

Untuk orang tua yang membawa anak, biasanya maskapai penerbangan lebih toleransi kepada kita, jika membawa makanan /minuman dari luar (untuk anak) biasanya di perbolehkan. Yaaa bisa lebih hemat juga sih atau kalau tidak mau repot Anda bisa membeli minuman/makanan/cemilan ketika sudah di dalam pesawat.

  1. Ketika berada di pesawat ada kalanya si anak pasti bosan, sebaiknya kita membuat dia sibuk, membawa pensil warna dari rumah dan buku mewarnai, sehingga dia ada aktifitas. Bisa juga membawa beberapa mainan seperti balok balokan atau action figure hero yg kecil-kecil, agar mudah dibawa.
  2. Ajak bicara si kecil dengan melihat awan atau langit, sambil bermain tebak-tebakkan langit warnanya apa? biru, itu namanya apa? awan, kursi ini warnanya apa merah, adik pakai apa ini di pinggang? sabuk pengaman dll.
  3. Kalau kakinya pegal atau merasa bosan , dia ingin berjalan keluar, bawa dia berjalan sebentar ke belakang ke tempat pramugari, biarkan ia menyapa pramugari agar tidak bosan, habis itu kembali lagi ke kursi.

Selama di negeri orang misalnya Singapore, pastinya kita lebih memilih naik angkutan umum daripada naik taksi. Biasanya public transport yang digunakan adalah MRT dan bus selebihnya berjalan kaki.

Untuk anak Anda yg masih toddler jangan lupa membawa stroller, karena kita banyak melakukan aktifitas jalan kaki. Apalagi kalau anak sudah mengantuk sedangkan kita masih jauh dari hotel, di sisi lain masih ingin belanja tapi di sisi lain anak ngantuk, kalau ada stroller anak bisa kita tidurkan di-stroller. Dan kita tidak perlu khawatir pegal karena harus mengendongnya. Kegunaan lainnya, stroller bisa kita gunakan untuk menaruh barang atau tas, kalau anak ingin jalan kaki dan sudah bosan di stroller, meringankan beban kita juga kan.

Negara Singapura memang negara yg sangat bersahabat dengan para penyandang kursi roda, sehingga setiap area, jalanan, gedung, toilet, pasti ada area khusus untuk kursi roda, jadi kita yang membawa stroller sangat terbantu.

Berikut bawaan yang perlu dibawa untuk berjalan-jalan keliling kota :

  1. Payung ( karena cuaca bisa ekstrem panas banget atau tiba-tiba hujan) kalau bisa bawa dua payung.
  2. Selalu sedia handuk kecil, kalau anak tiba-tiba pup, atau anak kepanasan harus di-lap keringatnya, atau tiba-tiba kehujanan.
  3. Jangan lupa bawa cemilan, susu dan air minum. Karena kalau anak tiba-tiba lapar atau haus masih ada makanan/minuman yg bisa dimakan, jikalau tempat makan masih jauh.
  4. Baju dan celana, karena kita tidak selalu bolak balik hotel, bisa saja di tengah perjalanan anak menumpahkan air atau makannya sehingga mengotori bajunya. Bawa baju dan celana cadangan masing-masing minimal 2 pasang.
  5. Tisu basah dan tisu kering.
  6. Bawa mainan untuk di stroller, di tempat makan, di bus agar anak tidak bosan, kalau anak perempuan misal bawa boneka barbie kalau anak laki-laki misal membawa pesawat-pesawatan, atau batman-batmanan.

Inti nya kalau travelling dengan anak, jangka waktu liburanya agak dipanjangin, misalnya biasanya 3 hari buat jalan-jalan cukup , sekarang diperpanjang menjadi 5 hari, emang sih agak costly dalam hal budget, tapi jadinya enak santai dan tidak terburu-buru. Karena agenda jalan-jalan kita somehow kita sesuaikan dengan jadwal anak, terkadang dia terlanjur ketiduran saat kita ingin berangkat, atau anak tiba-tiba lapar jad harus berhenti makan dulu, dan lain-lain.

Ayo bunda jangan khawatir mengajak anak-anak travelling, kalau serba was-was , kapan kita refreshing-nya, bunda juga butuh refreshing. 🙂

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY