Dear Bunda, sudah makan belum ? Makan nasi dengan lauk apa hari ini? Beras merupakan makanan pokok Rakyat di beberapa negara, termasuk Indonesia. Beras adalah makanan pokok rakyat Indonesia bahkan ada ungkapan “belom makan kalo belom kena nasi” meski udah ngemil banyak. Di Indonesia sendiri, beras yang paling banyak dikonsumsi adalah beras putih. Padahal, masih banyak jenis beras lainnya selain beras putih dan tentu masing-masing beras memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan. Yuk kita bahas beberapa jenis beras yang bisa kita komsumsi!

  1. Beras Putih
Beras Putih Favorit orang Indonesia

Beras putih ini adalah makanan yang paling mudah diolah menjadi berbagai macam jenis makanan bahkan camilan. Selain mudah untuk diolah, beras putih juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Di antaranya adalah mengurangi gangguan pencernaan, seperti diare dan radang usus besar, serta juga mengurangi morning sickness bagi ibu hamil. Beras ini merupakan makanan paling umum dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

  1. Beras Hitam

Apakah Bunda pernah mendengar mengenai beras hitam? Sekedar informasi ini salah satu beras favorit penulis, beras jenis ini berbeda dengan beras ketan hitam. Beras hitam biasanya juga disebut ‘forbidden rice’ atau ‘emperor rice’, yang semakin populer karena tingkat antioksidannya yang tinggi dan nilai gizinya yang luar biasa. Disebut emperor rice karena beras ini pernah disediakan untuk kaisar Cina untuk memastikan kesehatan dan umur panjangnya, dan dilarang untuk orang lain. Beras hitam adalah beras berbiji dengan corak ungu tua dan rasa pedas yang agak manis. Beras gandum ini kaya akan antosianin, yang merupakan pigmen antioksidan yang memberi warna yang tidak biasa pada nasi. Dibandingkan dengan varietas padi lainnya, beras hitam mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Dan menurut pengobatan tradisional Cina, beras ini juga dianggap sebagai tonik darah.

  1. Beras Merah
Beras merah sering menjadi alternatif karbo bagi yang sedang diet

Kebanyakan orang yang sedang diet disarankan untuk mengganti konsumsi nasi putih dengan beras merah, karena beras merah memiliki kalori yang lebih rendah, tetapi kaya akan serat dan vitamin adalah alasan beras merah baik untuk menurunkan berat badan. Beras merupakan sumber karbohidrat, tetapi beras merah memiliki komposisi kandungan yang berbeda dari nasi putih. Nasi merah dinilai lebih menyehatkan dibanding nasi putih, sehingga sering dijadikan alternatif karbohidrat untuk orang-orang yang sedang diet.

  1. Beras Coklat
Beras Coklat kaya akan serat

Seperti beras hitam beras coklat belum terlalu familiar seperti beras putih atau merah akan tetapi beras coklat mempunya banyak manfaat. Beras cokelat adalah beras yang memiliki warna kecokelatan dengan tekstur yang lebih keras saat sudah dimasak dan dikonsumsi sebagai nasi. Manfaat beras coklat yang paling populer adalah membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini bukanlah rumor belaka karena beras cokelat memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada beras putih. Serat sangat berguna untuk membuat perut tetap merasa kenyang dan mencegah kita mengonsumsi lebih banyak kalori. Beras cokelat juga ditemukan mampu mengurangi lemak di perut dibanding beras putih.
Beras cokelat juga memiliki nutrisi yang jauh lebih tinggi daripada beras putih, mulai dari kandungan serat sampai senyawa-senyawa mineralnya. Satu cangkir beras coklat sudah mampu memenuhi hampir keseluruhan asupan nutrisi harian kita.

  1. Beras ketan

Beras ketan adalah jenis beras yang warnanya lebih putih daripada beras lainnya. Beras ketan ini memiliki ukuran yang lebih besar dan keras. Beras ketan ini masih termasuk ke dalam jenis padi-padian namun berbeda jenis dengan beras lainnya. Jika dimasak maka beras ketan akan memiliki tekstur yang lengket. Kebayakan masyarakat menggunakan beras ketan ini untuk berbagai jenis makanan atau kue karena rasanya yang gurih dan lezat disamping itu beras ketan juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan jantung juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah Bunda, sudah tahu mau masak beras berwarna apa hari ini ? Selamat memasak.

LEAVE A REPLY