Apakah Bunda memiliki masalah dalam pembayaran utang. Pendapatan keluarga sebulan habis hanya untuk membayar utang & kredit?. Daripada terus gelisah dan berakhir dengan cara “gali lobang tutup lubang”, Bunda bisa simak tips dari Perencana Keuangan, Prita Hapsari Ghozie SE, MCom berikut ini;

1. Restrukturisasi Kredit

Yakni upaya perbaikan yang dilakukan terhadap debitur yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajibannya. Ajukan permohonan penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu kredit, pengurangan tunggakan bunga kredit sesuai dengan kemampuan Bunda. Biasanya, pihak Bank akan mempertimbangkan pengajuan bunda dengan pertimbangan itikad baik Bunda dalam keinginan melunasi utang.

2. Refinancing

Yakni mencari pinjaman yang lebih lunak. Bunda bisa memindahkan utang ke lembaga keuangan atau Bank yang mempunyai bunga yang lebih rendah dan lebih lunak. Sehingga arus kas keuangan Anda setiap bulan akan berjalan dengan lebih baik dan sesuai dengan kemampuan.

3. Jual Aset

Bunda dapat melunasi utang atau minimal cicilan utang menjadi tidak lebih dari 35% penghasilan. Penjualan aset tersebut dimulai dari aset yang tidak mempengaruhi produktivitas keluarga.

Itulah beberapa saran yang palingĀ  direkomendasikan oleh Bunda Prita yang juga CEO cantik dari ZAP Finance. Semangat memulai hidup tanpa utang ya Bunda. Percayalah, hidup Bunda akan lebih nyaman dan lebih baik. Semoga bermanfaat.

The following two tabs change content below.

LEAVE A REPLY