Selain Puncak, dan Bandung, kini ada lokasi wisata favorit keluarga untuk Liburan, dimana itu? di Batu, Malang. Sudah dua tahun belakangan ini, kota Malang menjadi destinasi baru liburan bersama keluarga. Kenapa? karena kota ini memiliki banyak sekali lokasi wisata yang pas untuk dinikmati dan dieksplor bareng si kecil dan keluarga.

Ada Jawa Timur Park 1 (Jatim Park 1), Jatim Park 2, Batu Secret Zoo, Eco Green Park, Museum Angkut, dan yang terbaru yaitu Jatim Park 3. Semua area wisata ini terdapat di Batu Malang, dan semuanya pun kids friendly alias sangat cocok menjadi arena liburan anak-anak.

Nah yang paling bikin kita penasaran adalah wisata terbaru di Malang, apalagi kalau bukan Jatim Park 3. Konsep unggulan Jatim Park 3 adalah edutainment, dimana selain menghibur, ada beberapa wahana yang bisa menjadi sarana edukasi bagi keluarga. Salah satunya wahana Dino Park, yang memiliki berbagai replika dinosaurus yang mirip dengan aslinya. Mirip? iya karena patung dinosaurusnya tidak tanggung-tanggung, besar bangeet, kira-kira tingginya ada yang mencapai 5-6 meter.

Liburan ke Jatim Park 3

Kemudian dengan menggunakan kereta, kita diajak menyaksikan kehidupan dinosaurus dari Zaman ke Zaman. Mulai dari Zaman Permian, yang ditaksir sekitar 200 juta tahun yang lalu, Zaman Jurasik, hingga Zaman Es. Dijamin anak-anak terkesan dan takjub deh mendengarkan sekaligus menonton langsung kisah dinosaurus kesayangan mereka.

Selain Dino park, ada wahana yang tidak kalah menariknya, seperti The legend Star, Infinity World, Fun tech Plaza, dll. Terus gimana sih perjalanan ke Kota Batu, Malang dari Jakarta?.

Kali ini KataBunda menanyakan langsung kesan dan pesan Bunda Taya yang sudah pernah liburan ke kota Malang dan mengunjungi Jatim park 3. Langsung saja yah:

Kenapa Bunda Thaya Memilih destinasi Jatim Park 3? Karena dulu tahun 2014 aku pernah ke jatim park 2 dan aku terkesan bgt. Jadi pas tau ada jatim park 3 aku jadi penasaran juga pingin kesana, apalagi sekarang udah ada baby. Jadi makin semangat mau ngajak main kesana.

Banyak Area yang Digemari Anak-Anak

 

 

Kemarin kesana sama siapa saja? Naik apa? Boleh diceritain nggak perjalanannya dari rumah sampai ke tujuan? Kurang lebih berapa jam? Kemarin aku liburan ke malang bertiga aja sama suami dan anak aku Naufal (15 bulan) selama 4 hari 3 malam. Kita kesana naik pesawat langsung ke bandara Abdurahman Saleh di Malang. Kita milih jam berangkatnya jam 08.30 karena itu jam tidurnya Naufal. Jadi pas di pesawat alhamdulillah naufal langsung tidur.

Perjalanan via pesawat sebenarnya memakan waktu satu setengah jam, cuma ternyata pas mau mendarat, di bandaranya lagi dipakai untuk latihan militer jadinya pesawat kita muter-muter di atas kurang lebih 1 jam. Dan ternyata kata penumpang di sebelah kita, bandara Abdurahman saleh ini memang sering dipakai untuk latihan militer. Jadi sering juga pesawat jadi telat mendaratnya. Alhasil kita baru mendarat jam 11-an.

Lalu setiba di bandara kita naik Grab ke batu. Kita menginap di hotel amarta hills, hotel ini jaraknya dekat ke daerah-daerah wisata yang mau kita datangi jadi kita kemana-mana naik Grab saja. Disana mencari transportasi online alhamdulillah nggak susah dan rata-rata pengemudinya ramah-ramah bgt. Perjalanan dari bandara ke batu kurang lebih 1 jam lebih. Sesampai di hotel karena belum bisa check in (belum jam 2 siang), akhirnya kita nitip koper dan langsung menuju museum angkut yang hanya berjarak 1,5 km dari hotel kita.

Kalian di Jatim Park 3 ke wahana apa aja? Di jatim park 3 kita hanya masuk ke wahana Dino Park, Infinity World dan The Legend Star. Ga sempet masuk ke semua wahana karena 3 wahana itu saja luaaas sekali dan udah seharian plus kitanya juga udah capek buat nyoba wahana lain.

Bagaimana wahana Dino Park, seru nggak? Kalau iya, boleh diceritain seru dan nggak serunya apa? Serunya kita bisa naik semacam kereta terbuka gitu dan sepanjang jalan kita dijelasin tentang zaman dinosaurus. Di kiri kanan kita nanti ada replikareplika dinosaurus tiap zamannya. Dan ada museum dinosaurus berisi replika-replika besar beserta penjelasan tentang dinosaurusnya. Disana juga banyak permainan-permainannya, tapi kebanyakan permainannya tidak boleh membawa baby. Gak serunya paling pas antri buat naik keretanya itu. Waktu kita kesana memang lagi liburan anak sekolah, jadi kemarin kita antri sampai 1 jam lebih. Dan ternyata naik keretanya seru tapi cuma sebentar banget. Kira-kira hanya 15 menitan.

Kalau Infinite World gimana, seru nggak? Serunya di sana banyak ruangan-ruangan berisi lampu-lampu keren yang bagus untuk foto-foto. Sebelum masuk ke ruangannya kita diharuskan melepas sepatu dan diberi kaos kaki khusus sama pegawainya.

Wahana Infinity World Keren untuk Foto-Foto

Kalian masuk ke wahana The Legend Star kan? Ada apa saja sih disana? Seru yah? Seruu. Kita bisa foto-foto sama patung lilin tokoh-tokoh, artis dunia bahkan superhero juga ada disana. Disana disediain juga ornamen-ornamen fotonya seperti piala Oscar, jubah Harry Potter, Wig kribo dll.

Bunda Taya dan keluarga

Nah katanya ada wahana miniatur beberapa negara yah? berapa sih tiket masuknya? Kemarin beli tiketnya yang terusan (Dino Park + The Legend Star) seharga Rp 170.000 per orang. Pas di Infinity World beli tiket lagi seharga Rp 30.000 per orang. Naufal masih free karena masih di bawah 2 tahun. Wahana Keliling dunia ini masih satu tempat sama The legend star jadi tempatnya luas banget. Disini dibagi menjadi beberapa kawasan. Ada kawasan Eropa, Jepang, Korea, dll. Disini kita bisa sewa baju khas negara di tiap kawasan untuk berfoto. Kemarin aku hanya sempat menyewa baju korea saja. Biaya sewanya Rp 100.000 untuk 1 jam (atau Rp 50.000 per 20 menit).

Bunda Taya di Wahana Negara Korea
Bisa Menyewa Kostum untuk Berfoto Disini

Ceritain donk pas ke istana negara? Itu masih bagian dari The Legend Star yah? Iya awal masuk legend star langsung masuk ke replika istana negara. Sebelum masuk ke istana, ada lapangan kecil berisi rusa-rusa kita dikasih free wortel untuk memberi makan rusanya. Dan disediakan wastafel untuk cuci tangan setelah memegang rusa. Di dalamnya ada patung-patung lilin presiden-presiden RI.

Wahana yang Paling berkesan yang mana nih? Kalau menurut aku paling seru yang legend star. Disana tempatnya bagus dan settingan tiap negaranya seperti asli. Kita puas foto-foto dan Naufal pun seneng karena bisa lihat beberapa binatang disana.

Spot Foto di Area Hollywood
Di area Amsterdam
Foto Bersama Patung Bruce Willis

Apa tips Jalan-Jalan ke Jatim park 3 bersama anak? Tipsnya karena di jatim park 3 itu luas dan bisa habis waktu seharian, jadi harus siapin fisik dan lebih baik membawa stroller. Karena kemarin kita hanya membawa baby carrier dan itu berasa pegal banget karena jalan jauh. Di batu juga ada penyewaan stroller, jadi kalau misalnya malas bawa stoller dari rumah bisa disewa di Batu dan diantar ke tempat tujuan. Kalau untuk tempat istirahat atau makan disana banyak disediain.

Area Jepang di Jatim Park 3

Nah itu dia cerita Bunda Thaya saat Liburan ke Jatim Park 3 bersama keluarga. Seru yah bisa liburan sekalian belajar bersama. Satu lagi, yang mesti diingat yah Bun, area Jatim Park 3 itu memang luas sekali. Untuk itu sangat penting menyiapkan mental dan fisik yang kuat sebelum perjalanan kesana. Terlebih jika Bunda membawa si kecil dan keluarga. Yuhuu. Selamat Liburan!.

 

LEAVE A REPLY