Siapa bilang kalau menjadi Ibu rumah tangga adalah pekerjaan mudah ? Menjadi Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang tanpa batas waktu pagi siang bahkan tengah malampun Ibu harus tetap siaga dalam pekerjaannya.

Oleh karena itu tak jarang para Ibu sering dihinggapi stres akan situasi dan kondisi yang sedang mereka hadapi. Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi stres yang sedang mereka hadapi.

1. Istirahat / Me Time

Bunda mungkin tidak dapat menghindari stres, tetapi luangkanlah waktu istirahat bisa dengan istirahat dalam artian sebenernya atau bisa juga ‘istirahat’  dengan cara pergi atau hanya sekedar jalan-jalan beberapa menit untuk menyegarkan pikiran. Bila waktu yang didapatkan kelewat sedikit bunda bisa sekedar berjalan-jalan ke taman dekat rumah atau bahkan berjalan-jalan keliling perumahan untuk sekedar melihat aktifitas yang dikerjakan orang lain di jalan,  dengan melihat aktifitas beberapa orang terkadang bisa membantu kita untuk menghilangkan stres.

2. Kenali Pemicu Stres

Bunda bisa memikirkan apa yang membuat Bunda stres, apakah pertengkaran anak, cucian yang mengunung, atau lantai rumah yang tak pernah kinclong ? Pikirkanlah jika Bunda telah menemukan situasi yang paling membuat stres, hal itu akan membantu Anda untuk mengelola stres tersebut ketika akan muncul dan memungkinkan untuk mencari cara mencegahnya. Mengenali pemicu stres untuk dapat mencari cara mengatasi stres berat akan membawa efek yang besar pada tingkat stres Anda.

3. Olah Raga

Bunda, penelitian menunjukkan olahraga dapat meredakan stres. Olahraga seperti berjalan, bersepeda, berenang,  atau yang lainnya, dapat membuat pikiran Anda rileks. Dan lebih baik lagi jika berolahraga dilakukan bersama orang-orang terdekat, Bunda bisa mengajak Ayah dan sikecil berjalan-jalan kepasar ketimbang naik kendaraan praktis bukan, dapat manfaat olahraga sekaligus belanjaan untuk kebutuhan dapur sehari-hari.

4. Lakukan Hobi yang Kita Sukai

“Boro-boro hobi, tidur aja nggak sempat!”, mungkin Bunda akan  berdalih begitu. Namun, sempatkanlah karena memiliki kegiatan ‘diluar’ kegiatan yang sehari-hari Bunda kerjakan, entah itu menonton, bermain Game di ponsel, mendengar musik, atau apapun  itu bisa menenangkan mental para Bunda.

5. Hilangkan Pikiran Negatif

Bunda, terkadang berpikir bahwa Bunda bukanlah ibu dan istri  yang baik dibandingkan dengan si A si B atau para tetangga yang lain, stop!! Pikiran seperti ini  bisa membuat pikiran tak karuan. Pikiran negatif tersebut tidak akan membantu dalam usaha mengatasi stres, justru membuatnya semakin buruk. Hilangkan pikiran negatif  tersebut percayalah jika Bunda sudah melakukan yang terbaik yang bisa bunda lakukan artinya Bunda adalah seorang ibu dan istri yang baik. Terkadang berpikiran positif bukanlah sesuatu yang mudah tapi percayalah  pikiran positif akan menghasilkan hal yang positif juga.

6. Berusaha untuk Lebih Fleksibel

Bunda, jika target pekerjaan yang selama ini sudah bunda terapkan belum berhasil melewati target santai saja, misalkan jika  biasanya pada jam 12 sudah selesai memasak dan mencuci tapi pada hari ini belum bunda kerjakan, yah sudah santai saja jangan panik, ingatlah beberapa hal kadang terjadi diluar kendali kita. 

7. Minta Bantuan pada Keluarga yang Lain

Bunda, tentu sering merasa kalau pekerjaan rumah tidak ada habisnya dan harus melakukan pekerjaan rumah tangga sendirian, sehingga membuat Bunda memiliki sedikit waktu untuk merawat diri sendiri. Lebih baik, buat pekerjaan Anda lebih mudah dengan meminta bantuan dari anak-anak dan pasangan. Anak-anak dapat membantu membereskan mainan, menyapu lantai dll. Hal ini juga bisa berdampak positif bagi anak-anak karena dengan diberi tanggung jawab anak akan merasa lebih dihargai. Ingat yah Bunda jangan malu atau ragu untuk meminta bantuan pada anggota keluarga.

Bunda, ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang  paling mulia apalagi jika dikerjakan dengan ikhlas dan sabar, Insya Allah selain pahala, Bunda akan mendapat kebahagian yang berlipat ganda. 

LEAVE A REPLY