Pendidikan bagi anak merupakan salah satu dari sekian banyaknya hal penting yang harus orang tua perhatikan yah Bunda. Bahkan karena begitu pentingnya, banyak orang tua yang ingin anaknya cepat-cepat masuk sekolah. Kadang-kadang ada yang ditambah juga dengan bimbel di luar jam pelajaran sekolah. Entah itu karena ego orang tuanya ketika melihat anak orang lain sudah sekolah atau karena kemauan anak itu sendiri. Atau ada juga orang tua yang kesulitan merawat anaknya di rumah, sehingga memilih disekolahkan saja anaknya karena terlalu rewel dan berharap apabila telah sekolah anak itu bisa mandiri.

Sebenarnya usia dini adalah masa-masanya seorang anak bermain dan mengenal. Jadi akan ada banyak hal yang harus Bunda pertimbangkan jika ingin menyekolahkan anak sejak dini meskipun pengenalan pendidikan terhadap anak sejak usia dini itu bagus. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus Bunda perhatikan jika ingin memasukkan si kecil ke sekolah yah:

  1. Kesiapan Emosional

Hal yang harus Bunda perhatikan saat ingin memasukkan si kecil ke sekolah adalah emosionalnya. Si kecil nanti cemas atau tidak nih jika Bunda tinggal di sekolah? Apakah dia sudah mandiri dan tidak menempel terus pada Bunda? Sebab, sekolah kan dunia baru yang masih asing bagi anak yah Bunda. Di sekolah dia akan bertemu dengan lingkungan dan orang-orang yang baru. Apakah nanti dia bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya? Apakah dia akan merespon saat ditanya gurunya? Apakah si kecil bisa berbagi dengan teman-temannya? Semua hal itu harus Bunda perhatikan, jangan sampai nanti si kecil malah ketakutan dan menjerit-jerit. Atau dia malah sering bertengkar dengan temannya yah.

  1. Kesiapan Fisik

Orang tua sudah harus mengajarkan kepada anak cara memegang pensil, toilet training, bersosialisasi, pengenalan waktu makan dan sebagainya. Selain itu, anak juga sudah harus mengerti dan mau mengikuti instruksi. Apakah anak Bunda juga sudah mampu menggambar hal-hal sederhana? Bisa berpakaian sendiri dan akan merespon jika dibacakan sebuah cerita? Kesiapan secara fisik juga harus diperhatikan yah Bunda. Jangan lupa juga untuk mengenalkan kepada si kecil tentang perlengkapan untuk sekolah dan apa kegunaannya. Seperti misalnya pensil untuk menulis, penghapus untuk menghapus dan lain sebagainya.

  1. Kesiapan Kemauan Anak
Sekolah akan melatih kemandirian anak sejak dini.

Biasanya, ada anak yang akan meminta kepada orang tuanya bahwa dia ingin sekolah. Dia akan merengek ingin dibelikan buku, pensil, tas dan perlengkapan lainnya ketika melihat anak-anak yang lain sudah masuk sekolah. Nah, jika anak sudah meminta seperti itu, tidak ada salahnya Bunda memasukkannya ke taman kanak-kanak terlebih dahulu. Biarkan anak mengenal lingkungan sekolah.

Namun, apabila yang terjadi malah sebaliknya yaitu si kecil tidak ingin sekolah, maka Bunda harus belajar mengenalkan kepadanya secara pelan-pelan dan tanyakan apa hal yang membuatnya tidak mau sekolah? Atau Bunda juga bisa menggunakan cara lain, seperti misalnya mengajak anak berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekolah.

  1. Kesiapan Usia Anak

Usia yang tepat untuk masuk TK minimal 4 tahun atau tergantung syarat dari sekolahnya. Seorang ahli nutrisi menyarankan agar orang tua memasukkan anaknya ke sekolah ketika sudah umur empat tahun karena itu usia yang ideal.

“Perkembangan anak-anak memang belum siap sebetulnya. Jadi kelihatannya perfoma pun belum optimal. Tapi begitu dia sudah berusia empat tahun, kognitifnya sudah berkembang dan dia pun sudah lebih pintar,” ujar dokter Saptawati Bardosono dikutip dari inilah.com. “Bila di bawah usia empat tahun, tentu saja perfoma kognisinya belum sesuai harapan, sementara itu orang tua sering mengeluh anaknya nggak bisa ini-itu. Padahal memang belum waktunya,” sambungnya lagi.

Sementara itu, menurut Dr. Susan di situs id.theasianparent.com, seorang praktisi pendidikan anak usia dini, menyatakan waktu yang tepat untuk anak masuk sekolah dapat dilihat berdasarkan tingkat kekuatan, keterampilan dan kematangan anak tersebut. Seperti misalnya sudah mampu menulis, menggambar dan merespons jika dibacakan sebuah cerita. Kenapa usia anak harus diperhatikan? Sebab ada anak yang akhirnya malah nge-drop karena pusing dengan pelajaran.

Nah, berhubung sekarang sekolah di Indonesia ada 4 tingkatan yakni tingkatan bermain, wajib dasar, menengah dan tinggi. Bunda jadi bisa pilih deh mau memasukkan si kecil ke tingkatan bermain lebih dahulu atau langsung ke wajib dasar?

Itulah beberapa hal yang harus Bunda perhatikan jika ingin memasukkan anak ke sekolah. Kapan waktu yang tepat untuk anak bersekolah bisa Bunda lihat dari ke empat hal tersebut yah. Bagaimana? Sudah siap mengantarkan si kecil ke sekolah, Bunda?

LEAVE A REPLY