Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan perut kita masih kosong loh Bunda. Kenapa? karena ketika perut kosong berarti ada kemungkinan produksi asam lambung sedang meningkat pada saat itu.

Maka, kita tidak dianjurkan mengisi makanan yang semakin membuat produksi asam lambung semakin meningkat. Makanan-makanan yang merangsang asam lambung diantaranya makanan yang mengandung asam yang tinggi. Selain itu makanan yang mengandung gas seperti nangka, kol, juga tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Nah apa lagi makanan yang sebaiknya dihindari saat perut Bunda kosong. Berikut kami kutip ulasannya dari wonderfood.

  1. Makanan pedas

spicy foodjpg

Saat perut kosong seperti di pagi hari coba hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. makanan pedas dapat melukai dinding lambung Anda. Tidak cuma perut yang sakit, bisa-bisa Bunda juga terkena diare.

 

  1. Roti yang mengandung ragi

Siapa yang suka sarapan roti? apalagi dijam-jam sibuk yah, roti sering menjadi pilihan karena lebih praktis. Namun ternyata roti yang mengandung ragi kurang baik. Makanan beragi ternyata dapat menyebabkan iritasi pada lapisan perut dan bisa membuat perut kembung.

Lebih baik kamu mengkonsumsi oatmeal sebagai pengganti roti. Makanan yang satu ini memang terkenal menjadi menu sarapan. Oatmeal melindungi asam lambung kita agar tidak terkena maag, selain itu juga oatmeal bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

  1. Kopi

kopi jpg

Untuk sebagian orang kopi sudah menjadi teman baik di pagi hari. Sayangnya kopi memiliki kandungan asam yang tinggi. Minuman ini juga kurang baik untuk perut yang kosong. Mungkin ada sebagian orang yang tidak sempat sarapan dan langsung berangkat kerja, tapi masih sempat mampir ke kedai kopi untuk beli latte atau americano. Alasannya sih biar nggak ngantuk.

Minum minuman dingin saat perut kosong juga tidak baik loh. Saat perut masih kosong tubuh harus bekerja lebih ekstra untuk menormalkan suhu minuman. Hal ini bisa menimbulkan resiko sakit perut dan menghambat pencernaan. Sebagai alternatif Anda bisa mengganti mengkonsumsi kopi dengan air putih atau the herbal hangat.

  1. Produk yang mengandung susu

milk jpg

Susu termasuk dalam makanan yang bersifat asam. Jika Bunda tetap ingin mengkonsumsi susu, bisa menggunakan susu almond sebagai alternatif, karena sifat asamnya lebih rendah daripada susu sapi. Konsumsi produk fermentasi seperti yoghurt juga dapat membentuk asam florida tinggi dalam tubuh. Asam florida dapat membunuh asam laktat dari bakteri baik dalam yogurt. Jadi manfaat yogurt tidak dapat terserap secara maksimal oleh tubuh.

  1. Permen

Makanan manis ini mengandung banyak gula. dan pada dasarnya gula putih membentuk sifat asam yang cukup tinggi di pada tubuh. Jadi konsumsinya juga harus dibatasi yah. Selain itu konsumsi gula dapat meningkatkan kadar insulin yang akan memberikan beban kerja yang cukup berat pada pankreas di pagi hari.

Untuk yang suka makanan manis, Bunda bisa menggantikan gula dengan rasa manis alami dari madu. Madu termasuk dalam makanan yaang memiliki sumber nutrisi yang lengkap, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin dan mineral.

  1. Minuman berkarbonasi Minuman ini juga termasuk dalam minuman yang bersifat sangat asam. Selain menguras cadangan mineral basa dalam tubuh, minuman berkarbonasi juga dapat memicu terjadinya osteoporosis pada tulang.
  1. Buah Tomat

Tomat mengandung asam dalam kadar yang lumayan tinggi, yang dapat meningkatkan tingkat keasaman pada lambung. Buat Anda yang memilii riwayat sakit maag harus hati-hati yah.

  1. Buah Pir

Buah pir punya kandungan air yang cukup tinggi. Serat buah ini dapat beresiko melukai selaput lendir lambung. Buat kamu yang suka mengkonsumsi buah, bisa memilih buah-buah yang sifatnya basa, seperti semangka dan pepaya. Buah-buah ini punya kandungan air yang cukup tinggi, teksturnya lembut dan tidak akan melukai dinding lambung.

Nah itu dia makanan-makanan yang sebaiknya jangan dimakan saat perut Bunda kosong yah. Lebih baik makan makanan yang mudah cerna, salah satunya yang berasal dari karbohidrat, sehingga baik untuk dikonsumsi.

 

 

LEAVE A REPLY