Suasana Idul Kurban masih terasa, buktinya stok daging sapi masih bertengger setia di dalam lemari es. Betul kan Bunda?. Namun biasanya saat melihat daging kurban kita mempunyai kekhawatiran yaitu bagaimana mengolahnya agar tidak amis. 5 cara di bawah ini Bunda bisa coba agar memasak daging lebih enak.

1. Cuka dan Tomat

Selain dapat menghilangkan amis, cuka dan tomat memiliki kandungan asam yang bisa mengempukkan daging. Setelah daging dicuci bersih, usapi daging dengan cuka. Cukup setengah sendok teh cuka untuk satu potongan daging. Karena bila terlalu banyak maka bisa menghilangkan cita rasa dari daging tersebut.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk melunakkan dan mengurangi bau amis pada daging. Selain itu, daging yang telah dilumuri jeruk nipis akan lebih awet, karena cairan jeruk nipis dapat menumbuh bakteri. Sebelum dimasak daging dilumuri dengan air perasan jeruk nipis lalu tunggu hingga 30 menit agar air perasan jeruk meresap.

3. Parutan Nanas

Nanas mengandung enzim nabati yang mudah larut dalam protein daging
Nanas mengandung enzim nabati yang mudah larut dalam protein daging

Nanas mengandung enzim nabati yang akan mudah larut dalam protein daging, serta mampu memecah jaringan ikatnya. Aroma asam nanas juga membantu meredam aroma amis pada daging. Parut atau belender nanas terlebih dahulu lalu lumuri daging sapi dengan parutan nanas agar cepat empuk. Lalu diamkan dan simpan selama 1 jam. Sesuaikan jumlah parutan nanas jangan terlalu banyak karena daging bisa hancur saat dimasak.

4. Parutan Jahe

Balurkan parutan jahe pada daging untuk menghilangkan amis
Balurkan parutan jahe pada daging untuk menghilangkan amis

Jahe merupakan rempah alami dengan aroma khas yang sering digunakan sebagai campuran penghilang bau amis pada daging ketika direbus. Enzim preteolitik pada jahe dapat memecah protein sehingga daging cepat empuk. Caranya jahe diparut terlebih dahulu lalu parutan jahe tersebut dioleskan pada daging, diamkan sekitar 30 menit, barulah bisa dimasak sesuai selera Bunda.

5. Daun pepaya

Cara ini lebih cocok digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap pada daging kambing. Tapi Bunda juga bisa kok mengaplikasikannya pada jenis daging yang lain. Caranya yaitu dengan membungkus daging dengan daun pepaya. Jika Bunda kesulitan mencari daun pepaya, serbuk papain yang berasal dari getah pepaya dapat dipakai untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging dan bahkan bisa membuat daging menjadi empuk.

Nah itu Bunda beberapa cara agar daging sapi tidak amis, semoga makin menambah cita rasa masakan Bunda yah.

The following two tabs change content below.

LEAVE A REPLY