Masalah kulit yang paling sering terjadi pada wajah adalah jerawat yah Bunda. Jerawat sendiri merupakan suatu kondisi kulit yang terjadi akibat folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Hal tersebut kemudian membuat peradangan dan penyumbatan pada pori-pori kulit. Jerawat umumnya terjadi pada mereka yang masih berusia remaja dan dewasa muda. Masalah kulit yang satu ini tentu menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri karena sangat mengganggu penampilan.

Pencegahan Jerawat

Bunda ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat, seperti misalnya dengan rajin membersihkan wajah. Meskipun jerawat bisa terjadi karena adanya hormon, tetapi kulit wajah yang kotor juga mampu memicu datangnya masalah kulit.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat:

1. Cuci Muka Secara Rutin

Menurut American Academy Of Dermatology, rutin membersihkan wajah dengan mencuci muka dua kali sehari dapat membantu kita terhindar dari msalah kulit seperti jerawat. Bunda jangan lupa juga untuk membersihkan wajah setelah menggunakan make-up, karena biasanya hal tersebut dapat memicu timbulnya jerawat. Kita tentu harus senantiasa memperhatikan kebersihan wajah agar terhindar dari masalah kulit.

2. Memakai Toner

Bunda, setelah kita mencuci muka, sebaiknya oleskan toner ke wajah untuk mencegah timbulnya jerawat. Toner sendiri merupakan salah satu skincare yang memiliki fungsi untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel pada wajah setelah kita mencuci muka. Selain itu, toner juga bisa membantu mengembalikan ph kulit, mencengah kulit kering serta membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih. Seperti yang kita tahu, kulit yang berminyak umumnya lebih rentan untuk terkena jerawat.

3. Menggunakan Pelembap

Pelembap bisa membantu menjaga kelembapan kulit kita. Oleh karena itu, setelah menggunakan toner, Bunda juga sebaiknya mengoleskan pelembap ke wajah. Saat peningkatkan produksi minyak di wajah kita terhambat, tentu hal tersebut dapat mencegah timbulnya jerawat. Usahakan agar wajah kita tidak kering dan berminyak.

4. Oleskan Tabir Surya

Setelah kita mencuci muka, memakai toner dan pelembap, maka langkah selanjutnya adalah mengoleskan tabir surya ke kulit wajah. Sebab oleh sebagian orang, paparan sinar matahari dapat memicu timbulnya jerawat. Namun, sebaiknya Bunda konsultasikan dulu sebelum menggunakan. Cari tabir surya yang cocok dengan jenis kulit Bunda, begitu pun dengan toner dan belembap.

5. Kelola Stres

Bunda, setelah melakukan perawatan pada wajah untuk mencengah timbulnya jerawat, sebaiknya kita juga harus bisa mengelola stres dengan baik. Saat tubuh kita berada dalam tekanan, maka akan mengeluarkan hormon yang dapat memicu memproduksi minyak secara berlebih dan menyebabkan peradangan pada kulit. Stres juga ternyata dapat memperlambat proses penyembuhan luka lho!

6. Jaga Pola Makan

Jenis makanan yang kita makan ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit nih Bunda. Sebaiknya kita memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak antioksidan. Menurut National Center For Complementary And Integrative Health, antioksidan banyak terkandung pada buah dan sayur yang memiliki warna cerah seperti paprika dan ceri. Selain itu, jauhi makanan jenis kacang-kacangan yang mampu memicu timbulnya jerawat. Serta kurangi konsumsi makanan yang asin dan pedas.

7. Olahraga Secara Teratur

Saat berolahraga maka aliran darah di dalam tubuh kita akan meningkat. Hal tersebut dapat membantu menjaga sel kulit agar tetap sehat dan membantu kita terhindar dari jerawat. Setelah berolahraga, jangan lupa Bunda bersihkan wajah dari kotoran seperti debu yang menempel.

8. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cairan yang cukup dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit kita. Selalu perhatikan bahwa kulit kita terhidrasi dengan baik. Melansir dari Healthline, kulit yang kering dapat memicu produksi minyak berlebih sehingga meningkatkan risiko jerawat pada wajah.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY