Puasa di bulan suci ramadan merupakan salah satu kewajiban bagi umat islam yah Bunda. Dengan berpuasa, kita jadi bisa mengontrol diri dan hawa nafsu kita dari hal-hal yang tidak baik. Di bulan penuh berkah ini, kita semua tentu saja berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Puasa termasuk salah satu kebaikan yang menjadi amal kita di bulan ramadan. Selain mendapatkan pahala, puasa ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho Bunda!. Karena pada saat berpuasa, tubuh kita melakukan proses pembersihan racun sebab tidak ada makanan yang mengandung zat kimia yang masuk ke dalam tubuh dari sebelum terbitnya matahari hingga kemudian tenggelam, juga tentu saja dapat mengurangi gula darah dan lemak. Yuk, untuk lebih lanjutnya simak apa saja sih manfaat puasa? Nah, inilah beberapa manfaatnya:

1. Mengurangi Risiko Terkena Berbagai Penyakit

Ketika kita berpuasa, racun yang tersimpan dalam lemak akan dikeluarkan dari tubuh karena lemak tersebut digunakan sebagai bahan bakar penghasil energi selama tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan setelah glukosa telah habis.

Bahkan sebuah studi di Utah yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa orang yang berpuasa secara teratur lebih rendah berisiko terkena penyakit jantung. Sebab penggunaan lemak sebagai sumber energi bantu menurunkan kolestrol. Nah, saat kolestrol rendah, risiko terkena penyakit jantung pun juga menurun. Selain itu para peneliti juga menemukan bahwa berpuasa mampu meningkatkan kinerja otot jantung dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas serta meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah dalam jantung.

2. Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak

Untuk Bunda yang punya masalah dengan berat badan, puasa bisa menjadi salah satu solusinya selama dikerjakan dengan baik dan sewajarnya saja yah yang sesuai dengan syariat islam. Selama berpuasa, tubuh kita tentunya tidak menerima asupan makanan sementara itu kita tetap butuh energi untuk beraktivitas. Nah, glukosa yang tersisa di dalam tubuhlah yang diolah sebagai energi. Setelah glukosa tersebut habis, lemak yang berfungsi sebagai penghasil energi. Lemak diproses dan dibakar dalam tubuh kita. Ketika lemak yang berada di dalam tubuh kita berkurang, otomatis berat badan pun menurun yah Bunda. Bahkan lemak sentral berlebihan di sekitar organ seperti ginjal dan hati pun yang dapat menghambat fungsi organ dibakar dalam tubuh saat kita berpuasa.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Setelah berpuasa, tidak sedikit orang yang mengalami tekanan darah rendah. Selain itu juga membuat asupan garam secara signifikan menjadi lebih rendah. Bahkan dengan berpuasa pada hari pertama saja, sudah dapat menurunkan kadar gula dalam darah hingga 30% yang akan membuat kita menjadi lebih sehat. Sebab saat berpuasa tubuh kita tidak mendapat asupan dan menggunakan glukosa yang masih tersisa di dalam tubuh sebagai pertahanan. Hal tersebut tentu saja membuat kadar glikogen dan glukosa menurun. Itulah mengapa berpuasa dapat memberikan efek yang baik bagi diabetes. Dengan berpuasa secara teratur juga mengurangi risiko resistensi insulin yang menjadi pemicu diabetes. Namun, bagi pengidap diabetes apabila ingin berpuasa alangkah baiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter. Biasanya akan dilakukan pengecekan gula darah sebelum diputuskan boleh atau tidaknya berpuasa.

4. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Penyembuhan jerawat tidak lepas dari peran detoksifikasi tubuh kita ketika berpuasa sebab jerawat juga bisa berasal dari racun dan bakteri yang berada di dalam tubuh kita. Puasa juga dapat meningkatkan hormon endorfin yang berfungsi untuk kesadaran, kekuatan kognitif dan kesehatan mental. Selain itu, puasa juga dapat mendetoksi kulit sehingga membuat kulit terlihat lebih bersih, segar, kenyal dan cerah. Saat berpuasa, kontak antara kulit dengan zat-zat berbahaya di dalam tubuh dan kulit dapat diminimalisir. Kulit kita itu terlibat dalam respons imun. Iritasi kulit yang disebabkan dari paparan zat kimia dapat disembuhkan dengan berpuasa. Saat berpuasa pun, tubuh kita jadi cepat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Nah, alangkah baiknya untuk mengonsumsi buah dan sayur saat berbuka dan sahur yah Bunda.

5. Meningkatkan Produksi Organ Tubuh

Puasa memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan maupun organ tubuh kita. Efek tersebut membuat organ yang sesuai dengan fungsi fisiologisnya seperti misalnya panca indra menjadi lebih tajam. Selain itu juga meningkatkan fungsi organ reproduksi. Terkait dengan peremajaan sel yang berpengaruh pada sel urogenitalis dan alat reproduksi lainnya. Sebab hormon yang berkaitan dengan organ reproduksi tidak hanya dihasilkan oleh estrogen dan testosteren saja, tetapi juga oleh kelenjar hipofisis.

6. Mengontrol Stres

Saat berpuasa, tentu saja kita harus menjaga hawa nafsu kita dari segala hal yang tidak baik. Dengan begitu emosi pun menjadi lebih mudah untuk kita atasi karena kita ingat tengah berpuasa dan alangkah baiknya menjaga hawa nafsu untuk tidak marah-marah. Nah, ketika otak kita lebih rileks dan cenderung melupakan masalah yang dapat mengundang emosi dan lebih baik untuk memaafkan saja, stres pun menjadi lebih terkontrol. Kita pun menjadi lebih santai dan enjoy dalam menjalani hari sebab kita telah mendoktrin diri kita untuk lebih bersabar dalam menghadapi masalah saat berpuasa.

7. Melindungi Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli saraf, Mark Mattson dari Johns Hopkins University menemukan bahwa dengan membatasi makan bisa melindungi otak dari penyakit saraf seiring berjalannya waktu. Seperti contohnya penyakit alzheimer. Selain itu, dengan membatasi asupan kalori dapat meningkatkan ingatan, emosi dan keadaan pikiran kita. Hal tersebut terjadi setiap kita makan dan glukosa yang berasal dari makanan tersebut tersimpan di dalam hati dalam bentuk glikogen. Nah, tubuh kita memerlukan waktu sekitar 10-12 jam untuk menggunakan semua glikogen di dalam hati. Saat glikogen habis, tubuh kita pun mulai membakar lemak menjadi bahan kimia sebagai neuron penghasil energi.

“Bahan kimia tersebut sangat penting untuk belajar, emosi dan kesehatan otak secara keseluruhan,” tulis peneliti dalam laporannya.

Dibanding saat kita tidak berpuasa, kita bisa makan tiga kali sehari lalu ditambah dengan cemilan maka tubuh tidak punya waktu untuk menggunakan semua glikogen di dalam hati. Bahan kimia yang berfungsi sebagai ingatan di otak pun tidak diproduksi dengan baik.

Wah, ternyata ada banyak sekali manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh kita yah Bunda? Jadi lebih semangat untuk berpuasa dan melakukan banyak hal kebaikan yah. Bunda, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang seimbang saat berbuka puasa dan sahur yah, serta minum air yang cukup karena tubuh kita butuh energi untuk bertahan selama berpuasa. Semoga artikel ini bermanfaat yah Bunda.

 

LEAVE A REPLY