Bunda, seperti yang kita tahu, buah merupakan makanan sehat yang  diminati oleh banyak orang, salah satunya ialah alpukat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa alpukat memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan manfaat.

Namun, sayangnya alpukat adalah salah satu buah yang kematangannya bisa kita dapatkan setelah diperam, bukan matang langsung dari pohon. Alpukat memerlukan waktu yang lama untuk matang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, agar Bunda tidak kecewa saat membeli buah ini, Bunda harus tahu bagaimana cara memilihnya.

Berikut tips memilih buah alpukat yang bagus dan matang.

1. Dari Teksturnya

Bunda, untuk mengetahui apakah buah alpukat sudah matang atau belum, kita bisa mencari tahu lewat teksturnya. Umumnya, alpukat yang telah matang memiliki tekstur yang empuk ketika ditekan. Saat hendak memilih alpukat, Bunda harus menekan semua sisi buah untuk memastikan sudah matang atau belum. Namun, jangan tekan terlalu kuat dagingnya buahnya yah karena ditakutkan akan rusak.

Meskipun begitu, tekstur yang empuk pada buah ternyata bukan hanya disebabkan karena matang. Bisa juga karena buah tersebut memar atau busuk. Jadi Bunda jangan pilih buah yang terlalu lembek.

2. Bijinya Terlepas

Umumnya pada alpukat yang telah matang, biji akan terlepas dari daging buahnya. Bunda tidak perlu pusing bagaimana mengetahui biji masih menempel atau tidak tanpa harus memotong buahnya. Cukup goyangkan saja alpukat tersebut dan dengarkan. Biji buah yang sudah terlepas biasanya akan menghasilkan bunyi dari dalamnya. Buah yang telah matang juga akan terasa lebih ringan.

3. Tarik Batang Buahnya

Tips selanjutnya, Bunda bisa tarik sisa batang yang masih menempel pada buah untuk memeriksa warna daging buahnya. Jika sudah berwarna cokelat, artinya buah terlampau matang. Jika berwarna hijau terang dan agak keras, berarti alpukat belum matang. Namun, bila warnanya hijau tua, maka alpukat sudah matang dan siap untuk kita santap.

4. Warna Kulitnya

Bunda, tips selanjutnya adalah dengan melihat warna kulit. Buah alpukat yang berwarna hijau terang berarti buah tersebut belum matang. Sebab alpukat yang telah matang memiliki warna kulit hijau gelap, bahkan hampir seperti hitam.

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih alpukat yang bagus dan matang, Bunda tentu penasaran kan dengan manfaat dari buah tersebut. Nah, untuk mengetahui apa saja kebaikan yang akan kita dapatkan dari mengonsumsi buah alpukat? Yuk, kita simak bersama yah Bunda. Silakan klik link di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Tenyata Alpukat Baik Untuk Kesehatan Mental, Apa Lagi Manfaatnya?

LEAVE A REPLY