Dear Bunda, bernyanyi merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Bahkan musik pun dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Yuk, kita ajarkan si kecil lagu-lagu anak Indonesia yang dapat mengedukasi dan meningkatkan kemampuan komunikasi si kecil.
Mengajak Si Kecil bernyanyi bersama dapat membuat anak berlatih membaca gerak bibir, kata, dan nada. Selain itu, rasa percaya diri Si Kecil juga bisa tumbuh dengan baik kegiatan belajar bernyanyi bersama. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama ajak pula Ayah dan Kakak dalam aktivitas ini.

Berikut beberapa lagu Indonesia yang bisa kita ajarkan kepada si kecil :

1. Lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu


Lirik lagu ini sederhana sehingga mudah dihafalkan anak. Kosa kata yang digunakan dalam lagu ini juga sederhana dan mudah diucapkan oleh anak-anak. Lagu satu-satu juga mengajarkan anak tentang kasih sayang, Anak diajarkan untuk menyayangi ibu, ayah, dan saudaranya.

2. Lagu Pelangi


Lagu pelangi mengajarkan anak tentang benda langit yang muncul sehabis hujan, lagu tersebut juga  dapat mengajarkan ragam warna pada anak-anak. Agar lebih optimal, tunjukkan warna yang bisa ia lihat langsung saat mendengarkan lagu.

3. Lagu Dua Mata Saya dan Kepala Pundak Lutut Kaki


Kedua Lagu ini dapat mengajarkan anak tentang anggota tubuh, Bunda dan si kecil dapat bernyanyi sambil menggerakkan anggota tubuh dan menunjuk anggota tubuh yang disebutkan dalam lagu ini.
Ketika menyanyikan lagu ini, biasanya anak-anak akan semangat untuk bergerak menunjukan anggota tubuhnya dan tanpa disadari sebenarnya si kecil tengah belajar soal anggota tubuhnya. Si kecil  akan mulai mengerti  apa yang disebut mata, lutut, kepala, pundak, dan kaki.

4. Lagu Naik Becak, Delman, Kereta Api


Lagu ini menceritakan tentang beberapa Moda transportasi yang ada di sekitar sambil bernyanyi. Bunda juga dapat menunjukkan dengan gambar aneka macam transportasi tersebut.

5. Lagu Kasih Ibu


Lagu Kasih Ibu menceritakan kasih sayang dari Ibu yang memang tidak ada habisnya dan mengajarkan kepada anak bahwa ibu sangat menyayanginya dan tidak mengharapkan balasan. Di lagu ini Bunda Bisa mengganti liriknya dengan panggilan sendiri.

6. Lagu Bangun Tidur


Lagu ini menceritakan aktivitas anak setelah bangun tidur. Lagu ini bisa dijadikan contoh yang baik untuk anak. Selain itu, lagu ini juga mengajarkan anak untuk disiplin dan membantu Bunda  setelah bangun pagi dengan membersikan tempat tidurnya.

7. Lagu Menanam Jagung


Lirik lagu ini ceria dan mengajarkan anak bagaimana berladang dan menanam jagung
Si kecil juga dapat belajar bagaimana bentuk Cangkul, dan beberapa peralatan berkebun lainya.

8. Lagu ABCD


Lagu ini dapat mengajarkan si kecil huruf alfabet. Setelah si kecil mulai bisa berbicara, saatnya Bunda melatihnya mengenal huruf Alfabet Bunda bisa menyanyikan lagu ABCD atau Alphabet Song untuk si kecil. Gunakan juga kartu huruf atau Gambar agar si kecil hafal juga bentuk dari huruf tersebut.

Baik Bunda, selamat bermain dan bernyanyi bersama si Kecil kesayangan jangan sampai lupa waktu saat bermain yah.

2 COMMENTS

  1. Lagu ta lekang oleh jaman, ketiga anakku pasti aku ajarkan lagu2 di atas meakipun sekarang lagu anak2 sdh banyak banget

LEAVE A REPLY