Masalah berat badan sepertinya menjadi hal serius bagi sebagian besar perempuan, ya, Bunda. Ada rasa tidak percaya diri, malu dan tidak nyaman ketika berat badan melebihi batas ideal. Selain itu, tubuh yang gemuk juga berisiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti kolestrol, obesitas, diabetes, sesak napas dan serangan jantung.

Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat tubuh menjadi gemuk, misalnya jarang berolahraga, sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak atau makanan yang manis. Apakah Bunda termasuk yang mempunyai masalah dengan berat badan? Nah, berikut ini beberapa tips untuk dapat menurunkan berat badan yang patut untuk Bunda coba. Mau tahu apa saja, Bunda? Yuk, kita simak bersama-sama.

 1. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

 Serat merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dalam penyerapan di usus halus manusia, serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar.

 Makanan yang menjadi sumber serat adalah yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti buah (contohnya pisang, alpukat, pepaya), sayuran (contohnya jagung, brokoli), kacang-kacangan (kacang polong) serta bagian dari luar biji-bijian seperti kulit ari beras, gandum dan havermout.

Pisang dan pepaya merupakan buah kaya akan serat

Manfaat dari mengonsumsi makanan kaya serat:

   – Membantu menurunkan berat badan.

   – Menghindari endapan lemak pada pembuluh darah.

   – Membersihkan saluran pencernaan.

   – Menurunkan risiko terkena kanker usus.

   – Memperlambat penyerapan glukosa.

   – Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

   – Menurunkan kolestrol tinggi.

   – Mengendalikan gula darah.

2. Olahraga Teratur

Bunda, rajin berolahraga juga bisa membantu menurunkan berat badan karena ketika tubuh kita aktif bergerak, maka lemak yang berada di dalam pun akan terbakar. Olahraga dalam proses menurunkan berat badan bisa berupa jogging (lari santai), senam, berenang, push up (tidak dianjurkan jika tidak kuat, ya, Bunda) dan segala jenis olahraga lainnya yang bisa Bunda pilih.

Selain menurunkan berat badan, dengan berolahraga juga membuat tubuh menjadi segar, mengencangkan otot-otot, memperlancar sirkulasi darah dan tentunya dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Nah, Bunda bisa mulai membuat jadwal untuk berolahraga secara rutin dari sekarang. Bisa juga ajak anggota keluarga untuk berolahraga bersama sehingga keluarga Bunda menjadi sehat dan aktif.

3. Kurangi Konsumsi Gula

Gula (glukosa) memang menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan, ya, Bunda. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Gula termasuk sumber karbohidrat yang mudah disimpan menjadi lemak dalam tubuh kita. Karena itu hindari makanan yang banyak mengandung gula seperti kue, es krim, cokelat, permen, nasi putih (nasi juga mengandung gula), donat dan banyak lagi. Selain itu, makanan manis juga memiliki kalori yang tinggi. Biasanya untuk orang dewasa, cukup dengan 2 sendok makan saja mengonsumsi gula per hari.

Baca Juga : Ini Penyakit yang bisa muncul akibat mengonsumsi gula secara berlebihan

 4. Minum Air Putih

Bunda, ternyata dengan minum air putih setiap hari sebelum makan, dapat menurunkan berat badan hingga 2-4 kg dalam 12 minggu. Sejumlah penelitian bahkan telah mengungkapkan bahwa cara yang efektif untuk menurunkan berat badan ialah dengan minum air putih secara rutin. Contohnya bukti penelitian di Universitas of Oxford ketika orang dewasa minum 16 ons air putih 30 menit sebelum tiba waktu malam, mereka kemudian makan lebih sedikit jika dibanding mereka tidak minum air lebih dahulu.

Kita dianjurkan minum 8-10 gelas air putih setiap hari. Manfaat lainnya dengan mengonsumsi air putih secara rutin ialah mencegah dehidrasi, memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga kelembapan kulit juga sebagai katalis tubuh untuk membuang zat-zat beracun contohnya lewat keringat dan urin. Cara yang cukup mudah bukan, Bunda?

Baca Juga : Berapa Banyak Kebutuhan Air Minum untuk Anak ?

 5. Tidur yang Cukup

Menurut Harvard Medical School, kurang tidur ternyata dapat berpengaruh pada berat badan seseorang. Ketika tubuh kita kurang istirahat, maka akan lebih cepat merasa lapar (karena kita membutuhkan makanan untuk menambah energi), lemas, dan kemudian juga menjadi malas berolahraga atau melakukan aktivitas secara fisik. Kurang tidur juga bisa menghambat metabolisme tubuh, lho, Bunda!

Nah, untuk Bunda yang masih sering bergadang, maka sebaiknya mulai memperbaiki pola tidur Bunda, ya, supaya usaha dalam menurunkan berat badan berhasil.

 6. Jangan Makan di Atas Jam 7 Malam

Hal ini juga berpengaruh ya, Bunda. Tubuh setelah menerima asupan makanan, maka harus melakukan aktivitas fisik supaya lemak, karbohidrat, gula, kalori yang berasal dari makanan tersebut cepat diproses oleh tubuh. Karena ketika sehabis makan kita langsung tidur, maka akan ada banyak kandungan yang menumpuk di dalam tibuh kita sehingga membuat berat badan bertambah. Jadi, usahakan Bunda makan lebih awal, ya.

7. Awali Hari dengan Air Lemon

Ternyata dengan minum air lemon juga dapat menurunkan berat badan, lho, Bunda!

Salah satu Universitas di Jepang, menyarankan kepada setiap orang yang bermasalah dengan berat badan untuk rajin mengonsumsi air lemon. Selain itu, juga membantu mengatasi masalah ginjal dan liver sehingga lemak jahat tidak sampai mengganggu organ dalam, juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, memperpanjang rasa kenyang dan menangkal radikal bebas. Meskipun begitu, kita tetap saja tidak boleh hanya mengonsumsi air lemon saja seharian, ya, Bunda.

Berikut ini tipsnya:

Campurkan air lemon dengan air hangat, lalu beri madu sedikit supaya tidak terlalu asam dan minum selagi hangat.

Bagaimana, Bunda? Tips-tips di atas bisa Bunda coba ya untuk menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk rajin berolahraga, makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup serta lakukan diet yang sewajarnya saja, ya, Bunda. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY