Merawat diri itu penting meski telah berumur yah Bunda supaya kulit kelihatan lebih sehat dan cerah. Pasti Bunda ingin tetap terlihat cantik di usia tua, bukan? Nah, kunci utamanya ialah rajin merawat kulit wajah atau yang biasa kita sebut skincare. Berikut basic skincare yang perlu Bunda tahu:

1. Cleanser

Membersihkan wajah ini penting yah Bunda untuk menjaga kesehatan kulit. Menghilangkan kotoran pada wajah kita dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Ada banyak jenis cleanser yang bisa Bunda pilih mulai dari yang berbentuk foam hingga oil.

Jenis-jenis pembersih wajah:

– Micellar Water

Ini pembersih wajah yang simple karena bentuknya seperti air. Bunda bisa menggunakannya dengan kapas sehabis menggunakan make up atau aktivitas seharian di luar rumah.

– Cleansing Cream/Oil/Milk

Untuk Bunda yang memiliki kulit kering, sebaiknya menggunakan cleansing cream. Jenis oil untuk kulit berminyak dan gel untuk kulit normal.

– Facial Wash Cleanser

Nah, yang ini adalah cleanser pada umumnya dan Bunda hanya tinggal mencocok-cocokan saja dengan jenis kulit Bunda. Cari Facial wash yang tidak meninggalkan kesat berlebih setelah dibilas.

Facial Foam

Ini mirip seperti cleanser tetapi bentuknya foam atau busa.

Dalam penggunaan cleanser, Bunda tinggal sesuaikan saja dengan jenis kulit. Jika kulit Bunda kering maka hindari jenis foam dan kulit yang berminyak hindari jenis milk. Sebenarnya memang butuh proses untuk mengetahui jenis cleanser yang cocok dengan kulit Bunda, tetapi jika sesudah mencuci wajah kulit Bunda terasa kecang dan kering berarti tidak cocok. Bunda harus benar-benar selektif dalam memilih cleanser, karena penggunaan cleanser yang salah dapat membuat kulit kering atau memproduksi minyak berlebih.

2. Toner

Ini bisa dimasukkan ke tahap akhir dari cleansing di mana berfungsi membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat saat cleansing, juga dapat mengembalikan ph wajah ke normal.

Ada dua jenis toner:

– Exfoliating Toner

– Hydrating Toner

Exfoliating itu berfungsi mengangkat sel kulit mati karena mengandung agent semacam AHA, BHA, PHA dan lain-lain. Kemudian setelah kulit mati terangkat, kelembaban kulit harus dikembalikan dengan hydrating toner. Nah, hydrating toner ini berfungsi menghidrasi dan mengembalikan kelembaban kulit untuk persiapan menggunakan produk skincare selanjutnya.

3. Moisturizer

Pelembab ini merupakan hal yang juga penting untuk kulit. Umumnya pelembab dapat memenuhi kebutuhan hidrasi kulit dan membuat kulit terasa lebih lembut. Moisturizer juga mengandung berbagai macam vitamin yang diperlukan untuk kulit sehingga kulit menjadi lebih cantik dan sehat. Misalnya vitamin A yang meningkatkan kekencangan dan kelembabam kulit. Antioksidan, vitamin C dan E yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan. Jika Bunda memiliki kulit berminyak, pilih pelembab bertekstur gel supaya menyerap di kulit.

Jika Bunda memiliki kulit kering, maka pilih yang bertekstur balm atau face oil. Jenis moisturize seperti serum, hydrating, lotion, emulsion, oil dan cream.

4. Sunscreen

Nah, untuk melindungi kulit dari sinar matahari, Bunda bisa menggunakan suncreen yang dapat mengurangi radiasi sinar UVA dan UVB sampai ke kulit. Sunscreen juga bisa membantu mencegah kerutan, mencegah kulit belang, dark spot, penuaan dini, menyamarkan noda hitam dan dapat melindungi kulit dari sinar UV yang menyebabkan kanker.

Source gambar : beautynesia

Jika ingin simple, Bunda bisa memilih jenis suncreen yang bertekstur gel karena cepat meyerap ke kulit. Atau Bunda juga bisa pilih tinted sunscreen yang berfungsi sebagai cream sekaligus mampu melindungi kulit.

Dalam perawatan wajah sendiri, Bunda harus telaten dan sabar. Kenali dulu jenis kulit Bunda secara pelan-pelan dan cari skincare rutin orang yang punya jenis kulit sama dengan Bunda. Jadi Bunda harus trial error demi mencari ingredients yang cocok untuk kulit. Apalagi semakin bertambah usia, maka bertambah pula masalah pada kulit seperti misalnya keriput yang mulai nampak. Perawatan wajah tentu dapat membuat kulit Bunda terlihat lebih awet muda dan sehat. Jadi gimana, sudah punya basic skincare andalan belum Bun?

*Editor: Lisa Mama Nelson

LEAVE A REPLY