Saat ini bioskop telah menjadi salah satu tempat favorit yah Bunda. Jumlah penonton film di bioskop bahkan semakin melonjak setiap harinya. Ada banyak orang yang memilih bioskop sebagai tempat jalan-jalan, hiburan dan merilekskan pikiran. Apakah si kecil juga suka sekali menonton film dan Bunda tertarik untuk mengajaknya ke bioskop?. Nah, kira-kira boleh tidak yah jika anak menonton bioskop Bunda?.

Sebenarnya, Bunda boleh mengajak anak menonton bioskop ketika usianya sudah cukup yah Bunda. Menurut pemerhati anak, usia 4 tahun adalah usia yang ideal karena anak sudah bisa mengikuti alur cerita yang ia tonton, juga sudah tidak terlalu sensitif terhadap suara keras dan sinar layar yang terang. Jika Bunda mengajak anak menonton bioskop sebelum memasuki usia yang pas, ditakutkan dapat merusak telinga dan matanya. “Suara di atas 85 desibel (dB) berbahaya bagi telinga bayi karena indera pendengarannya masih sensitif,” ujar seorang dokter anak, Ahed Bisharat. Belum lagi, suara di atas 100 dB  berisiko menyebabkan gangguan pendengaran secara permanen bagi anak lho Bunda! Wah, ngeri yah?.

Menurut American Academy Of Pediatrics tingkat kebisingan di atas 45 desibel pada bayi harus diwaspadai. Volume suara di atas 100 desibel selama lima belas menit menyebabkan gangguan pendengaran secara permanen bagi bayi. Suara pada tingkat desibel tinggi dapat merusak telinga bayi bagian dalam khususnya koklea. Selain itu, cahaya pada layar bioskop juga terlalu terang yang bisa merusak mata si kecil.

Bunda juga jangan cepat-cepat masuk ke dalam bioskop yah. Kalau bisa sih lewatkan saja iklan dan trailer film supaya tidak memperpanjang waktu di dalam bioskop demi menghindari anak merasa jenuh karena terlalu lama. Anak-anak tentu saja berbeda dengan kita yah Bunda. Si kecil tidak bisa terlalu lama berdiam diri dalam satu suasana. Ia pasti akan merasa bosan dan akhirnya meminta untuk keluar. Jika Bunda mengajak anak ke bioskop jangan lupa juga bawakan cemilan yang bisa mengalihkan perhatian ketika ia mulai bosan. Anak biasanya akan lebih anteng jika ada makanan yah Bunda. Dengan begitu ia menjadi tidak rewel. Usahakan membawa makanan yang menjadi kesukaan si kecil yah Bunda.

Siapkan Cemilan saat Anak Menonton Bioskop.

Selanjutnya hal yang harus Bunda lakukan jika ingin mengajak anak menonton bioskop adalah pastikan bahwa film tersebut sesuai untuk usia anak-anak. Jangan sampai yang Bunda pilih adalah film untuk orang dewasa. Nah, dalam hal ini Bunda bisa melihat lebih dahulu nih review filmnya di internet sebelum menonton. Anak-anak juga biasanya cenderung bosan yah Bunda jika durasi film terlalu panjang, tidak seru dan tidak menarik perhatiannya. Jangan sampai nanti malah mengganggu penonton yang lain dan membuat suasana menjadi tidak kondusif.

Ketika anak sudah mulai bosan dan rewel pun, sebaiknya turuti permintaannya yah Bunda. Jika si kecil ingin keluar, maka Bunda harus menurutinya. Jangan sampai nanti karena sayang sudah membayar tiket, jadi Bunda membiarkan saja si kecil menangis di dalam dan mengganggu penonton yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY