Tahun ajaran baru 2020 baru saja dimulai, akan tetapi untuk sebagian wilayah yang masih terkena zona rawan Covid 19, sistem belajar masih dilakukan secara  online. Hal ini tentu  tidak mudah apalagi bagi para siswa baru yang akan bertemu dengan guru ataupun teman-temannya yang baru dikenalnya hanya melalui virtual.

Begitupun bagi para orang tua, tidak sedikit yang merasa kerepotan dengan kegiatan ini. Sebab mereka harus bekerja sembari mengasuh serta menjadi guru serba bisa bagi anak-anaknya di rumah. Artinya ini merupakan tantangan sekaligus  pekerjaan tambahan bagi orangtua. Lalu bagaimana agar sistem belajar ini dapat memudahkan orang tua dan tetap menyenangkan bagi anak pasalnya keberhasilan seorang anak dalam belajar butuh kolaborasi antara orang tua dan anak.

Lalu apa yang dapat orangtua lakukan agar anak-anak dapat belajar secara efektif tetapi tetap menyenangkan. Berikut 5 cara sekolah virtual tetap efektif.

1. Kenali Sifat Anak

Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, sehingga sering kali mereka memiliki cara belajar yang berbeda. Maka dari itu, orangtua perlu memahami bagaimana tipe atau gaya belajar anak. Tiap anak juga punya gaya belajar sendiri beberapa anak suka melakukan gaya belajar secara visual, menghapal, atau mendengar. Dengan memahami gaya belajar anak, akan memudahkan kita untuk mendukung mereka menerima dan menangkap pelajaran.

2. Memperhatikan Hal-hal yang Merusak Konsentrasi Anak

Gadget dan Teman yang datang berkunjung  menjadi salah satu gangguan terbesar dalam proses belajar anak. Oleh karena itu, orangtua harus lebih disiplin dan tegas kepada anak terkait pembatasan penggunaan gadget setiap harinya. Jauhkan gadget dari jangkauan anak, terutama ketika sudah waktunya ia belajar. Bunda bisa menyimpan Gadget di tempat yang tidak diketahui anak. Begitupun dengan teman yang ingin berkunjung ke rumah, batasi waktu mainnya, misal jam bermain anak hanya boleh antara jam 4 sampai jam 6 sore. Dan hanya di waktu tersebut anak boleh dikunjungi ataupun mengunjugi temannya untuk bermain.

3. Dampingi Anak Sewaktu Belajar

Cara selanjutnya yaitu orangtua perlu mendampingi anak selama belajar. Hal ini dapat membantu anak mencari solusi jika ia menghadapi masalah saat proses belajar berlangsung.

Lalu pahami kesulitan anak, kembali ke poin pertama tiap anak punya gaya belajar sendiri untuk itu jangan membebani anak dengan tugas atau soal yang wajib harus bisa mereka kerjakan.

4. Jaga Komunikasi dengan Guru

Kolaborasi guru dan orangtua adalah salah satu poin penting dalam perkembangan anak. Selama belajar dari rumah, orangtua berperan besar memantau kegiatan belajar anak. Nah, jika orangtua rutin menjalin komunikasi dengan guru, hal ini dapat membantu guru agar memahami kondisi si anak karena orangtua adalah guru yg sesungguhnya bagi anak.

5. Lakukan dengan Senang Hati dan Bahagia

Mungkin akhir-akhir ini sering kita mendengar para orangtua yang mengeluh karena mendapat pekerjaan tambahan membantu anak untuk belajar di rumah. Nah agar sistem belajar ini dapat dilakukan secara efektif lakukanlah dengan senang hati dan bahagia, kendalikan emosi walau dapat dipahami mengajarkan pelajaran bukanlah hal-hal yang mudah. 

Ingatlah orangtua dan anak mempunyai keterikatan batin yang kuat jd anak-anak bisa merasakan apa yang orangtua rasakan. Jika orangtua membantu anak belajar dengan senang hati dan bahagia maka anak akan dengan senang hati dan bahagia juga diajarkan. Dan yang terpenting siapkan fasilitas untuk bisa online secara lancar untuk menunjang kegiatan belajar di rumah yah. Selamat belajar anak-anak. 

*Penulis : DDA

*Telah disunting oleh Editor Kata Bunda

10 COMMENTS

  1. Aku sebagai org tua berharap anak bisa segera kesekolah lagi dan tidak belajar online,semoga pandemi segera berakhir..aamiin

  2. Begitulah dunia penuh dgn intrik dan cerita. Jika Nanti 70 tahun atau 190 tahun lagi jika Bumi beserta isinya belum punah ,akan banyak cerita tentang si Covid 19 ini. Cerita tentang betapa covid 19 bisa merubah langit jd lebih biru, tingkat polusi yg berkurang, tapi sekaligus membuat perekonomian dunia terguncang.

  3. Pantesan guru dibilangnya pahlawan tanpa tanda jasa, gue aja yang ajarin 2 orang ponakan aja udah puyeng benget
    Makasih yah bapak dan Ibu Guru

    • Sebagai sesama ARMY meski aku Biasnya Jin, v & Jungkook, saya setuju untuk bilang terima kasih Bapak Ibu Guru

LEAVE A REPLY