Bunda, ketika kita mendengar kabar bahwa kerabat, teman atau bahkan tetangga ada yang baru saja lahiran, tentu kita turut merasa bahagia bukan? Pasti akan muncul keinginan untuk menjenguk atau melihatnya. Saking bahagianya ingin ikut merayakan kelahiran si bayi tersebut, memberikan sebuah hadiah atau kado tentu telah menjadi tradisi. Namun, kadang kita bingung nih Bunda mau kasih hadiah apa ke bayi yang baru saja lahir tersebut.

Sebenarnya, memang susah-susah gampang sih ya Bunda menentukan pilihan mau kasih hadiah apa karena takutnya kado yang kita berikan tidak terpakai nantinya. Selain itu, tentu nggak mungkin juga kan Bunda setiap kali ada yang lahiran selalu kita berikan hadiah yang sama? Nah, supaya Bunda nggak bingung lagi, katabunda mau kasih list kado untuk lahiran yang berfaedah dan nggak bikin mubazir nih! Yuk, kita simak Bunda!

1. Baju Bayi

Baju atau pakaian bayi bisa menjadi pilihan pertama nih Bunda untuk diberikan sebagai kado. Carikan baju yang berbahan lembut dan membuat nyaman si bayi yah Bunda. Jangan lupa juga perhatikan ukuran bajunya, atau Bunda bisa belikan yang ukuran lebih besar supaya nanti ketika usianya sudah bertambah baju tersebut bisa tetap terpakai.

2. Kain Bedong

Membedong bayi atau tidak memang pilihan masing-masing orangtua, tetapi dengan membedong bisa menghangatkan tubuh si kecil. Bunda bisa carikan kain bedong sebagai kado untuk lahiran nih.

3. Selimut

Pastikan bahan selimut yang Bunda pilih lembut atau cocok untuk bayi. Bunda bisa beli ukuran yang lebih besar supaya bisa tetap terpakai. Jangan pilih bahan yang terlalu berat atau kasar yah Bunda.

4. Perlengkapan Menyusui

Untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan, perlengkapan menyusui sangat dibutuhkan yah Bunda, mulai dari pompa ASI, botol atau kantung penyimpanan ASIP, bantal menyusui, nursing top, nursing cover atau bahkan bra untuk menyusui. Nah, Bunda bisa nih belikan hadiah berupa perlengkapan untuk menyusui, dijamin nggak bakal mubazir pasti.

Seperti bantal menyusui, bisa bantu si ibu supaya nggak pegel kalau lagi menyusui, jadi bisa taruh bantal di atas pangkuan dan letakan si kecil di atasnya. Bunda juga bisa nih jadikan apron menyusui sebagai pilihan kado karena pasti berguna bangat dengan adanya apron menyusui, kegiatan memberikan ASI kepada si bayi pun bisa dilakukan di mana saja tanpa harus mencari ruang yang tertutup.

5. Kosmetik Bayi

Kosmetik untuk bayi seperti minyak cologne, shampoo, sabun, bedak bayi, losion rambut, minyak penghangat dan lain sebagainya bisa menjadi hadiah untuk lahiran.

6. Termometer

Menurut Dr. Marlyn Cecilia Malonda SpA dari RS. Mayapada Tangerang, termometer penting banget untuk mengukur suhu tubuh bayi. Biasanya seorang ibu jarang kepikiran untuk membeli termometer ketika si kecil baru lahir. Untuk itu kado termometer pasti sangat berguna.

7. Mainan Bayi

Mainan juga bisa menjadi alternatif pilihan, tetapi carikan yang sesuai dengan umurnya. Bunda bisa pilih mainan yang berbunyi dan warna-warni untuk merangsang tumbuh kembangnya.

8. Parenting Book

Seorang ibu tentu perlu mencari pengetahuan atau informasi seputar mengurus si kecil nih. Nah, selain belajar dari orangtua, kerabatnya dan lain-lain, seorang ibu baru bisa juga mempelajarinya dari buku. Jadi, parenting book bisa menjadi alternatif pilihan untuk hadiah.

9. Gendongan Bayi

Pilih gendongan yang bisa digunakan hingga bayi cukup besar dan berbahan lembut yang membuat si bayi bisa nyaman. Cek dulu yah Bunda, pastikan tidak ada bagian tajam yang bisa menyakiti si bayi.

10. Stroller

Jika Bunda punya budget yang cukup besar, stroller bisa menjadi pilihan untuk kado lahiran nih. Pilihlah stroller yang berkualitas sehingga bisa dipakai oleh si bayi sampai ia tumbuh besar. Perhatikan juga kapasitas dan desainnya. Seperti yang kita tahu, kadang walau anak sudah besar, stroller bisa sangat membantu untuk traveling.

11. Diapers

Bayi baru lahir biasanya menggunakan 5-10 diapers sehari. Nah, diapers ini bisa menjadi kado yang tepat dengan catatan tanyakan terlebih dahulu diapers dan size apa yang dibutuhkan.

12. Baby Bouncer

Kado baby bouncer juga sangat berfaedah karena tentu membantu orangtua untuk dapat beristirahat nih Bunda. Pastikan Bunda membeli baby bouncer yang kuat dan kokoh yah.

13. Handuk

Sama halnya dengan selimut, Bunda juga harus pilih handuk yang berbahan lembut. Handuk ini kado yang pasti nggak bakal mubazir karena akan terpakai setelah si kecil mandi.

14. Baby Bath Helper

Kado berupa baby bath helper bisa membantu mempermudah si ibu memandikan bayinya nih Bunda. Carikan yang berbahan berkualitas dan bagus yah.

16. Baby Tub Portable

Dilengkapi oleh penyangga bayi, di sisi baby tub juga ada kantung untuk meletakkan peralatan mandi nih. Bunda bisa jadikan baby tub portable sebagai pilihan hadiah untuk lahiran.

Nah, bagaimana Bunda? Sudah nggak bingung lagi kan menentukan hadiah untuk kado lahiran? Semoga artikel ini bermanfaat yah.

LEAVE A REPLY