Saat hamil dan menyusui kita tentu berharap agar badan kita sehat-sehat selalu. Namun tak ada yang bisa menolak sakit jika memang sudah saatnya sakit yah bun. Jika begitu, apa yang mesti kita lakukan. Karena untuk bumil dan busui. Apa yang kita konsumsi akan berpengaruh ke anak kita juga.

Ada sebagian orang yang enggan minum obat, karena takut membahayakan bayinya. Ada juga beberapa ibu yang memilih mengkonsumsi obat-obatan alami dan tradisional demi minim risiko. Namun ada juga yang masih merasa aman mengkonsumsi obat-obatan medis.

Selama obat-obatan tersebut di-klaim aman untuk bumil dan busui sebenernya para ibu tidak perlu khawatir. Tapi memang ada baiknya tidak meminum sembarangan obat agar si janin dan si kecil tetap sehat selalu.

Nah berikut ini obat-obatan yang terbilang aman bila dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui berdasarkan jawaban dari Dokter Sarah Audia Hasna, Konselor Laktasi.

  • Pusing

Pusing dan demam paling aman menggunakan paracetamol. Bila Bunda merasakan gejala meningkatnya suhu badan dan pusing, paracetamol termasuk dalam daftar kategori obat aman untuk ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan dengan dokter untuk dosis dan frekuensi pemberian obat.

  • Maag

Sakit perut atau nyeri ulu hati yang kadang menyerang Bumil dan Busui tentu membuat badan terasa tidak nyaman. Untuk keluhan ini, Bunda yang sedang maag, aman menggunakan golongan antasida. Jika masih ada keluhan segera ke dokter.

  • Batuk dan Pilek

Bila Bunda mengalami Batuk dan Pilek, hindari obat yang ada kandungan pseudoefedrin. Karena dapat menurunkan produksi ASI. Dan alangkah baiknya untuk keluhan ini konsultadikan lebih lanjut ke dokter.

  • Sakit Gigi

Pada prinsipnya berobatlah ke dokter gigi jika Bunda mengalami sakit gigi untuk dicari penyebabnya, bukan mengatasi nyerinya sesaat. Tapi apabila untuk meredakan sementara bisa digunakan obat pereda nyeri ringan seperti paracetamol, dengan dosis 500mg. Ingat ini hanya sementara, segeralah ke dokter gigi.

  • Gatal

Gatal karena serangga misalnya bisa dengan lotion calamine yang aman. Jika berlanjut segera ke dokter.

Nah itu beberapa keluhan yang umumnya dialami bumil dan busui. Dan beberapa obat yang bisa menjadi pilihan Bunda. Walaupun sebaiknya tetap hindari obat-obatan yah Bunda. Dan yang paling penting konsumsi makanan sehat dan bergizi demi kesehatan Ibu dan anak.

 

LEAVE A REPLY