Tentu Bunda ingat ketika si twitter populer dimana-mana. Ketika kita berlomba-lomba untuk mendapatkan followers, asik me-retweet kicauan si anu, menyimak kultweet dengan seksama sampai menebak-nebak siapa akun dibalik @triomacan. Keseruan itu kini sudah sangat berkurang. Twitter sudah ditinggalkan hampir sebagian pemilik akunnya.

Menurut data yang dilansir dari berbagai sumber, pertumbuhan twitter stagnan dari awal tahun 2015. Pendapatan penyedia jasa microblogging ini stagnan akibat kesulitan mendapatkan pengguna baru. Ditambah pengguna aktif twitter yang menurun jauh. Jumlah pengguna aktif yang berkicau di twitter hanya 320 juta. Jumlahnya terpaut cukup jauh dengan pesaingnya. Facebook memiliki 1,5 miliar pengguna aktif setiap bulan. Begitu pun Instagram tercatat memiliki 400 juta pengguna. Tak heran mereka lebih “laku” mengantongi banyak iklan ketimbang twitter.

Nah karena hal ini, Twitter pun melakukan banyak perubahan guna meraih kembali penggunanya. Apa saja sih, berikut kami ulas untuk Bunda.

1. Menghilangkan 140 Karakter

Hal ini saya ketahui langsung saat mengakses twitter baru-baru ini. Karena terbiasa mengikuti karakter twitter yang serba singkat, saya memperpendek kata yang ingin ditulis. Namun rupanya saya baru sadar kalau status orang-orang di twitter kini panjang-panjang. Dan semua bisa terbaca dari 1 tampilan. Saya telat banget yah. Rupanya perubahan karakter itu sudah dirilis dari bulan maret 2016 silam. Tapi Fungsi ini baru bisa dipakai akhir september 2016 ya Bunda.

Jack Dorsey selaku CEO Twitter menyatakan bahwa perubahan dari 140 hingga 10.000 karakter itu dilakukan guna memenuhi kebutuhan pengguna. Dan kabar baiknya Bunda kini bebas menulis kicauan di twitter sepanjang yang kita mau.

2. Kemudahan bagi Pengguna Tuna Netra

Twitter menyediakan fungsi untuk memberikan keterangan foto bagi penyandang tuna netra. Mereka menambah fitur berupa penambahan deskripsi pada foto, sehingga para penyandang tuna netra akan terbantu untuk mengetahui gambar tersebut. Untuk memunculkan deskripsi foto tadi Anda bisa mengikuti 2 langkah ini:

  1. Cara mengaktifkan fungsi untuk menambah deskripsi foto
  • Masuk ke setting
  • Pilih bagian aksebilitas
  • Centang pilihan “Compose image descriptions”
  1. Cara menambah deskripsi foto
  • Upload Foto
  • Klik bagian “add description”
  • Tulis deskripsi foto
  1. Jajak Pendapat Twitter (Polling)

Baru-baru ini saya juga sering melihat beberapa profil twitter tokoh atau produk yang menampilkan polling/ jajak pendapat tentang sebuah masalah. Bisa berupa pertanyaan umum seputar kesehatan yang biasanya dibuat oleh dokter, atau tokoh politik yang menanyakan sebuah kebijakan kepada masyarakat. Ya, twitter mengeluarkan fitur polling ini pada akhir tahun 2015 lalu yang bisa dimanfaatkan untuk jajak suara masyarakat. Bunda pun bisa membuat sebuah polling sendiri loh.

Caranya:

  • Klik tombol “Whats happening”
  • Klik ikon “+ Add a choice”
  • Ketik pertanyaan jajak pendapat Bunda di kotak utama pembuatan tweet baru. Bunda bisa membuat pertanyaan hingga 116 karakter.
  • Masukkan opsi jajak pendapat pertama di kotak pilihan 1, dan opsi jajak pendapat kedua di kotak pilihan 2
  • Klik + Tambah pilihan untuk menambahkan opsi lain ke jajak pendapat
  • Jajak pendapat memiliki durasi 1 hari dan menyesuaikan hari, jam, dan menit. Jumlah waktu minimum untuk sebuah jajak pendapat adalah 5 menit, dan maksimum 7 hari.
  1. Memposting Foto atau GIF (animasi bergerak)
Contoh GIF seekor kucing
Contoh GIF seekor kucing

Katanya tren GIF ini cukup membuat twitter naik daun kembali. Buktinya pada 2015, orang men-share lebih dari 100 juta GIF di twitter. Apa sih GIF itu, animasi bergerak yang biasanya disertakan teks yang menghibur. Bunda mau coba? twitter menyediakan banyak pilihan GIF yang bunda bisa tweet. Coba deh nanti Bunda akan tahu kenapa ini menghibur. Bunda tinggal cari ikon kamera dan mengklik GIF, tersedia banyak GIF yang bisa dipilih.

  1. Tidak Memotong Foto

Seperti kita tahu, twitter identik dengan miniblogging yang dominan dengan unsur teks. Namun twitter menyadari bahwa gambar dan foto merupakan objek yang bisa mengikat para penggunanya. Untuk itu kini twitter membolehkan foto untuk ditampilkan secara menyeluruh dan tidak memotong ukuran originalnya. Dengan begitu foto yang kita ambil tidak ditampilkan setengah-setengah lagi.

  1. Meningkatkan Fitur Anti Pelecehan

Tau gak Bunda apa sih keluhan paling serius yang dialamatkan ke Twitter? ternyata keluhan terbanyak menyangkut masalah pelecehan dan penghinaan yang sangat mudah menyebar di twitter. Banyak pengguna twitter yang mengadukan dirinya diancam dan ditakuti-takuti sehingga membahayakan keselamatan dirinya. Hal itu berdampak pada psikologis sampai korban menutup akun twitternya.

Untuk itu Twitter kini terang-terangan mengumumkan kebijakan terbarunya mengenai pelecehan, penghinaan bahkan perilaku kasar yang dialami penggunanya. Korban dapat melaporkan langsung ke twitter untuk selanjutnya akan ditindak lanjuti. Twitter dapat melakukan tindakan terhadap tweet yang mengancam atau akun pengguna yang bertanggung jawab. Tindakan tersebut dapat berupa peringatan kepada pengguna hingga menangguhkan akun tersebut secara permanen. Nah aman kan sekarang. Ayo deh Bunda main twitter lagi 😀 .

The following two tabs change content below.

LEAVE A REPLY