Anak saya termasuk yang irit kalau minum. Padahal kita tahu sendiri, salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah air. Apalagi anak-anak itu sedang dalam masa pertumbuhan, dimana komposisi cairan yang dibutuhkan anak justru lebih besar dibandingkan orang dewasa.

Menurut Dr. Sudung O. Pardede, kurang lebih 10-15% komposisi cairan yang dibutuhkan anak, sementara orang dewasa, memiliki komposisi cairan 2-4% dari berat badan. Nah kan bagaimana kita nggak gemes kalau si anak minumnya seruput-seruput aja.

Untuk itu anak dianjurkan untuk minum setiap 30 sampai 60 menit sekali sepanjang hari. “Walaupun nggak haus, ya, tetap saja berikan, terutama bagi anak yang aktif. Jangan menunggu anak hingga haus, karena haus merupakan tanda bahwa tubuh sudah kekurangan cairan,” lanjutnya.

Apa yang terjadi bila anak kekurangan cairan, salah satunya adalah penurunan fokus dan konsentrasi. Sebaliknya, anak yang terpenuhi kebutuhan airnya, akan memiliki berat badan yang ideal, dan terhindar dari risiko penyakit kronis. (sumber: baby centre)

Ayo bunda kece semangat memberikan air minum yang cukup untuk anak. Karena efek dari kurang minum ini cukup menyusahkan ibu-ibu kan. Salah satu akibatnya yang cukup umum adalah sembelit. Saya sering mengalami bagaimana repotnya kalau anak belum bab berhari-hari. Dengan memberikan minum yang cukup, sembelit dan infeksi saluran kemih bisa dihindari. Semoga yah.

Nah dari penjelasan di atas kebutuhan cairan bagi anak adalah sekitar 10-15%, kira-kira begini pembagiannya:

  • Anak usia 1-3 tahun kebutuhan airnya adalah 1,1 liter atau kurang lebih 4 gelas
  • Anak usia 4-6 tahun kebutuhan airnya adalah 1,4 liter atau kurang lebih 6 gelas
  • Anak usia 7-9 tahun kebutuhan airnya adalah 1,6 liter atau kurang lebih 6 gelas

Selain air putih bunda juga bisa memberikan cairan yang bergizi lainnya untuk anak, seperti kuah kaldu, jus segar, air kelapa, dan minuman-minuman yang aman dikonsumsi anak. Meski begitu, air putih tetap yang memiliki kandungan yang paling bagus untuk tubuh.

Oke tunggu apalagi, sudah berapa gelas air putih yang anak Anda minum hari ini?.

 

 

The following two tabs change content below.

LEAVE A REPLY