“Bunda, Aku boleh memelihara kucing enggak?”. Jika si Kecil melontarkan pertanyaan seperti itu, kok rasanya langsung panas dingin ya bunda? Bagaimana tidak, sudah direpotkan dengan sederet pekerjaan rumah tangga, tugas Bunda jadi kian bertambah mulai dari memberi makan hingga membersihkan kandang binatang. Waduh, membayangkannya saja sudah lelah duluan ya Bun?

Tapi jangan khawatir, kalau si Kecil sudah siap untuk memiliki hewan peliharaan, kenapa tidak?

Karena faktanya, keberadaan hewan peliharaan memberikan segudang manfaat bagi tumbuh kembang anak. Apa saja sih manfaat punya hewan peliharaan di rumah?

  1. Melatih tanggung jawab dan kasih sayang

Ajak si Kecil berdiskusi tentang tanggung jawab yang harus dipenuhi jika memiliki hewan peliharaan. Mulai dari memberi makan, memandikan, mengajak jalan-jalan, hingga membersihkan kandang hewan tersebut. Ya memang sih, di awal sebagian besar tugas perawatan hewan tentunya akan dikerjakan oleh Bunda. Tapi percayalah, lambat laun si Kecil akan meniru perilaku yang Anda contohkan, seperti mempersiapkan makanan untuk si Manis, atau hal mudah lainnya. Dengan terlibat langsung dalam merawat peliharaannya, anak akan menyadari bahwa hewan peliharaan sama seperti manusia yang butuh makan, tempat tinggal dan cinta. Ini kemudian mengajarkannya betapa pentingnya kasih sayang.

  1. Mengurangi kecenderungan terhadap alergi atau asma

Mungkin banyak Bunda yang berpikir memelihara hewan akan menimbulkan berbagai jenis penyakit, seperti alergi atau asma. Hmm,percaya atau tidak, menurut sebuah studi oleh Dennis Ownby, seorang dokter anak dan kepala departemen alergi dan imunologi di Medical College of Georgia, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan lebih jarang menunjukkan hasil tes kulit positif terhadap alergen seperti bulu hewan dan debu tungau. Dr.Ownby berteori, ketika hewan seperti kucing atau anjing menjilat si Kecil sebagai tanda cinta, maka bakteri yang hidup di mulut hewan tersebut akan berpindah ke anak. Namun, paparan bakteri tersebut dapat mengubah cara sistem kekebalan tubuh anak merespon alergen lainnya.

  1. Mendorong anak aktif bergerak

Bermain dengan hewan peliharaan dapat mendorong anak untuk aktif bergerak. Bermain bola dengan kucing, berjalan kaki bersama anjing, atau membersihkan kolam ikan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

  1. Mengurangi stres

Membelai kucing atau sekedar memandangi ikan piaraan di akuarium saja dapat meredakan ketegangan dan stres lho. Selain itu, memelihara hewan juga dapat membuat si Kecil terhindar dari perasaan kesepian.

  1. Memperkuat ikatan keluarga

Urusan merawat hewan peliharaan biasanya menjadi aktivitas favorit bagi si Kecil dan anggota keluarga lainnya. Semua bahu-membahu memandikan si Guguk atau sekedar memberi makan kelinci. Nah, menghabiskan waktu bersama seperti ini dapat membantu keluarga jadi lebih akrab dan kompak.

Pada dasarnya, memiliki hewan peliharaan dapat memberikan efek psikologis positif bagi anak. Tapi Ayah dan Bunda jangan lupa, untuk memiliki hewan piaraan yang sehat, kita sebagai pemilik juga harus senantiasa menjaga kesehatannya yaitu dengan rutin vaksinasi. Selain itu, jangan lupa juga untuk membiasakan si Kecil untuk mencuci tangan dan mengganti pakaian usai menyentuh kandang atau hewan kesayangannya.

 

LEAVE A REPLY