Satu hal yang tidak  dapat dibantah adalah internet sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang dewasa maupun anak-anak. Sayangnya kemajuan teknologi ini juga dibarengi oleh dampak negatif. Akses internet yang semakin mudah tentunya memudahkan anak dalam menggunakan internet baik dari berbagai macam media mulai dari komputer, tablet, hingga smartphone, terlebih beberapa waktu yang lalu saat pandemi berlangsung anak diharuskan belajar melalui internet.

Ada beberapa dampak negatif penggunaan internet yang beresiko di alami oleh anak, Seperri berikut ini

1. Sulit Bersosialisasi

Sumber Foto: Verywell family

Saat anak terlalu banyak menghabiskan waktunya bermain internet, anak akan kesulitan untuk berinteraksi sosial. Meskipun pada dasarnya internet pun melakukan interaksi dengan orang lain akan tetapi tidak secara langsung “face to face” komunikasi secara langsung. Hal itu akan memberi perasaan tidak nyaman pada anak yang biasanya berinteraksi secara online dengan orang lain.

2. Gangguan Perilaku

Anak-anak memiliki imajinasi yang besar dan luas daripada orang dewasa sehingga terkadang anak kesulitan dalam membedakan sesuatu yang nyata atau tidak. Banyaknya konten-konten bertemakan negatif dan kekerasan terkadang tidak dapat difilter oleh pikiran anak sehingga mereka berniat untuk melakukan hal yang mereka tonton melalui internet, sebaiknya jika anak melihat hal yang terlalu menyeramkan bisa mengakibatkan anak menjadi pribadi yang penakut.

3. Penurunan Prestasi

Meski internet membantu anak belajar dan mencari informasi, internet juga lah yang bisa menggangu konsentrasi anak. Anak mungkin akan lebih tertarik mencari sesuatu yang lebih menarik minatnya dibandingkan mencari jawaban atas pelajarannya, hal ini tentunya mengakibatkan penurunan prestasi anak.

4. Cyber Bullying

Cyber bulliying adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna internet, termasuk anak. Hal ini tentunya berbahaya bagi anak yang secara mental belum berkembang selayaknya orang dewasa. Anak berisiko mendapatkan cyber bullying baik dari orang yang dikenal maupun dari orang lain yang berinteraksi secara online dengan mereka.

5. Gangguan kesehatan

Dampak negatif internet bukan hanya berpengaruh pada mental dan perilaku tetapi juga pada kesehatan fisik anak. Beberapa  gangguan kesehatan yang dapat dialami akibat terlalu banyak dan lama menggunakan internet adalah:

  • Gangguan penglihatan
  • Nyeri leher
  • Kelainan postur tulang
  • Mati rasa legan, tangan dan jari
  • Tubuh terasa tegang

    6. Sulit Tidur

Seperti orang dewasa, anak bisa kecanduan sehingga sulit berhenti sehingga anak menggunakan sebagian besar waktunya untuk bermain internet, sehingga lupa akan kebutuhan lainnya, seperti tidur tepat waktu. Hal ini jika dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan gangguan tidur hingga insomnia pada anak.

7. Sulit Konsentrasi

Sumber Foto: Commscope.com

Penurunan konsentrasi anak akibat kebanyakan bermain internet  bisa dialami oleh anak.
Dikutip dari National University, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Kanada, diketahui sejak sekitar tahun 2000 rata-rata kemampuan konsentrasi manusia telah menurun dari 12 detik menjadi 8 detik.

Bunda, meskipun sulit dicegah dampak internet pada anak bisa kok diminimalisir, batasi penggunaan gadget, awasi konten yang anak liat, bimbing anak pada saat belajar online, dan tentunya tetap jaga kedekatan hubungan antara anak dan orangtua agar anak bisa terbuka tentang apa saja yang mereka alami.

Okay Bunda semoga ini bisa membantu.

LEAVE A REPLY