Negara Korea Utara merupakan negara yang cukup tertutup dengan dunia luar. Bahkan beritanya jarang kita dengar di media. Untuk itu apa saja yang terjadi disana membuat kita semakin penasaran. Kali ini ada beberapa info menarik seputar wanita korea.

Youtube: SunnydahyeIn

Dimana Kang Nara, wanita asal  Korea Utara yang sudah membelot menceritakan kebiasaan wanita Korea Utara kepada Sunny Dahye di channel Youtubenya. Yuk kita mulai saja

  1. Hanya ada Satu Merk Pembalut di Korea Utara dan Harganya Mahal

Jika disini kita mengenal berbagai macam pembalut, dari yang tipis hingga tebal dengan berbagai ukuran, tidak di Korea Utara. Disana hanya ada satu pembalut, namanya Dae Dong Gang. Menurut cerita Kang Nara pembalut ini kemasannya berwarna hijau dan bentuknya panjang. Tak hanya itu pembalut ini dijual dengan harga yang fantastis sehingga hanya orang kaya yang mampu membelinya. Seberapa mahal sih? Harganya sekitar 3.000- 4.000 won atau sekitar 380.000 – 500.000 rupiah untuk 1 set pembalut.

Wah mahal ya, wajar saja wanita disana memilih untuk menggunakan pembalut kain. Kira-kira 70-80% wanita disana memilih memakai pembalut kain yang bisa dicuci dan dijemur kembali setelah dipakai. Kain ini dipotong menyerupai bentuk popok bayi kemudian dilipat dan dibawa jika akan keluar rumah. “Di Korea Utara uang itu sangat berharga, karena negaranya miskin kan, susah untuk rakyatnya mengeluarkan uang untuk membeli pembalut, sebulan sekali dan bakal dibuang kan , jadi sayang uangnya,” tutur Nara menceritakan alasan wanita disana memilih untuk memakai pembalut kain saja saat menstruasi.

2. Bulu Ketiak yang Panjang Tidak Dianggap sebagai Sesuatu yang Memalukan

Ya, jika disini kita sudah akrab dengan perawatan waxing, sugaring, shaving atau menghilangkan bulu / rambut di tubuh yang tidak diinginkan, tidak bagi Korea Utara. Disana mereka terbiasa dengan bulu ketiak yang panjang, bahkan mereka menyebutnya ‘sarang murai’. Jadi jangan heran bila berpapasan dengan wanita Korea Utara di jalan atau di dalam kereta dengan bulu ketiak yang panjang terurai, hal itu bukan sesuatu yang memalukan bagi mereka. Bahkan mereka menganggap rambut ketiak itu bagus karena tumbuh alami dan natural.

3. Payudara Besar Dianggap Sesuatu yang Memalukan

Sunny bilang bahwa di Korea Selatan memiliki payudara yang besar adalah impian wanita disana, namun menurut Kang Nara justru di Korea Utara mempunyai payudara yang besar membuat wanita disana tidak percaya diri. Semakin kecil ukurannya malah semakin baik, terangnya. Itulah kenapa banyak wanita yang menutupinya. Bahkan Kang Nara pernah mendengar cerita bahwa pada zaman dulu orang-orang berusaha mengikat kencang payudaranya menggunakan kain agar bentuknya menjadi datar. Kasian ya.

4. Gaya Rambut yang Bisa Dipilih Sudah Ditentukan Pemerintah

Apa rasanya jika gaya rambut kita harus memenuhi standard pemerintah? Ya, begitulah di Korea Utara, mau nggak mau kita mesti mempunyai gaya rambut yang legal. Di Korea Utara hanya ada 28 hairstyle, 10 untuk Laki-laki, dan 18 pilihan untuk Perempuan. Tipe model rambut tersebut sudah ditempel rapi di setiap salon disana.

Gambar : Pop Bela.com

Ada style awan, bulan, ombak, dan lain sebagainya yang bisa kita pilih. Tapi ingat hanya model itu saja, tidak boleh yang lain. Lalu bagaimana jika kita mau memiliki gaya rambut sendiri? Tidak boleh. Karena akan ada petugas kedisiplinan yang memeriksa gaya rambut kita. Kalau tidak mengikuti style yang sudah ditentukan akan kena teguran. Biasanya akan dibawa ke sekolah atau kantor kemudian dikritik dan disiplinkan di muka umum. Ngeri!

5. Di Korea Utara Tidak Ada Tindikan yang Macam-Macam, Cuma di Telinga Saja

Jangan berharap ada piercing di Korut, setiap warganya hanya boleh melakukan tindikan di telinga saja, bahkan menurut Kang Nara “boleh tindik di telinga, tapi antingnya nggak boleh lebih dari 3 cm”, ujarnya. Model anting yang aman dari pengawas adalah model stud.

6. Standard Kecantikan di Korea Utara adalah Wajah Bundar dan Tubuh Berisi

Bukan bentuk V-line yang menjadi favorit disana, melainkan bentuk bulan purnama, bulat dan berisi. Mereka menyukai yang berisi dari segala sudut, begitu tutur Nara. Bersyukur yah yang wajahnya bulat tidak menjadi insecure disana. Menurut Kang Nara standard kecantikan tersebut kemungkinan berasal dari pemimpin negaranya. Seperti yang kita tahu, 3 generasi Dinasti Kim, yaitu Kim Il-sung, Kim Jong Il, dan Kim Jong Un memiliki postur yang berisi, untuk itu sebagai rakyaknya sepatutnya mencontoh bagaimana pemimpinnya. Bahkan Kang Nara menambahkan bahwa 3 pemimpin tadi adalah role model disana, begitu pun istri dari Kim Jong Un, Ri Sol-Ju merupakan panutan dalam hal beauty bagi wanita di Korea Utara.

Gimana sudah cukup mengangetkan belum fakta-fakta wanita Korea Utara? Di sisi lain kita menjadi bersyukur ya karena kehidupan disini jauh lebih baik. Setidaknya kita boleh memilih gaya rambut sendiri kalau ke salon 😀  atau ada yang berminat dengan model awan, ombak dan bulan?

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY