Karena adanya virus covid-19, pemerintah Indonesia memberlakukan sistem social distancing atau menjaga jarak sosial kepada seluruh masyarakat. Untuk Anda yang terbiasa melakukan banyak aktivitas di luar, tentu hal ini membuat rasa jenuh muncul yah Bunda? Terlebih lagi ada banyak kegiatan yang mungkin terganggu karena harus ditunda terlebih dahulu. Namun, tentu kita memang sudah seharusnya mematuhi imbauan tersebut demi kepentingan bersama yah Bunda. Pemberlakuan social distancing bertujuan untuk memotong rantai penyebaran virus corona yang bisa cepat menular di antara kerumunan.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), masa karantina atau social distancing ini sebaiknya dilakukan selama 14 hari atau 2 minggu, di mana rentang waktu tersebut merupakan lamanya masa inkubasi virus dalam tubuh seseorang. Namun, masa karantina tersebut harus berjalan lebih lama karena ternyata lingkungan masih belum aman dari ancaman virus.

Nah, untuk Bunda yang mulai merasa jenuh selama masa karantina ini diberlakukan, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan selama di rumah aja nih Bunda!

1. Membaca Buku

Saatnya membaca Buku yang sudah lama ingin dibaca

Bunda, untuk Anda yang memang hobi membaca, masa karantina ini bisa dijadikan kesempatan untuk melahap banyak buku yang sebelumnya belum sempat Bunda baca karena tidak ada waktu. Apalagi saat ini sedang banyak penerbit atau toko buku online yang memberikan promo dalam pembelian buku nih. Bunda bisa melihat-lihat buku di sana sampai menemukan yang membuat Bunda tertarik untuk membelinya. Pasti sangat mengasyikan menghabiskan waktu dengan membaca, entah itu buku novel, resep masakan maupun sejarah. Walaupun di rumah aja, Bunda tetap bisa mendapatkan ilmu dan memperluas wawasan deh.

2. Menonton Film

Menonton Film Baru Bersama Anak-Anak

Untuk menghilangkan rasa jenuh, Bunda juga bisa melakukan maraton menonton film yang Bunda sukai. Mungkin sebelumnya Bunda sudah punya list film apa saja yang ingin ditonton tetapi belum punya waktu luang, nah sekarang saat yang tepat untuk mewujudkannya. Mungkin juga akan terasa asyik mengajak keluarga untuk menonton bersama di dalam rumah selama masa social distancing. Bunda bisa bercengkrama dengan si buah hati misalnya sambil menonton film kartun kesukaannya. Tentu hal ini jadi bisa mempererat hubungan antara Bunda dan si kecil.

3. Merawat Diri

Jika sebelumnya tidak sempat untuk memanjakan diri sendiri, nah sekarang saatnya untuk Bunda merawat diri di rumah seperti misalnya dengan menggunakan masker dari bahan alami dan luluran. Atau Bunda juga bisa menggunakan rangkaian skincare supaya kulit terlihat lebih cerah. Hal ini tentu bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa jenuh selama di rumah aja yah.

4. Mendekorasi Ulang Rumah

Menata ulang barang-barang di sekitar kita juga bisa membantu menghilangkan rasa jenuh nih Bunda. Selain itu, tentu juga bisa menciptakan suasana yang baru. Bunda bisa mulai menghias kamar sendiri, kamar si kecil maupun ruangan lain di dalam rumah. Meskipun di rumah aja jadi tetap bisa produktif dan nggak jenuh lagi deh.

5. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan jenuh nih Bunda. Namun, karena kita dihimbau untuk tidak keluar, Bunda bisa lakukan olahraga seperti senam di dalam rumah misalnya yah. Selain menghilangkan rasa bosan, tentu hal ini dapat membuat tubuh menjadi sehat dan segar bugar. Bunda juga bisa ajak anggota keluarga untuk sama-sama melakukan olahraga di rumah.

6. Memasak

Sumber Foto: Yahoo Berita

Bunda bisa mulai mencoba membuat berbagai menu baru yang sebelumnya belum pernah Bunda masak nih. Ada banyak konten berisi resep makanan yang bisa Bunda lihat di internet untuk kemudian dipraktikan. Selain itu, Bunda juga bisa kok ajak anggota keluarga untuk masak bersama. Pasti rasa bosan selama di rumah aja akan hilang. Barangkali juga dari keisengan mencoba berbagai menu baru, Bunda jadi bisa membuat bisnis kuliner sendiri nih.

7. Berkebun Di Halaman Rumah

Untuk Bunda yang punya halaman luas di di rumah dan selama ini selalu dianggurin, maka sekarang saatnya untuk mulai menanam beberapa tanaman yang Bunda dan keluarga sukai nih. Jika belum ada tanaman hias, Bunda juga bisa menambahkannya supaya terlihat indah. Atau mungkin Bunda sudah punya beberapa tanaman di sekitar halaman rumah, nah sekarang saatnya untuk menyiram dan merawat tanaman tersebut dengan baik. Hal ini juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa jenuh.

8. Buat Konten Untuk Menyalurkan Hobi

Jika Bunda memiliki hobi seperti misalnya menyanyi, melukis atau pun menulis, sekarang Bunda punya kesempatan untuk menyalurkan hobi tersebut ke dalam suatu wadah. Jika hobi menyanyi dan melukis, Bunda tentu bisa mulai mencoba membuat channel Youtube. Jika hobi menulis, maka Bunda bisa nih membuat Blog atau mengunduh beberapa aplikasi menulis seperti Wattpad misalnya. Tentu Bunda akan tetap produktif selama di rumah aja, bukan? Siapa tahu juga nanti bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan tersebut.

9. Buat Resolusi Hidup

Saat ini Bunda punya kesempatan untuk berkomunikasi dengan diri sendiri mengenai apa saja yang sudah tercapai selama ini. Apakah yang Bunda lakukan sudah sesuai dengan target Bunda? Selama di rumah aja Bunda bisa mulai menata dan merancang apa saja resolusi hidup selanjutnya yang belum sempat tercapai. Atau, untuk Bunda yang suka traveling, social distancing juga bisa menjadi kesempatan untuk memikirkan tempat apa saja yang ingin Anda kunjungi sambil menunggu uangnya tercukupi nih.

10. Mempelajari Bahasa Baru

Bunda Bisa Ikuti Kelas Online

Selama di rumah aja, Bunda juga bisa mempelajari bahasa baru dengan mengunduh aplikasi khusus bahasa di internet. Atau Bunda juga bisa menonton beberapa film berbahasa asing dengan terjemahannya. Tentu akan terasa menyenangkan jika kita bisa menggunakan bahasa yang sebelumnya belum pernah kita gunakan. Pasti ada rasa puas tersendiri saat kita bisa sesekali menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

11. Membuat Barang Kerajinan

Bunda bisa menghabiskan waktu di rumah dengan memanfaatkan barang-barang tidak terpakai untuk dibuat menjadi kerajinan yang memiliki nilai fungsi lagi nih. Mungkin saja Bunda juga pernah melihat beberapa barang kerajinan di internet dan tertarik untuk memilikinya, sekarang saatnya untuk mewujudkan keinginan tersebut dan membuat masa karantina di rumah menjadi lebih produktif.

Bagaimana, Bunda? Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan selama di rumah aja untuk menghilangkan rasa jenuh, Bukan?

Kita tentu bersama-sama berharap semoga penyebaran virus ini cepat selesai dan kondisi kembali pulih supaya bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan diri dan keluarga Anda yah Bunda.

1 COMMENT

  1. Betul sekali bunda, selama dirumah aja kita harus banyak melakukan kegiatan yg positif walau sebenrnya udh jenuh jg dirumah terus..hihi..tapi tetap semangat sosial distancing..

LEAVE A REPLY