Buah Melon ternyata mengandung sumber nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi. Para praktisi nutrisi dan gizi menyatakan bahwa melon sangat baik untuk ibu hamil. Bahkan tidak hanya bagi ibu, melon juga memiliki manfaat super bagi si janin.

Apa saja manfaat dari buah berwarna hijau yang harum ini, berikut ulasannya:

  1. Sumber Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang sangat penting untuk ibu hamil. Dalam setiap 100 gram buah melon mengandung 640 mg vitamin C. Fungsi Vitamin C sendiri adalah:

  • Bisa mengatasi berbagai jenis keluhan yang cukup menjengkelkan ibu hamil seperti demam, pilek dan flu
  • Sebagai vitamin untuk pertumbuhan bayi agar sistem kekebalan tubuh lebih sehat
  • Bisa mencegah kerusakan sel ibu hamil dari berbagai jenis serangan radikal bebas
  • Sebagai pertahanan kekebalan tubuh ibu hamil sehingga mendorong pembentukan sel darah putih
  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Seperti halnya buah pada umumnya, buah melon memiliki kandungan serat cukup tinggi yang berguna untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Pada masa kehamilan biasanya masalah pencernaan yang sering dihadapi oleh ibu hamil yaitu susah BAB atau sembelit. Masalah pencernaan ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah melon secara teratur.

  1. Mencegah Dehidrasi

Melon mengandung banyak air yang sangat menyegarkan. Ibu hamil memerlukan jumlah air yang cukup besar untuk mendukung perubahan metabolisme tubuh. Banyak ibu hamil yang mengalami dehidrasi karena kekuarangan air. Dan air melon dapat menggantikan air mineral dan tidak membuat perut ibu hamil terasa penuh.

  1. Membantu Pembentukan Organ Janin

Dalam setiap 100 gram melon mengandung sekitar 0,5 mg fosfor. Ibu hamil dan janin membutuhkan fosofor untuk mempersiapkan ibu hamil dalam proses persalinan. Otot-otot ibu hamil membutuhkan kontraksi yang sangat kuat menjelang proses kelahiran. Selain itu, fosfor juga berperan untuk menjaga sistem pembekuan darah, memperbaiki fungsi jantung, dan ginjal.

  1. Pencegah Anemia pada Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan jumlah sel darah merah yang lebih tinggi untuk mempersiapkan pertumbuhan janin dan sirkulasi darah. Dalam setiap 100 gram melon mengandung sekitar 35 mg zat besi. Hal itu dapat membantu produksi hemoglobin dan sel darah yang dapat mencegah anemia. Selain itu, alira darah pada rongga rahim menjadi berlimpah akan oksigen yang berguna untuk janin yang dikandung.

  1. Membuat Syaraf Menjadi Lebih Rileks

Stres adalah salah satu keluhan yang sering dialami wanita hamil. Hal ini disebabkan dari berbagai faktor, contoh saja saat mempersiapkan kelahiran anak yang dikandungnya. Tentu ini tidak baik dan berdampak buruk bagi ibu dan bayi yang dikandung. Salah satu khasiat melon yang baik bagi ibu hamil adalah dapat mengatasi stres. Karena pada buah melon terdapat superoksida yang dapat menormalkan tekanan darah serta membuat saraf menjadi rileks.

  1. Sumber Vitamin A

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A untuk mendukung sistem perkembangan tubuh janin. Vitamin A memiliki peran yang sangat besar untuk mendukung kesehatan mata bagi calon bayi. Dalam setiap 100 gram melon ditemukan sekitar 0,03 mg vitamin A. Manfaat vitamin A untuk perkembangan janin dan ibu hamil adalah:

  • Kandungan vitamin A dalam buah melon dapat mendukung proses perkembangan kognitif bayi
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan mencegah janin lahir cacat
  • Vitamin A juga berperan penting dalam menyeimbangkan fungsi jantung, paru-paru dan ginjal pada janin.

Nah Bunda, banyak sekali ya manfaat buah melon bagi ibu hamil. Buah melon bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Selain itu Bunda juga bisa membuat variasi cemilan dari buah melon seperti puding melon. Ayo Bumil segera beli buah melon!.

The following two tabs change content below.

LEAVE A REPLY