Merayakan lomba 17 Agustusan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat karena di tanggal tersebut merupakan Hari Kemerdekaan Kita Bangsa Indonesia ini. Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk meriahkan hari 17 Agustus, seperti misalnya mengadakan lomba-lomba mulai dari panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, balap karung, memasukkan belut ke botol, memindahkan kelereng menggunakan sendok dan sebagainya. Anak-anak biasanya paling antusias yah Bunda dalam mengikuti lomba-lomba ini karena mereka bisa seru-seruan dengan teman sebaya mereka. Selain memberi keseruan, lomba 17 Agustusan ternyata juga mempunyai sederet manfaat untuk anak-anak loh, Bunda!

Timothy Gunn, Psy.D, seorang dokter anak spesialis neuropsikologis yang memiliki klinik Gunn Psychological Services, Inc, di Souther California, Amerika Serikat mengatakan bahwa kompetisi yang sehat bisa merangsang kemampuan sosial anak yang berguna untuk kehidupan mereka. “Kompetisi membantu anak untuk belajar bahwa suskes tak hanya diraih dengan otak yang cerdas dan pintar, tetapi juga membutuhkan kerja keras dan konsistensi,” jelas Gunn, seperti dikutip dari beritagar.id

Selain itu, mengikuti lomba juga bisa memberikan pengaruh positif pada self-efficacy anak, yakni persepsi diri sendiri mengenai potensi dan fungsi diri dalam situasi tertentu. “Banyak perlombaan kooperatif mengajarkan anak-anak untuk memecahkan masalah sebagai tim kelompok dan membantu mereka mempelajari keterampilan berstrategi untuk kebaikan kelompok,” jelas Ronda Klosterman, seorang guru di sekolah ST Joseph Elementary School di Long Beach California.

Sementara itu, Vera Itabiliana, seorang Psikolog anak mengatakan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam lomba 17 Agustusan bisa memahami arti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai sesuatu yang menyenangkan dan membanggakan. Dengan mengikuti perlombaan bisa menumbuhkan rasa Nasionalisme pada diri sang anak tersebut. “Supaya anak bisa menghayati makna di balik kemerdekaan itu, anak harus senang dulu. Salah satunya dengan lomba karena bisa bikin senang,” jelas Vera.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat ikut lomba 17 Agustus bagi anak. Yuk kita simak Bunda!

1. Mengasah Keterampilan Bersosial

Dalam lomba 17 Agustus, keterampilan bersosial seorang anak akan terasah karena si kecil tentu akan bertemu dengan banyak teman sebayanya sehingga mereka pun akan menjalin interkasi satu sama lain. Saat mengikuti lomba inilah jiwa sosial si kecil akan keluar dan bisa saja selanjutnya ia menjadi pribadi yang senang berinterkasi dengan teman dan tidak terpokus dengan gadget terus.

2. Balajar Mengikuti Instruksi

Lomba Makan Pisang di TK Cahaya Ria Cipadu Tangerang

Setiap lomba yang akan mereka jalani pasti memiliki instruksi atau arahan dari panitia penyelenggara. Nah, anak akan menjadi belajar mengikuti aturan dalam perlombaan tersebut, misalnya pada lomba makan kerupuk tidak boleh dipegang dengan tangan. Anak pun akan jadi belajar mendengarkan, menghargai dan memahami aturan yang berlaku dalam lomba tersebut.

3. Memupuk Persahabatan

Pada lomba yang mengharuskan anak-anak melakukannya secara bersamaan bisa menumbuhkan rasa kompak dalam diri mereka masing-masing untuk menjalani lomba dengan sebaik mungkin dan tanpa sadar hal ini mampu memupuk jiwa persahabatan mereka.

4. Menambah Kosa Kata Baru

Saat berinteraksi baik dengan teman sebayanya atau saat mendengarkan arahan dari panitia, anak akan menemukan banyak kosa kata baru yang belum pernah didengarnya. Nah, ketika kosa kata si kecil bertambah, maka hal tersebut mampu meningkatkan kemampuan membacanya.

5. Memahami Makna Sportivitas

Kita tentu tahu yah Bunda bahwa dalam kompetisi selalu ada pihak yang menang dan kalah. Nah, sebelum lomba dimulai alangkah baiknya kita tanamkan pada diri si kecil bahwa menang dan kalah itu hal biasa dalam setiap perlombaan. Dan apabila si kecil menang, maka ia tidak boleh sombong. Atau sebaliknya, saat kalah si kecil jangan berkecil hati karena masih ada banyak hal dan kesempatan yang ia bisa menangkan.

6. Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

Sumber Foto : Nusantaranews.co

Saat hari 17 Agustus itu, dalam momen perayaan lomba, Bunda bisa berfilosofi makna yang ada di balik setiap perlombaan. Misalnya, pada lomba makan kerupuk, hal tersebut mengingatkan kita tentang kesulitan untuk makan saat masa penjajahan. Contoh lain, ada semangat gotong royong dalam lomba tarik tambang.

7. Melatih Percaya Diri

Saat mengikuti lomba, tentu si kecil dihadapkan oleh penonton. Hal ini bisa menjadi ajang untuk melatih kepercayaan dirinya untuk berani tampil di depan umum loh Bunda.

Lomba juga Mendekatkan Silaturahmi antar orang Tua murid

Selain berdampak positif, mengikuti lomba 17 Agustusan juga bisa menjadi sarana orang tua untuk mengetahui lebih jauh mengenai pribadi atau karakter anak. Seperti apa yang dikatakan oleh Erik Erikson, seorang Psikolog, “Anak Anda, mungkin atau tidak sekompetitif teman sebayanya. Anak-anak memiliki spektrum daya saing yang luas. Orang tua bisa memanfaatkan perlombaan sehingga kesempatan untuk mengamati anak dalam bergaul dan berkomunikasi dengan teman atau guru.”

Nah, bagaimana Bunda? Selain seru, mengikuti lomba 17 Agustus ternyata punya banyak manfaat untuk si kecil yah!

LEAVE A REPLY