Ada beberapa kejadian yang mungkin baru pertama kali Bunda alami, salah satunya ketika si bayi menangis namun tak kunjung diam. Beragam cara sudah dilakukan, mulai dari menyusuinya, mengganti popok yang basah, bahkan membuatnya nyaman agar si bayi tenang. Namun si bayi tetap menangis dan Bunda bingung mau melakukan apa.

Jangan panik Bunda, jika hal di atas sudah dilakukan dan belum berhasil, Bunda bisa melakukan teknik di bawah ini.

1. Bedong atau ‘Membungkus’ Bayi

Jurus bedong yaitu membungkus bayi dengan kain lembut dari leher hingga kaki sudah dipraktekkan sejak ribuan tahun lalu untuk mendiamkan bayi yang menangis. Berada di dalam ‘kepompong’ bisa mencegah tubuh bayi Anda berkedut dan membantu mereka tertidur.

Jika Bunda ingin mencoba cara ini, pastikan tidak membedong bayi dengan lurus, biarkan kakinya seperti katak dan bukan lurus saat dibungkus kain.

2. Mengayunkan

Mengayun atau menggoyangkannya dengan gerakan konstan akan mengingatkan bayi Anda kembali ke hari-hari saat masih bergoyang-goyang di dalam perut Bunda. Cara ini terbukti secara ilmiah mampu menenangkan bayi menangis seperti terungkap dalam studi Jepang yang dipublikasikan Current Biology. Meski cara ini klasik, ternyata banyak Bunda yang belum mengetahui hal ini. Silakan dicoba Bunda, apa reaksi Bayi Anda.

3. Bernyanyi

Bunda bisa menyanyikan lagu bertempo lambat dengan suara lembut. Menurut sebuah sumber, tubuh manusia merespons musik dengan cara menyamakan denyut jantung serta indera perasa sesuai dengan tempo musik yang didengar. Bunda juga bisa melantunkan ayat suci untuk menenangkan bayi sekaligus diri Bunda sendiri.

4. Sentuhan

Sentuhan bisa menstimulasi reseptor perasaan nyaman di otak bayi. Penelitian juga menunjukkan bahwa sentuhan lembut di sepanjang tubuhnya lebih efektif dibandingkan sentuhan pendek dengan gerakan cepat. Sentuh juga pipi, punggung, kaki, atau perut bayi Bunda.

5. Mandi

Bayi yang kegerahan biasanya rewel dan menangis. Cobalah untuk memandikannya. Suara air yang mengalir dan hangatnya air di kulit dapat menjadi solusi untuk mengatasi tangisan bayi Anda.

6. Berbisik, Suara Pengering Rambut, dan Aplikasi Melodi

Membisikkan suara seperti “shhh” dapat menenangkan bayi yang baru lahir karena mirip dengan desingan yang melingkupi dirinya di dalam rahim.

Begitupun dengan hair dryer, banyak bayi yang tenang karena mendengar suara pengering rambut atau air mengalir. Konon waktu di dalam rahim, suara seperti itu yang dia dengar setiap hari. Suara detak jantung kita dan suara usus bergerak. Sehingga kehadiran suara pengering rambut, deru mobil, air mengalir dianggap bisa membuat bayi tenang.

Dikarenakan beberapa bayi menyukai suara vakum cleaner, dan pengering rambut tadi, kini banyak aplikasi yang menyediakan melodi yang mirip dengan itu, seperti Relax Melodies. Anda bisa mengunduhnya ke ponsel Bunda, jika si bayi rewel tak mau tidur.

7. Jalan-jalan ke Luar Rumah

Bila si kecil masih saja menangis, coba ajak jalan-jalan keluar rumah. Pemandangan baru, udara segar, dan hal-hal yang menarik lainnya bisa men-stimulasi si kecil menjadi lebih tenang. Jangan lupa memakaikan topi atau selimut bayi saat keluar agar si kecil nyaman.

Dari semua cara di atas, yang paling terpenting adalah Bunda mesti tetap tenang. Karena bayi dapat merasakan ketegangan yang kita rasakan dan cenderung bereaksi terhadap hal itu. Jangan sampai tangisan si kecil membuat Bunda stres atau frustasi karena hal ini akan memperburuk keadaan. Sekarang sudah tidak panik lagi kan Bunda 🙂 .

 

 

Sumber Foto : Instagram @andienaisyah

 

1 COMMENT

  1. Alhamdulillah, satu post yang penuh info berguna.
    Banyak lagi teknik2 yang para ibu bapa boleh cuba untuk masalah bayi menangis.
    .
    p/s : Jom ikuti pengalaman manis bagaimana kami berjaya merawat masalah bayi (anak buah pertama) yang dulu kerap menangis tanpa tahu sebabnya.
    Rujuk Instagram : bayi_menangis_malam

LEAVE A REPLY