Bermain games tentu saja menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Tapi, kalau melihat si kecil kelewat anteng dengan gadget-nya selama berjam-jam, Bunda pasti jadi waswas kan?. Pasalnya, anak jadi lebih sibuk dengan gadgetnya ketimbang melakukan kegiatan lain, seperti bermain di luar rumah bersama teman sebaya.

Nah, tapi daripada mengkhawatirkan dampak negatif dari perkembangan teknologi digital yang tidak bisa dibendung lagi, yuk arahkan hobi anak bermain games dengan hal yang lebih produktif, yakni BELAJAR CODING!

Yap, dengan belajar coding anak tidak sekedar menjadi penikmat games semata, tapi juga bisa membuat games sendiri!. Wah seperti apa serunya belajar coding? Yuk simak ulasan berikut ini.

Apa itu CODING ?

Coding adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Belajar coding berarti mempelajari bahasa pemrograman komputer yang digunakan untuk membuat perangkat lunak, aplikasi, atau situs web, baik untuk komputer, smartphone atau tablet.

Kapan anak bisa mulai belajar coding?

Tidak ada batasan usia minimal untuk mulai belajar coding atau bahasa pemrograman. Selama anak sudah terbiasa dengan gadget, sudah bisa membaca, dan memiliki minat terhadap teknologi, si Kecil dapat mulai belajar coding. Tak perlu khawatir apakah anak harus pandai matematika atau tidak untuk bisa belajar coding, karena semua akan diberikan secara bertahap.

Apa yang dipelajari ?

Untuk usia sekolah dasar, mempelajari coding tentu saja dimulai dari yang mudah dulu. Menurut Noviana Sandra Debbie, trainer dari Cody’s App Academy Bintaro, sebagai pengenalan anak akan belajar algoritma dasar untuk membuat animasi atau games sederhana. Jika sudah pandai membuat games sendiri, di tahap selanjutnya anak akan mempelajari bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi dan situs web.

Dimana bisa belajar coding?

Anak dapat belajar coding melalui berbagai cara, seperti mengikuti tutorial secara online atau belajar di sekolah khusus coding. Jika ingin belajar via internet, ada beberapa situs yang menyediakan tutorial atau kursus coding khusus anak yaitu:

  • scratch.mit.edu
  • crunchzilla.com
  • tynker.com
  • gamestarmechanic.com
  • code.org

Tapi, jika ingin belajar langsung dengan ahlinya di sekolah coding, berikut ini adalah beberapa lembaga yang menyediakan layanan pendidikan coding bagi anak usia sekolah :

  • Coding Indonesia
  • Cody’s App Academy
  • Kode Kiddo
  • Coding Next Indonesia
  • Clevio Coder Camp

Apa manfaatnya?

Menurut sejumlah pakar pemrograman, mendorong anak belajar coding sejak dini memiliki sejumlah manfaat yaitu :

  • Melatih keterampilan berpikir dan memecahkan masalah
  • Mengasah kreativitas
  • Membuat anak fasih menggunakan teknologi
  • Mengembangkan kemampuan bekerja sama
  • Mendorong anak menjadi kreator produk digital

Jadi, bila si Kecil terlihat senang bermain games, jangan langsung antipati ya Bunda. Alih-alih melarang anak mengakses games, Bunda bisa mengarahkan minat tersebut dengan belajar coding. Di masa depan, menguasai bahasa pemrograman bisa jadi salah satu keterampilan kunci yang dapat membantu anak berprestasi di era digital. Tapi perlu diingat, gunakanlah gadget dengan bijak. Batasi penggunaan gadget pada anak maksimal dua jam perhari. Selebihnya, ajaklah anak untuk beraktivitas lain seperti bersepeda, bermain jungkat-jungkit di taman, atau bermain dengan teman sebayanya agar psikologis dan interaksi sosial anak tidak terganggu.

 

 

1 COMMENT

  1. Wah, artikel yang sangat bermanfaat sekali, Nah pas sekali terutama bagi Anda para Orang Tua yang menginginkan anak-anak Anda bisa melatih kemampuannya dalam memecahkan atau mencari solusi terhadap suatu masalah. Permainan dikomputer yang bersifat visual akan lebih menarik untuk melatih logika dan konsep berpikir pada anak. Info lebih lanjut, silahkan cek Les Coding Anak

LEAVE A REPLY