Bunda, jantung merupakan organ vital di dalam tubuh manusia yang bekerja tanpa henti selama kita masih hidup. Setiap menit, jantung manusia berdetak sebanyak 60 hingga 100 kali pada keadaan normal. Organ ini memiliki tugas memompa darah ke seluruh bagian tubuh kita. Karena keberadaannya sangat penting, sudah seharusnya kita menjaga jantung dengan baik. Sebab ketika jantung telah mengalami gangguan, maka akan sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian mendadak.

Berdasarkan data WHO, penyakit kardiovaskular merenggut 17,7 juta nyawa setiap tahun. Lebih dari setengahnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke. Bahkan kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung diperkirakan akan terus meningkat mencapai 23,3 juta jiwa pada tahun 2030 nanti.

Hal ini tidak hanya berisiko pada orang yang sudah berusia lanjut saja, tetapi penyakit jantung juga bisa terjadi pada mereka yang masih berusia produktif nih Bunda. Oleh karena itu, sebaiknya kita jaga kesehatan jantung dengan baik.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa Bunda lakukan agar jantung tetap sehat:

1. Aktif Bergerak

Cara mudah untuk mencegah penyakit jantung ialah dengan rajin melakukan aktivitas fisik. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, seperti misalnya melakukan pekerjaan rumah. Bisa juga dengan rajin berolahraga. Sebab ternyata olahraga tidak hanya mampu menjaga berat badan, tetapi juga bisa membantu mengurangi risiko terkena kolesterol, tekanan darah tinggi bahkan hingga diabetes nih Bunda. Coba luangkan waktu 20 sampai 30 menit untuk berolahraga setiap hari dan dapatkan manfaatnya. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda dilakukan, seperti misalnya jalan santai dan berenang.

Untuk anak-anak, setidaknya aktif bergerak selama 60 menit setiap hari untuk mencegah risiko penyakit jantung sejak dini.

2. Jauhi Rokok

Rokok merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya penyakit jantung. Bagi mereka perokok aktif, tentu lebih tinggi risikonya untuk mengalami masalah pada kesehatan jantung. Selain itu, orang yang menghirup asapnya atau perokok pasif juga berisiko mengalami hal serupa. Sebab bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam rokok tidak baik untuk kesehatan tubuh. Bisa merusak jantung dan pembuluh darah, serta menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak atau aterosklerosis yang menjadi penyebab penyakit jantung.

3. Tidur yang Cukup

Bunda, tidur yang cukup bisa membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti misalnya tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Usahakan supaya tidur Bunda cukup setiap harinya supaya kesehatan jantung tetap terjaga. Usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Bukan hanya kesehatan jantung, kurang istirahat juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes lho!

4. Kelola Stres

Kita harus bisa mengelola emosi dengan baik untuk terhindar dari stres. Sebab ternyata perasaan tertekan bisa membuat jantung kita bekerja lebih keras yang akhirnya mengakibatkan tekanan darah menjadi meningkat. Bunda juga harus tahu, stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak bisa kita kelola dengan baik. Sebab jika kita terlalu sering mengalami stres dan tidak bisa mengelolanya dengan baik, cenderung mengalihkannya dengan cara yang salah seperti merokok, mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebih yang akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah dan menyempitkan dinding pembuluh darah. Hal ini tentu akan berdampak langsung pada kesehatan organ tubuh, termasuk jantung.

5. Batasi Asupan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan serangan jantung nih Bunda. Jika kadar kolesterol jahat Anda sudah lebih dari 200mg/dL, maka disarankan bahwa Anda harus waspada. Lebih baik kurangi atau  hindari makanan yang dapat meningkatkan kolesterol di dalam tubuh, salah satunya olahan dari daging berlemak dan makanan yang manis. Juga makanan cepat saji dan kue yang menggunakan banyak margarin. Makan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, menyumbat pembuluh darah dan memicu terkena jantung koroner. Bunda bisa perbanyak makanan yang mengandung serat untuk bantu menurunkan kolesterol.

6. Rajin Makan Buah dan Sayur

Seperti yang kita bahas sebelumnya, makanan kaya serat bisa bantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk banyak-banyak mengonsumsi buah dan sayur. Bunda bisa pilih beberapa jenis buah yang kaya akan serat, seperti misalnya pisang dan apel. Untuk sayuran, wortel dan bayam bisa menjadi pilihan yang bagus. Di dalam buah dan sayur ini terkandung nutrisi dan mineral yang mampu memberikan perlindungan kepada jantung dan menjaga tekanan darah kita untuk tetap stabil.

7. Konsumsi Ikan

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan bisa membantu mencegah penyakit jantung. Sebab omega-3 adalah lemak yang sehat dan baik untuk tubuh kita, selain itu juga bisa menurunkan tekanan darah, menurunkan trigliserida dan mencegah peradangan. Bunda bisa pilih ikan salmon dan tuna untuk menu makanan yang sehat.

8. Menjaga Tekanan Darah

Bunda harus tahu bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Saat hal ini terjadi, maka organ lain seperti jantung dan otak bisa berakibat fatal. Kita harus rajin berolahraga dan mengurangi asupan garam untuk mencegah tekanan darah tinggi terjadi. Meskipun dalam jumlah sedikit garam dibutuhkan untuk mengatur kandungan air di dalam tubuh, tetapi jika berlebihan justru bisa membuat tubuh kita kesulitan menyeimbangkan natrium yang terkandung di dalamnya. Kondisi seperti ini bisa membuat jantung bekarja lebih ekstra sehingga lambat laun akan mengalami kerusakan.

9. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi ternyata tidak hanya bisa membuat Anda terkena diabetes, penyakit jantung pun bisa terjadi. Sebab gula darah yang tinggi dapat merusak saraf yang mengendalikan jantung dan pembuluh darah. Sebaiknya batasi asupan gula, meskipun di butuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi, tetapi jika berlebihan juga tidak bagus. Setidaknya cukup 50 gram atau 4 sendok makan setiap harinya.

http://katabunda.com/2020/01/29/ini-penyakit-yang-bisa-muncul-akibat-mengonsumsi-gula-secara-berlebihan/

10. Batasi Konsumsi Daging Merah

Kita disarankan untuk membatasi konsumsi daging merah seperti daging sapi dan kambing. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 4 ons daging ini setiap harinya akan mengakibatkan hal yang fatal pada jantung, hampir 30% lebih tinggi dari orang yang hanya mengonsumsi 5 ons saja dalam seminggu. Selain itu, rutin mengonsumsi daging merah juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi, diabetes dan meningkatkan risiko kanker usus besar.

11. Tidak mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol bisa memicu tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar trigliserida dalam darah dan juga bisa menyebabkan gagal jantung. Lebih baik konsumsi minuman yang sehat untuk tubuh kita seperti air putih. Sebab alkohol bisa memberi efek yang buruk pada tubuh kita.

12. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Kenapa kita disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal? Sebab orang yang mengalami obesitas cenderung memiliki kadar LDL kolesterol yang tinggi dan tekanan serta kadar gula darah yang juga tinggi. Terlalu banyak kolesterol yang menyumbat arteri, maka dapat menyebabkan serangan jantung. Obesitas juga mengakibatkan terganggunya sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, ternyata orang yang kelebihan berat badan juga cenderung mengalami gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan juga turut terganggu.

http://katabunda.com/2020/02/01/berat-badan-susah-sekali-turunnya-ini-kiat-supaya-badan-sehat-dan-langsing/

13. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Tubuh kita tentu membutuhkan air, seperti jantung yang dapat bekerja dengan baik karena didukung oleh beberapa hal, salah satunya ialah kecukupan cairan di dalam tubuh. Air mineral sangat penting untuk tubuh kita. Saat tubuh kekurangan cairan, maka bisa menyebabkan kekentalan darah yang akhirnya memperbesar risiko sumbatan dalam pembuluh darah. Hal tersebut bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Bunda, mulai dari sekarang ajak keluarga untuk bersama-sama menjalani pola hidup sehat agar jantung tetap terjaga dengan baik. Semoga keluarga kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya yah.

LEAVE A REPLY