Kita suka mendengar ungkapan, “you are what you eat” dimana apa yang kita makan sangat mempengaruhi tubuh dan pikiran kita, dan akhirnya membentuk diri kita. Pernyataan itu menguatkan bahwa pentingnya kita memerhatikan apa saja nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Dan ternyata itu bukan mitos, banyak sekali manfaat bila kita mengonsumsi makanan sehat.  Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Menjaga Keseimbangan Metabolisme Tubuh

Bunda, proses metabolisme di dalam tubuh membutuhkan asupan gizi dengan porsi seimbang sebab melibatkan semua organ. Bila tubuh kita kekurangan asupan gizi tertentu, fungsi organ tentu akan terganggu. Metabolisme kita bisa bertambah parah jika mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

  • Menjaga Kesehatan Fungsi Organ

Fungsi organ akan mengalami lebih cepat mengalami penurunan bila kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Bunda, semua organ di dalam tubuh membutuhkan asupan gizi yang baik supaya bisa berfungsi dengan semestinya.

  • Memperkuat Konsentrasi dan Daya Ingat

Otak kita butuh asupan lemak, protein, vitamin dan mineral. Senantiasa mengonsumsi makanan yang sehat akan terhindar dari kerusakan otak di kemudian hari.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Mengonsumsi makanan sehat juga bisa meningkatkan sistem imun. Kita harus makan buah dan sayur dalam jumlah yang cukup sebab akan membentuk sistem kekebalan tubuh menjadi baik. Salah satunya vitamin C yang bisa ditemukan pada mangga, jeruk, kiwi dan lain-lain. Vitamin C bisa menyehatkan tubuh dan membuat kita terhindar dari penyakit.

  • Membuat Tubuh Terasa Segar

Rajin mengonsumsi makanan sehat dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Kita jadi bisa produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jadi segala kegiatan yang kita lakukan bisa lancar atau terselesaikan dengan baik.

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam makanan yang sehat mampu melancarkan proses metabolisme sehingga sistem pencernaan menjadi lancar. Kita harus rajin mengonsumsi buah dan sayur di mana makanan tersebut mengandung serat alami.

  • Mengendalikan Tekanan Darah

Laporan Kesehatan oleh National Heart, Lung dan Blood Institute pada tahun 2002 dan 2003 memberikan saran bahwa penyesuaian gaya hidup dapat membantu mencegah dan mengobati hipertensi. Sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung potassium tinggi yang mampu menyeimbangkan tekanan darah.

  • Menstabilkan Emosi

Asupan makanan menjadi faktor ketidakstabilan emosi di mana jumlah nutrisi yang seimbang akan membantu melancarkan sistem metabolisme. Kalau butuh kekurangan gizi, tubuh kesulitan mngendalikan produksi hormon yang mempengaruhi mood.

  • Menguatkan Gigi dan Tulang

Kalsium dan Magnesium diperlukan untuk tulang dan gigi supaya tetap kuat. Makan makanan yang sehat sangat penting untuk mencegah osteoporosis dan osteoartritis di kemudian hari.

  • Menjaga Kecantikan Kulit

Saat tubuh kita ternutrisi dengan baik akan membuat kulit sehat dan halus. Kita harus rajin mengonsumsi buah, sayuran dan asam omega-3 supaya kulit tetap terjaga kecantikannya.

  • Mengontrol Gula Darah

Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam gandum, beras merah dan lain-lain mampu melepaskan gula yang lambat ke aliran dan membantu mengatur gula darah.

  • Mencegah Kanker

Penyakit kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Jenis makanan yang disarankan yang berwarna merah dan ungu karena mengandung likopen dan antosianin yang tinggi sebagai antioksidan yang dapat menjadi penangkal radikal bebas penyebab kanker.

Bunda, asupan gizi yang baik dari  makanan sehat dapat mendukung tumbuh kembang si kecil, membentuk daya tahan tubuh yang lebih baik, mendukung kecerdasannya dan membuatnya menjadi aktif serta ceria. Sebaiknya kita kurangi mengonsumsi fast food  dari sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat.

*Editor : Lisa mama nelson

1 COMMENT

LEAVE A REPLY