Halo, Bunda! Seperti yang kita tahu, Indonesia terletak di daerah tropis yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Umumnya, sistem kekebalan tubuh akan mudah terganggu di musim hujan karena kuman dan bakteri semakin mudah menyebar. Misalnya penyakit flu hingga demam berdarah berpotensi menyerang.

Pakar Promosi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKM) UGM, dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH., PhD., membenarkan hal tersebut. “Jenis penyakit tertentu relatif tinggi kejadiannya selama musim hujan seperti influenza, ISPA, diare, demam berdarah, cikungunya, cacingan serta leptospirosis,” ungkapnya seperti dikutip dari ugm.ac.id

Nah, berikut beberapa tips yang bisa Bunda dan keluarga lakukan untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Yuk kita simak! 

1. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Bunda, saat musim hujan kita harus mengonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Kita bisa perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah, sebab tubuh membutuhkan asupan untuk melindungi diri. Musim hujan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga mudah terserang oleh kuman dan bakteri. Sebaiknya kita konsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya akan vitamin agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Dengan begitu, kita bisa mengurangi resiko terserang berbagai penyakit. 

2. Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan air yang sangat disarankan untuk dikonsumsi. Karena di musim hujan bakteri dan virus berkembang dengan cepat, tubuh kita harus bisa mengimbanginya dengan perbanyak konsumsi air putih. Selain sehat untuk pencernaan, air putih juga berfungsi untuk detoks atau mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh nih, Bunda. Ada banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi air putih.  Seperti apa yang dikatakan oleh dr. Budi Wiweko, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), bahwa mineral yang terkandung di dalam air putih memiliki banyak manfaat. 

“Zinc berfungsi untuk membantu respon imun dan fungsi otak manusia. Kalium dapat membantu sistem syaraf dan otot tubuh. Magnesium dan kalium untuk menjaga jantung serta pembuluh darah, dan berbagai manfaat lainnya dari air putih,” jelas dr. Budi seperti dikutip dari id.theasianparent.com 

Di samping itu, minum air putih adalah salah satu tips mudah untuk menjaga kesehatan di musim hujan  nih.

3. Jaga Kebersihan Lingkungan

Bunda, saat musim hujan nyamuk menjadi lebih cepat berkembang biak. Ini menjadi penyebab dari munculnya penyakit demam berdarah. Lokasi genangan air adalah tempat yang biasanya dijadikan oleh nyamuk untuk berkembang biak. Sebaiknya kita harus rajin membersihkan lingkungan, terutama pada tempat-tempat yang memiliki potensi besar untuk menjadi sarang nyamuk. Misalnya saja dengan membersihkan saluran air yang tersumbat dan sebagainya. Selain menjaga kita dari berbagai penyakit, lingkungan yang bersih tentu juga enak untuk dilihat. Bunda bisa ajak keluarga untuk bersama-sama membersihkan rumah. 

4. Tidur Yang Cukup

Bunda, tidur yang cukup juga bisa membantu mencegah masalah kesehatan. Sebab tidur berguna untuk memulihkan kembali stamina tubuh kita. Menurut  Carolyn Dean, M. D., N. D., seorang ahli tidur, nutrisi dan diet mengatakan bahwa tidur bisa membantu tubuh untuk terhindar dari penyakit. “Hubungannya dengan dukungan sistem kekebalan tubuh, selama tidur tubuh Anda membuat lebih banyak sel darah putih yang dapat menyerang virus dan bakteri,” katanya, seperti dikutip dari m.medcom.id

Tidur juga bisa membuat tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas menjadi rileks dan kemudian kembali bugar. Sebaiknya hindari bergadang agar kita tetap sehat di musim hujan ya. 

5. Olahraga

Olahraga menjadi tips selanjutnya untuk menjaga kesehatan di musim hujan nih, Bunda. Berolahraga dapat membantu kita untuk tetap sehat dan bugar. Menurut sorang ahli di National Institute of Health, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih nih, Bunda. Selain itu, olahraga juga bisa membantu kita untuk mengeluarkan bakteri lewat saluran pernapasan. Nah, Bunda bisa lakukan olahraga bersama dengan keluarga di rumah agar menjadi lebih menyenangkan. Cukup lakukan olahraga ringan di dalam ruangan untuk menjaga kesehatan keluarga Bunda. 

6. Gunakan Pakaian Yang Tebal

Seperti yang kita tahu, musim hujan identik dengan suhu yang dingin. Saat Bunda dan keluarga memiliki aktivitas di luar rumah, sebaiknya gunakan pakaian yang tebal untuk membantu menghangatkan tubuh. Bunda bisa gunakan sweater, baju dengan lengan yang panjang, jaket tebal hingga celana panjang. Pakaian yang tebal bisa membantu kita untuk terhindar dari risiko masuk angin yang kemudian bisa menimbulkan berbagai gejala lain seperti misalnya flu dan batuk. Sebaiknya gunakan pakaian yang tebal agar aktivitas Bunda bersama keluarga tetap bisa dilakukan di saat musim hujan.

7. Konsumsi Vitamin

Saat musim hujan datang, nyatanya tubuh tidak secara langsung menyesuaikan kondisi. Namun, harus melalui sebuah proses yang biasanya mempengaruhi sistem imun sehingga  kekebalan tubuh manusia menjadi lemah. Saat sistem imun atau kekebalan tubuh menurun, maka penyakit menjadi rentan menyerang kita. Untuk itulah kita harus mengonsumsi vitamin agar kestabilan timun kita tetap terjag. Kita bisa langsung konsumsi vitamin c atau juga dapat memperolehnya dengan konsumsi buah seperti jeruk. Dengan begitu, sistem imun dan kekebalan tubuh kita akan tetap terjaga.

8. Mandi Air Hangat

Bunda, setelah keujanan kita sebaiknya kita mandi dengan air hangat karena akan secara perlahan menaikkan suhu tubuh sekaligus menyingkirkan kuman dan melindungi kita dari banyak penyakit. Bunda juga bisa coba rendam kaki di air hangat untuk membantu menghilangkan rasa dingin setelah kehujanan. Mandi dengan air hangat setelah kehujanan juga bisa membantu merilekskan tubuh kita sehingga kita merasa lebih baik.

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting di dalam hidup ya, Bunda. Meskipun aktivitas kita sangat padat sehingga di musim hujan harus tetap produktif, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan Anda dan keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda semua. 

LEAVE A REPLY