Bagi Bunda pecinta buku, pastinya sudah tidak asing lagi dengan pameran buku yang lagi hits akhir-akhir ini. Yap, apa lagi kalau bukan Big Bad Wolf ( BBW ) 2018!. Sejak digelar pertama kali di tahun 2015, pameran buku terbesar di tanah air ini selalu ramai pengunjung. Maklum, event BBW ini selalu menawarkan diskon gila-gilaan untuk semua jenis buku, mulai dari 60 – 80%. Waah, kapan lagi kita bisa belanja buku impor yang biasanya dibanderol Rp 200 ribu, jadi hanya Rp 50 ribu saja!

Meskipun animo masyarakat Indonesia sangat besar dalam menyambut event BBW ini, tapi masih banyak lho yang galau memutuskan pergi langsung ke BBW atau pakai layanan JASTIP alias JASA TITIP?. Kegalauan tersebut wajar saja terjadi karena di dua event BBW sebelumnya, banyak pihak yang trauma akibat harus mengantre berjam-jam di kasir untuk membayar buku belanjaan. Nah, jika Bunda bingung memilih pergi langsung atau pakai layanan JASTIP, yuk simak dulu penjelasan berikut ini.

DATANG LANGSUNG

Kelebihan :

  • Lebih puas memilih buku idaman

bbw 1JPG

Di tahun 2018, Big Bad Wolf menghadirkan 5,5 juta buku dengan pilihan yang lebih beragam dimana 70 persen diantaranya adalah buku anak-anak. Tak hanya itu, pihak penyelenggara juga menambah porsi penjualan buku-buku lokal serta buku berbahasa Mandarin. Jika Bunda datang langsung tentunya bisa bebas bergerilya di tengah lautan buku. Tapi tak jarang, buku yang kita incar sudah ludes gara-gara diborong oleh pihak jastip. Hmm.

Kekurangan :

  • Lokasi jauh

4C91F81D-1C1F-455C-85FE-3E64BFF3182BTempat penyelenggaran BBW di ICE BSD Tangerang memang menjadi tantangan tersendiri bagi para book lovers yang tinggal di luar Tangerang atau Jakarta. Tapi, demi mendapatkan buku berkualitas dengan harga miring, banyak yang rela menempuh jarak berpuluh-puluh bahkan ratusan kilometer.

  • Antre kasir lama

Yap, seperti tahun-tahun sebelumnya, pengunjung event BBW tahun ini juga sangat membludak. Meskipun pihak penyelenggara sudah menyediakan lebih dari 60 kasir, namun nyatanya masih ada pengunjung yang harus mengantre lama. Tapi hal ini bisa diantisipasi dengan datang saat dinihari dimana jumlah pengunjung lebih sedikit.

  • Kalap belanja

Buku-buku impor dengan harga miring kerap jadi kelemahan bagi para book lovers di luar sana. Bawaannya pengen borong yang banyak, mumpung murah ya kan. Tak jarang, akibat lapar mata, para pengunjung BBW terpaksa mengeluarkan kocek melebihi budget. Padahal buku yang dibeli pun sebetulnya hanya menganggur di rak. Untuk mengakali supaya tidak kalap, sebaiknya Bunda mencatat terlebih dahulu daftar buku incaran yang ingin dibeli.

PAKAI JASTIP

Kelebihan :

  • Hemat waktu dan tenaga

Bagi book lovers yang tinggal jauh dari Tangerang atau beda pulau, menggunakan layanan jasa titip tentu saja dirasa lebih praktis ketimbang datang langsung. Hanya dengan memantau akun jastip di instagram, para penikmat buku bisa memilih buku yang diinginkan. Tidak perlu capek-capek datang ke lokasi, buang waktu mencari tempat parkir, berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya, bahkan tidak perlu mengantre lama di kasir!

  • Tidak perlu meninggalkan si Kecil

Salah satu kelebihan memakai layanan jasa titip adalah Bunda bisa hunting buku, tanpa harus meninggalkan si kecil. Bagi Bunda yang memiliki bayi dan tidak tega meninggalkannya di rumah atau khawatir rewel jika dibawa ke BBW, tentu saja sangat diuntungkan dengan keberadaan jastip ini.

Kekurangan :

  • Pilihan buku terbatas

Yap, salah satu kekurangan menggunakan layanan jastip adalah Bunda hanya bisa memilih buku yang ditawarkan pihak jastip. Misalnya saja Bunda Cory yang ingin membelikan anaknya activity book, namun pihak jastip hanya menawarkan buku-buku cerita pendek anak. Tapi jika buku incaran Bunda kebetulan masuk dalam daftar buku yang dijual jastip, hmm Bunda sungguh beruntung.

  • Akumulasi ongkos jastip

Layanan jastip biasanya membebankan tarif tambahan pada setiap buku yang Bunda beli, antara Rp 5.000 –  Rp 15.000 per buku. Jika Bunda hanya membeli satu buku, tentu bukan masalah karena ongkos jastip masih jauh lebih murah dibanding ongkos transportasi jika datang langsung ke BBW. Belum lagi ongkos untuk jajan, dsb *uhuk. Tapi bayangkan jika Bunda belanja buku dalam jumlah banyak. Tanpa sadar, akumulasi ongkos jastip jadi terasa lumayan mahal juga setelah dihitung-hitung.

Mau datang langsung ke Big Bad Wolf atau memakai jasa titip, itu sah-sah saja. Yang penting, jika Bunda memilih memakai layanan jastip, pastikan jastipnya amanah, NO TIPU-TIPU. Telitilah terlebih dahulu histori postingan dan testimoni para pengguna jastip di akun Instagram. Jika Bunda merasa yakin dengan akun jastip yang dipilih, silahkan putuskan untuk bertransaksi. Tapi jika Bunda ingin datang langsung, jangan ditunda-tunda ya karena pameran BBW akan berakhir pada 9 April 2018.

Selamat berbelanja!

LEAVE A REPLY