Dear Bunda, Tahun 2020 sudah berlalu, banyak hal yang terjadi di tahun 2020. Sebagian dari kita mungkin depresi, mengalami tekanan mental akibat pandemi yang menyebalkan ini. Untunglah masa-masa sulit sepanjang tahun 2020 sudah menjadi kenangan, mari kita sambut 2021 dengan semangat baru. Pergantian tahun memang tidak berarti pandemi ini akan segera berlalu tetapi selalu ada harapan di sepanjang tahun 2021 ini.

Setiap tahun yang berlalu pasti ada berbagai peristiwa yang kita alami, silih berganti entah itu hal manis atau mungkin hal yang tidak enak. Tidak masalah manis atau kurang enak yang sudah Bunda alami di tahun lalu, yang penting sekarang sudah saatnya Bunda mengapai cita-cita baru. Lalu sejauh mana kita sudah dapat menggapai harapan dan cita-cita ? Sejatinya dalam hidup kita harus terus berprogres, menjadi lebih baik dari hari ke hari, juga tahun ke tahunnya menjadi lebih baik dari kemarin.

Agar bunda bisa lebih baik dari tahun lalu, yuk kita rancang resolusi 2021 ini, mari kita buat List apa saja yang akan kita lakukan tahun ini.

1. Lebih Rajin Beribadah


Jika Bunda merasa di tahun sebelumnya ibadahnya belum terlalu serius, sholat masih bolong-bolong, senang membicarakan kesalahan teman-teman atau kenalan. Coba deh mulai mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, bukankah setiap langkah dan tindakan yang kita ambil memerlukan restu dari-Nya.

2. Mengelola Keuangan


Jika selama ini Bunda merasa belum stabil secara finansial dari tahun ke tahun, kini saatnya mulai memasukkan  anggaran keuangan sebagai resolusi, supaya lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari hal yang sederhana saja dahulu, membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan bukan keinginan, percaya deh dengan mempraktekan hal ini tabungan Bunda bisa bertambah lebih cepat.

3. Kurangi Stres


Jika sebelumnya Bunda adalah seorang yang mudah terbawa stres, emosi, kecemasan yang berlebih hingga tidak dapat berpikir jernih jika tertimpa suatu masalah. Mulai dari sekarang cobalah lebih cerdas mengelola stres seperti perbanyak olahraga, banyak berkonsultasi dengan dokter atau tenaga ahli jika diperlukan dan ketahui dampak buruk apabila terlalu stres. Mengatasi kadar stres ini memang kadang tidak mudah, tapi jika Bunda sudah dapat mengatasinya niscaya Bunda akan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Ingat yah Bunda pikiran baik menghasilkan hal baik, pun sebaliknya.

4. Berhenti Menunda-nunda Pekerjaan


Yuk mulai untuk  tidak menunda-nunda pekerjaan, bukankan semakin cepat suatu pekerjaan selesai artinya semakin cepat tanggung jawab kita selesai. Jadi kita bisa menyelesaikan tanggung jawab yang lainnya. Bunda bisa mulai untuk mencatat segala kegiatan  dan buatlah tenggat waktu yang realistis untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang ada di daftar itu.

5. Bertemu atau Berteman dengan Orang-orang Baru


Manusia adalah makhluk sosial oleh karna itu berhubungan dengan orang lain dapat bermanfaat bagi kesehatan mental  dan juga meningkatkan kualitas hidup. Jangan takut atau malu untuk memulai suatu pertemanan, mulailah aktif di komunitas sosial atau komunitas berdasarkan minat yang Bunda sukai, semakin banyak pertemenan akan semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang akan Bunda temui. 

6. Lepaskan atau Akhiri Hubungan yang Toxic

Dalam menjalin hubungan pertemanan atau asmara terkadang kita menemukan seseorang yang ternyata toxic. Bunda, melepaskan suatu hubungan, mungkin bukanlah hal yang mudah dilakukan, ada  beberapa alasan misalnya takut akan kesepian, kesendirian, tetapi tetapi hubungan yang tidak sehat akan berdampak negatif pada kehidupan kita. Mulai dari stres hingga depresi karena tidak dapat melepaskan diri. Ingat, kita berhak untuk mendapatkan suatu kenyamanan dalam suatu hubungan. Jadi lepaskanlah.


7. Luangkan Waktu untuk Lebih Sering Ngobrol dengan Orangtua


Peduli dengan orangtua adalah kewajiban seorang anak, tetapi terkadang karena faktor kesibukan hal ini kadang membuat kita lupa akan orangtua. Inget deh orangtua itu tidak butuh hal-hal yang rumit atau hadiah mewah, mereka terkadang cuma perlu didengar atau mendengar, mari mulai dari sekarang lebih rajin untuk menghubungi orangtua yah Bun.

8. Hidup Sehat


Jika selama ini Bunda makan apapun tanpa memperhatikan kesehatan, nah mari kita mulai untuk lebih aware dalam memilah-milah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Mulailah rutin  berolahraga dan perbaiki pola makan, dengan berolahraga dam mengkomsumsi makanan sehat membuat kita menjadi lebih bugar dan produktif. Karena kondisi tubuh yang sehat amat mempengaruhi kesehatan mental.

9. Menerima Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri


Jika tahun sebelumnya Bunda masih membandingkan diri sendiri dengan orang lain, tahun ini jangan lakukan lagi. Ingat setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap orang dilahirkan sempurna dengan caranya masing-masing. Jadi tidak ada gunanya membandingkan diri sendiri dengam orang lain. Menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri adalah bagian dari mencintai. Karena untuk mencintai orang lain terlebih dahulu kita harus mencintai diri sendiri.


Bunda, Resolusi tahun baru adalah sesuatu yang bagus namun tidak gampang dilaksanakan atau diwujudkan. Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen yang kuat agar resolusi yang kita harapkan dapat terwujud. Salah satu kunci keberhasilan resolusi adalah dengan menceritakan dan  membaginya bersama dengan orang-orang terdekat yang kita temui hampir setiap hari, seperti teman kerja dan keluarga. Ceritakan dan berbagilah mengenai rencana resolusi, dengan begitu Bunda akan selalu memiliki orang-orang yang terus mengingatkan resolusi yang belum tercapai.


Jika Bunda dapat mewujudkan resolusi tersebut, tidak ada salahnya memberi hadiah pada diri sendiri atas keberhasilan tersebut. Hadiahnya bisa berbentuk apa saja, misalnya mentraktir diri sendiri dengan makanan kesukaan, merawat tubuh di salon favorit, atau apapun yang Bunda inginkan. Nah Bunda selamat mencoba yah dan semangat selalu.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY