Dear Bunda pernah mendengar ungkapan ‘Tetangga adalah saudara yang terdekat’  yah sejatinya memang begitu, akan tetapi dalam kehidupan bertetangga terkadang kita menemukan tetangga yang resek, amat menyebalkan, kepo, dan kurang bersahabat. 

Berikut beberapa cara menghadapi tetangga yang menyebalkan :

1. Dekati Agar Bisa Saling Mengenal

Tak kenal maka tak sayang, maka cara pertama adalah mencoba akrab dengan mereka. Mulailah dengan menyapa, mengirim makanan atau oleh-oleh sepulang Bunda berpiknik ria.

2. Traktir makan atau Undang Makan Bersama

Traktir makan atau undangan makan bersama bisa membuat hubungan tetangga yang awalnya dingin bisa menjadi lebih hangat. Tanyakan apa makanan favorit tetangga dan Bunda bisa membuatkannya pada saat makan bersama. Siapa tahu setelah makan bersama si tetangga resek jadi lebih bersahabat.

3. Cuek Dan Sabar

Cara menghadapi tetangga menyebalkan dan usil adalah bersikap sabar dan masa bodo. Selama si tetangga tidak terlalu merugikan anda, maka tak perlu ditanggapi secara serius. Bukankah orang yang sabar akan mendapat berkah di kehidupannya dan sebaliknya orang yang jahat akan mendapatkan balasnya.

4. Intropeksi Diri

Pernah berpikir ketika orang lain bersikap jahat kepada kita, mungkin itu disebabkan oleh diri kita sendiri? Mungkin tanpa kita sadari kita pernah menyakiti tetangga. Jadi intropeksi adalah solusi yang tepat untuk menghadapi tetangga yang jahat.

5. Tidak Membalas Dengan Kejahatan

Jika Bunda membalas kejahatan tetangga dengan kejahatan yang sams apa bedanya kita dengan si tetangga resek tersebut? Jadi jangan biarkan orang lain menilai kita sama dengan tetangga itu.

6. Konsultasikan dengan Orang yang Lebih Bijaksana.

Jika Bunda bingung apa langkah yang harus diambil dalam menghadapi si tetangga menyebalkan ini cobalah untuk berkonsultasi dengan orang yang lebih bijaksana entah itu orangtua, sahabat, tetangga lain atau bahkan pengacara.

7. Cari Sekutu

Bangun hubungan yang baik dengan tetangga yang lain, lihat siapa tetangga lain yang berpihak kepada Anda, dengan begini Anda akan mempunyai sekutu yang dapat membela Anda jika si tetangga sudah terlalu kelewatan.

8. Kumpulkan Bukti Kejahatan Tetangga

Bunda  sudah diam, tetapi tetangga tetap bertindak jahat dan merugikan, maka kumpulkan bukti-bukti kejahatan tetangga yang nantinya bisa dijadikan bukti pada saat pelaporan kepada pihak yang berwenang. Bila perlu pasang CCTV di rumah untuk merekam bukti kejahatan tetangga.

9. Laporkan kepada Pihak yang Berwenang

Jika semua usaha telah dilakukan namun hasilnya nihil mari kita lakukan hal ini, laporkan tetangga kepada pihak yang berwenang seperti Ruun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), polisi dengan bukti yang sudah Bunda kumpulkan. Tindakan ini akan menjadi pukulan yang telak bagi si tetangga resek tersebut.

Nah Bunda, Semoga beberapa cara di atas bisa membantu dalam menyelesaikan masalah dengan tetangga. Semoga kita semua dijauhkan dari orang-orang yang jahat.

LEAVE A REPLY