Di era digital ini, semua sudah serba gadget yah, Bunda? Hampir setiap orang pasti punya gadget dan sibuk menatapnya berlama-lama dari mulai buka sosmed untuk update postingan, sekadar lihat-lihat beranda facebook atau menggulir-gulir feeds instagram. Sampai ada pula yang begitu maniak bermain game sehingga lupa waktu dan akhirnya baru selesai saat mata sudah terasa lelah serta pegal karena terlalu lama menatap layar. Jika sudah begitu, tentu saja dapat mengganggu kesehatan organ penglihatan.

Padahal mata itu merupakan organ yang sangat penting. Tanpa mata, tentu kita tidak bisa melihat dunia dan seisinya. Karenanya  kita harus benar-benar bisa menjaga mata kita, bisa dengan cara banyak-banyak mengonsumsi makanan bergizi, seperti mengonsumsi sayur dan buah, makanan yang mengandung vitamin A yang baik untuk mata, atau bisa juga dengan melakukan senam mataSenam mata juga sangat dianjurkan bagi mereka yang sering menggunakan matanya untuk bekerja seperti seorang penulis, akuntan, penjahit, ahli komputer, petugas administrasi di rumah sakit dan lain sebagainya.

Kini semua orang tak lepas dari Gadget.

Karena kita tahu pekerjaan dituntut harus tetap optimal bahkan di saat mata kita sudah lelah. Jadi senam mata itu sangat penting. Ada baiknya sih setiap 15 menit sekali mata kita beristirahat yah, Bunda. Olahraga yang kita lakukan pada organ penglihatan dapat menguatkan otot mata dan membuat kita menjadi lebih fokus sehingga bisa kembali bekerja dengan baik nantinya. Selain itu, ada banyak lagi manfaat senam mata lho!

Nah, berikut beberapa di antaranya:

– Meningkatkan fungsi mata kita, menguatkan otot mata dan membuat penglihatan lebih fokus.

– Merangsang otak, melancarkan pergerakan otot dan bola mata.

– Mengatur penglihatan, membuat mata kita terasa lebih rileks.

– Meningkatkan kualitas penglihatan kita.

– Mencegah gangguan pada mata.

– Mengatasi mata kering.

– Mencegah penyakit mata seperti misalnya tumor pada bagian belakang mata.

– Menghilangkan kantung mata

Baca Juga : .http://katabunda.com/2016/07/27/5-bahan-alami-penghilang-kantung-mata/

Beberapa cara senam mata yang bisa Bunda lakukan:

1. Pejamkan mata Bunda dan pijat kelopaknya secara perlahan dengan gerakan memutar kurang lebih selama 1-2 menit. Kemudian Bunda tekan tiga jemari pada kelopak mata dan tahan selama 2 detik.

2. Gosok-gosok kedua telapak tangan Bunda sampai terasa hangat atau sedikit panas, lalu tempelkan telapak tangan tersebut di kelopak mata Bunda selama 2 menit.

3. Pijat dahi Bunda dan kedua alis ke bawah dengan ujung jari secara perlahan dengan tujuan merilekskan otot mata.

4. Putar bola mata Bunda searah jarum jam, lalu sebaliknya. Lakukan hal tersebut selama lima kali, kemudian kedipkan mata Bunda.

Bagaimana Bunda, mudah bukan? Bunda bisa mulai melakukannya nih dari sekarang ketika mata terasa lelah, panas dan pegal. Sebab kelelahan pada mata dapat menyebabkan penglihatan kita menjadi ganda, sakit kepala, mudah silau terhadap cahaya-cahaya kecil sekali pun dan sebagainya. Kerusakan mata akibat terlalu lama menatap layar gadget atau komputer tidak langsung terasa yah Bunda, tetapi berdampak dalam jangka waktu yang panjang.

Bila Bunda kerap bermain gadget dalam waktu lama, usahakan 30 menit sekali untuk beristirahat dulu. Tutup mata atau lihat ke titik yang jauh, agar mata tidak lelah.

Baca Juga : http://katabunda.com/2016/09/23/6-hal-ini-bisa-membuat-segar-mata-bunda-benar-gak-yah/

Ada satu hal lagi yang penting nih Bunda, apakah si kecil terlalu sering bermain gadget? Nah, hal tersebut juga harus Bunda perhatikan. Usahakan jangan terlalu lama anak fokus menatap layar gadget karena takut merusak matanya. Sebaiknya sih Bunda batasi waktu si kecil dengan gadget. Bunda juga bisa mengajarkan kepada si kecil tentang senam mata lho!

Nah, dengan melakukan senam mata yang diiringi mengonsumsi makanan bergizi, tentu mata akan sehat dan Bunda beserta keluarga pun bisa lebih produktif lagi dalam menjalani hari.

LEAVE A REPLY