1. Mencegah Terjadinya Depresi

Jika kita kekurangan magnesium di dalam tubuh, maka resiko kecemasan cenderung meningkat Bunda. Salah satu gejala yang akan terjadi adalah susah tidur. Nah, alpukat merupakan buah yang mengandung magnesium, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mental kita. Alpukat juga memiliki kandungan lain seperti vitamin B yang berfungsi mengeluarkan serotonin dan dopamine alami untuk mengurangi rasa cemas berlebihan.

2. Bantu Menguatkan Tulang

Memiliki tulang yang kuat tentu impian setiap orang ya Bunda. Karena pada dasarnya semakin lanjut usia kita, maka tulang pun akan menjadi rapuh. Hal baiknya, alpukat memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang bisa membantu mengurangi resiko osteoarthritis. Osteoarthritis adalah peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan.  Alpukat juga mengandung zinc, kalsium, fosfor, tembaga dan selenium di mana semua zat tersebut berfungsi menguatkan kepadatan tulang serta akan membantu mengurangi resiko pengapuran.

3. Mencegah Terkena Resiko Kanker

Senyawa antioksidan yang terkandung pada buah alpukat, bisa menangkal radikal bebas. Di mana yang kita tahu, radikal bebas bisa menjadi perusak DNA dalam sel tubuh kita yang nantinya akan menyebabkan kanker. Untuk mencegah resiko kanker, Bunda bisa mengonsumsi buah alpukat sebagai cemilan yang sehat.

4. Melancarkan Pencernaan

Buah alpukat kaya akan serat yang tentunya bisa membantu melancarkan pencernaan. Tekstur buahnya yang lembut ternyata juga bisa melindungi permukaan lambung kita dari berbagai jenis makanan yang masuk, yang nantinya bisa menyebabkan peningkatan asam lambung.

5. Baik Untuk Perkembangan Otak Janin

Bunda, ternyata buah alpukat juga bisa bermanfaat bagi perkembangan otak janin. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal serta lemak jenuh nabati. Alpukat juga mengandung asam folat yang menjadi salah sumber nutrisi penting selama masa kehamilan. Asam folat berfungsi mengatur jalinan sel baru dan dipercaya dapat menurunkan resiko lahir catat nih Bunda.

Pada umumnya, seorang ibu hamil membutuhkan kurang lebih 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Nah, buah alpukat memiki sekitar 45 gram asam folat yang baik untuk kehamilan. Bunda bisa konsumsi alpukat secara rutin dari mulai trimester pertama kehamilan untuk mendukung perkembangan otak janin dan saraf tulang belakangnya.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Alpukat memiliki kandungan senyawa beta-sitosterol yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan mengonsumsi buah alpukat, maka kita telah meminimalisir kadar kolestrol jahat di dalam tubuh kita.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang sebelumnya kita tahu, alpukat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal tersebut tanpa disadari juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Kita bisa konsumsi buah alpukat secara rutin untuk menjaga jantung dan pembuluh darah tetap sehat.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut penelitian, ternyata alpukat mentega juga bisa menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan senyawa lutein. Juga bisa mengurangi resiko katarak serta age marcular degeneration. Bunda bisa konsumsi buah alpukat supaya kesehatan mata tetap terjaga.

9. Mencegah Resiko Diabetes

Kandungan dalam buah alpukat yang berupa asam oleat akan membantu mencegah Diabetes, selain itu lemak tak jenuh juga bantu mengurangi kadar trigliserida dan bisa membantu mengontrol kadar gula di dalam darah. Sehingga menurunkan resiko terkena diabetes.

10. Membantu Menyehatkan Kulit

Bunda bisa menjadikan buah alpukat sebagai masker sebab buah tersebut memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit, misalnya zinc, vitamin E dan senyawa lainnya. Buah alpukat juga memiliki kandungan kolagen yang sangat baik untuk merawat kulit wajah. Bunda bisa mengaplikasikan buah alpukat sebagai masker untuk pencegah penuaan dini. Sebab kolagen bisa membantu meremajakan kulit dan mencegah timbulnya kerutan. Atau Bunda juga bisa memilih masker yang ada kandungan buah alpukat yang sudah banyak dijual di pasaran. Pastinya pilih yang aman dan jelas komposisinya.

11. Menjaga Kesehatan Rambut

Bunda juga bisa merawat rambut dengan mencampurkan alpukat yang telah dikupas dan jojoba oil. Caranya Bunda oleskan campuran tersebut ke rambut yang baru dicuci. Tutup kepala Bunda menggunakan shower cap selama kurang lebih 15-30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lalu bilas hingga bersih.

12. Mencegah Bau Nafas Tak Sedap

Untuk Bunda yang punya masalah dengan bau nafas, buah alpukat bisa menjadi solusinya. Sebab buah tersebut bisa membantu membersihkan usus jika kita konsumsi secara rutin nih Bunda. Jadi Bunda akan terbebas dari bau nafas tak sedap.

13. Mencegah Peradangan Sendi

Kandungan pitosterol dalam buah alpukat yang bermanfaat untuk zat anti inflamasi, bisa membantu mengurangi peradangan sendi. Bunda bisa konsumsi buah alpukat secara rutin untuk mencegah terjadinya peradangan sendi.

14. Meningkatkan Penyerapan Gizi

Buah alpukat ternyata juga memiliki kandungan senyawa karotenoid yang akan membantu meningkatkan penyerapan gizi dalam tubuh kita dari makanan yang dikonsumsi nih Bunda.

15. Mengurangi Kerutan Kelopak Mata

Bunda bisa jadikan buah alpukat sebagai masker. Kandungan vitamin E, hydratingfats dan fatty acids di dalam buah alpukat bisa melembabkan dan mengencangkan kulit kelopak mata Bunda.

Selain rasanya yang enak, ada banyak sekali manfaat dari mengonsumsi buah alpukat yah Bunda. Bisa bangat nih Bunda ganti cemilan dengan banyak-banyak mengonsumsi buah supaya tubuh tetap sehat. Ajak juga anggota keluarga untuk sama-sama mengonsumsi buah dan mulai melalukan pola hidup yang sehat.

Baca juga : Cara Memilih Alpukat yang Matang dan Bagus.

LEAVE A REPLY