Bingung Mau Kirim Apa untuk Kerabat yang Isoman? Ini List barang yang dibutuhkan.

Pandemi masih belum usai ya, Bunda? Bahkan sekarang ini banyak sekali saudara kita yang terinfeksi. Seiiring dengan itu stigma buruk pun muncul kepada pasien covid-19 yang membuat mereka dijauhi oleh masyarakat. Padahal sebenarnya mereka membutuhkan dukungan dari kita. Kepedulian kita bisa membuat mereka menjadi lebih bersemangat untuk sembuh. Membuat mereka tidak merasa sendirian dalam berjuang melawan virus tersebut. 

Seperti apa yang dikatakan oleh Dokter jiwa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dr. Ronny Tri Wirasto, Sp. KJ bahwa dukungan sosial itu penting bagi pasien covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri. 

“Perlu ada dukungan sosial atau masyarakat dan ini perlu ditingkatkan,” katanya seperti dilansir dari suara.com

Menurut dr. Ronny Tri Wirasto, Sp. KJ, rasa cemas, takut maupun khawatir seringkali muncul saat seseorang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Dan hal ini jangan dibiarkan begitu saja. Pasien covid-19 harus tetap tenang agar lekas sembuh.

Nah, jika saat ini ada saudara atau teman Bunda yang positif covid-19 dan Bunda ingin memberikan dukungan secara materi untuknya. Berikut ini beberapa ide barang yang bisa menjadi pilihan Bunda nih. 

1. Makanan Sehat

Makanan sehat bisa menjadi ide yang paling utama untuk kita berikan kepada pasien yang sedang isolasi mandiri ya Bunda. Bisa kita berikan makanan berupa buah-buahan segar, susu, sayur-sayuran dan lain sebagainya. Bisa juga berupa kacang-kacangan, daging, telur, ikan, kedelai atau makanan yang mengandung protein. 

“Dengan asupan makanan cukup dan bergizi dapat mempercepat penyembuhan,” kata Lily Arsanti, seorang ahli Gizi dari UGM seperti dikutip dari kompas.com

2. Vitamin

Bunda bisa berikan vitamin untuk mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Selain pola makan yang sehat, vitamin juga dibutuhkan agar tubuh pasien cepat kembali pulih. Seperti apa yang dikatakan oleh Dokter Sesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis, dr Kiki Maharani, SpPD. “Kalau hanya sebagai antisipasi, maka vitamin C dan vitamin D saja sudah cukup. Tetapi, kalau (pasien covid-19) sudah mengalami isolasi mandiri, maka vitamin yang dibutuhkan akan lebih banyak,” katanya seperti dikutip dari kompas.com

3. Masker

Masker menjadi benda yang sangat penting di saat pandemi ya, Bunda. Oleh karena itu, Bunda bisa berikan masker kepada pasien yang sedang isolasi mandiri. Benda yang satu ini tentu akan sangat berguna sehingga Bunda tidak perlu khawatir akan terbuang sia-sia. Pasien yang menjalani isolasi mandiri wajib menggunakan masker ketika akan keluar dari area kamar isolasi agar tidak tertular ke anggota keluarga yang lain. 

4. Termometer

Termometer juga bisa menjadi ide untuk diberikan kepada pasien covid-19 yang tengahl isolasi mandiri nih Bunda. Seperti yang kita tahu, termometer berfungsi untuk mengecek suhu tubuh. Pasien isolasi mandiri membutuhkan termometer guna mengukur suhu tubuh secara berkala. Bunda bisa jadikan benda yang satu ini sebagai pilihan yang bagus dan berguna. 

5. Oximeter

Benda yang tidak kalah penting untuk pasien covid-19 yang tengah menjalani osilasi mandiri adalah oxymeter. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah mewajibkan pasien covid-19 untuk memiliki oxymeter saat tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Benda ini berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. Bunda bisa berikan benda ini kepada pasien karena akan menjadi benda yang sangat berguna. 

6. Madu

Madu pun bisa menjadi ide yang bagus. Bunda bisa berikan madu murni kepada pasien yang tengah isolasi mandiri. Madu bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien. Kepala RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Kolonel (CHK) Dr dr. Khairul Ikhsan Nasution, Menyatakan bahwa madu merupakan asupan paling ampuh untuk proses penyembuhan pasien covid- 19 nih Bunda. 

“Alhamdulillah, kita sudah berhasil menyembuhkan banyak pasien covid-19, yang sebagaian besar dari Batam, kuncinya adalah dengan asupan madu,” katanya seperti dikutip dari m.antarnews.com

Madu pun menjadi suatu keharusan di RS Khusus infeksi Pulau Galang ini.

7. Hand Sanitizer

Ide barang yang selanjutnya adalah hand sanitizer nih Bunda. Ketika pandemi seperti ini, hand sanitizer menjadi benda yang banyak dicari dan digunakan. Bunda bisa belikan hand sanitizer untuk pasien yang tengah Isoman. Hand sanitizer sendiri adalah cairan pembersih tangan yang biasa digunakan sebagai alternatif untuk mencuci tangan.

8. Personal care

Bunda, produk perawatan tubuh yang menjadi kebutuhan pokok juga bisa menjadi ide yang bagus. Bunda bisa belikan sabun, sikat gigi, sampo dan sebagainya. Personal care sangat berguna untuk pasien isolasi mandiri sehingga dia punya persediaan yang cukup. Dengan begitu dia akan menjadi lebih tenang dalam memulihkan kondisi tubuhnya dan tidak khawatir kehabisan kebutuhan pokok.

Selain itu Bunda juga bisa bertanya dulu barang apa yang dibutuhkan agar tidak mubazir dan bermanfaat bagi penerima. Sudah seharusnya kita saling membantu ya Bunda. Kita harus gotong-royong bersama-sama dalam mengendalikan virus covid-19 yang sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah di Indonesia. Kita harus saling peduli kepada saudara kita yang kini tengah menjalani isolasi mandiri. Berikan dukungan kepada mereka untuk tetap semangat berjuang agar sembuh dari covid-19 tersebut. Sebab kepedulian kita akan sangat berarti untuk mereka sehingga mereka tidak merasa takut atau khawatir secara berlebihan yang bisa memperburuk kondisi kesehatan.