Siapa disini yang tidak suka liburan? Sebagai seorang ibu dengan banyaknya aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran, tentu kita perlu liburan yah Bunda! Tidak ada salahnya kita refreshing sejenak di tengah padatnya aktivitas.

Dengan liburan, kita tentu bisa menghilangkan penat, rasa jenuh bahkan perasaan malas untuk menjalani hari. Bunda bisa men-charger tubuh atau rehat sejenak untuk kemudian kembali semangat menjalani aktivitas. Bunda bisa luangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga misalnya. Karena nyatanya selain menjadi hal yang seru, ternyata liburan juga memiliki banyak manfaat lho Bunda!

Berikut Ini Beberapa Manfaat Liburan Yang Perlu Bunda Tahu:

1. Membuat Anda Bahagia

Bunda, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychological Sciene, kebahagiaan itu ternyata bermula dari persiapan liburan yang Anda lakukan. Saat liburan, maka pikiran kita akan terlepas sebentar dari segala persoalan di dalam hidup yang kemudian bisa membuat kita merasa tenang. Selain itu, dengan adanya pengalaman baru, menikmati keindahan alam dan mencoba hal-hal seru, bisa membuat kita merasa bahagia.

2. Menjauhkan Stres

Seperti yang kita tahu sebelumnya Bunda bahwa liburan dapat membuat otak lebih fresh sehingga menghilangkan stres dari pikiran. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada dengan melibatkan sebanyak 900 orang karyawan kantor diminta untuk berlibur, mereka mengaku bahwa stres karena pekerjaan bisa hilang dengan liburan. Karena umumnya manusia memang sering kali merasa jenuh dengan aktivitas yang terjadi secara terus-menerus. Jika diselingi oleh liburan, tentu kita merasa ada hal yang baru yang bisa membuat kita terlepas dari rasa jenuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Seorang ahli saraf telah menemukan bahwa struktur otak di tubuh diubah oleh paparan kronis terhadap hormon stres atau hormon kortisol yang bisa menyebabkan kecemasan dan depresi lho Bunda! Di mana kecemasan, depresi dan stres sendiri adalah salah satu penyebab paling umum di balik kesehatan mental manusia. Melakukan perjalanan bisa membuat kita melupakan sejenak kenyataan pahit dalam hidup sehingga mampu meningkatkan kesehatan mental. Dengan berlibur, kita bisa mendapatkan perasaan tenang.

Seperti yang dinyatakan oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam Wisconsim Medical Journal menemukan bahwa perempuan yang pergi berlibur akan mengurangi terkena risiko gangguan psikologis.

4. Menyehatkan Jantung

Berdasarkan hasil penelitian Framingham Heart Study, menyatakan bahwa seorang pria yang tidak berlibur dalam kurun waktu yang lama akan mengalami peningkatan risiko terkena serangan jantung sebanyak 30% jika dibandingkan dengan mereka yang sering berlibur nih Bunda. Sementara itu, seorang wanita yang hanya liburan sekali dalam 6 tahun lebih rentan terhadap penyakit jantung koroner atau yang biasa kita sebut serangan jantung jika dibandingkan dengan wanita yang suka berlibur.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur dan Suasana Hati

Tahukah Bunda? Sebuah studi membuktikan tiga hari setelah berlibur akan membuat kita merasakan beberapa manfaat dari liburan tersebut seperti membaiknya kualitas tidur, selain itu juga meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Bahkan efek dari liburan tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang lama hingga lima minggu ke depan. Kita bisa tetap merasakan bahagia walaupun liburan yang kita lakukan sudah berlalu.

6. Mempererat Hubungan

Seperti yang diungkapkan oleh sebuah studi yang dilakukan di Arizona Department of Health and Human Services menemukan bahwa wanita yang berlibur akan merasa lebih puas dengan kehidupan rumah tangganya. Selain itu, dengan melakukan perjalanan tentu kita menjadi bisa menghabiskan waktu yang lama bersama keluarga sementara biasanya setiap anggota keluarga punya kesibukan masing-masing dan jarang sekali punya waktu luang untuk berkumpul.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Dilansir dari Forbes, Dr. Mehmet OZ, ternyata liburan bisa menurunkan sebanyak 32% angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular pada pria. Selain itu, kurangnya liburan juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular pada wanita lho Bunda! Hal ini dibenarkan juga oleh bukti lainnya, seperti yang dilansir oleh The Chopra Center, informasi yang ditampung oleh Framingham Heart Study di mana salah satu penelitian menunjukan bahwa seorang wanita yang liburan setiap 6 tahun atau lebih akan jarang memiliki risiko penyakit kardiovaskular. Sebab liburan diyakini bisa meningkatkan aktivitas fisik seseorang yang tentu juga dapat membuat kesehatan jantung kita membaik.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Bunda, saat kita melakukan sebuah perjalanan, tubuh kita secara otomatis melakukan adaptasi dengan lingkungan baru yang kita temui dan kemungkinan bertemu dengan berbagai macam bakteri baru pula. Nah, saat beradaptasi tersebut, ternyata antibodi yang kita memiliki menjadi semakin kuat dalam melawan berbagai patogen. Hal inilah Bunda yang kemudian membuat orang yang sering melakukan perjalanan tidak mudah terserang penyakit (selama kita melakukan aktivitas tersebut dalam batas yang wajar yah Bunda).

9. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Sebuah penelitian menunjukan bahwa liburan dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Selain itu,  perjalanan yang kita lakukan ketika liburan bisa merangsang otak yang kemudian dapat menunda kemunculan penyakit degeneratif. Selanjutnya, tingkat produktivitas kita pun menjadi membaik karena liburan bisa menghilangkan stres dalam pikiran kita sehingga kita menjadi lebih bisa berkonsentrasi lagi setelahnya. Wah banyak sekali yah manfaat dari liburan Bunda. Jadi mau liburan kemana nih Bun? 🙂

LEAVE A REPLY