Bila bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, Bunda dan keluarga bisa nih mencoba wisata masjid yang mempunyai banyak manfaat dan tentunya juga menarik. Banyak Masjid di sekitaran jabodetabek yang bisa dikunjungi. Bunda dapat berekreasi sekaligus mengajarkan anak untuk beribadah. Menarik bukan wisata rohani sekaligus beribadah. Berikut adalah masjid indah yang berada di kawasan Jabodetabek.

1. Masjid Ramlie Musofa

Gambar : Liputan 6.com


Sudahkan Bunda tahu ada masjid mirip Taj Mahal di Jakarta? Inilah Masjid Ramlie Musofa, letaknya berada di Jalan Danau Sunter Selatan. Dibangun sejak 2011, Masjid Ramlie Musofa rampung setelah lima tahun dan baru diresmikan pada 15 Mei 2016.  Masjid ini terispirasi dari kisah berdirinya monumen Taj Mahal. Jika Taj Mahal merupakan lambang perwujudan antara cinta raja terhadap istrinya, Masjid ini merupakan perwujudan dari cinta pemiliknya kepada Allah, Islam dan keluarga. Pemiliknya  diketahui sebagai seorang Pengusaha. Penamaan masjid ini berdasarkan nama pemiliknya yaitu Ramlie. Sedangkan kata Musofa merupakan gabungan singkatan dari ketiga nama depan anakny, unik yah namanya.

2. Masjid Cut Meutia

Gambar : reservasiku.com


Masjid Cut Meutia adalah salah satu masjid yang terletak di Jalan Cut Meutia Nomor 1, Jakarta. Bangunan masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dari zaman penjajahan kolonial Belanda. Masjid ini memiliki arsitektur khas Belanda berpadu dengan seni Kaligrafi Islam. Masjid ini juga  memiliki keunikan tersendiri dan kemungkinan tidak terdapat di masjid-masjid lainnya. Salah satu keunikannya, mihrab dari masjid ini diletakkan di samping kiri dari saf salat (tidak di tengah seperti lazimnya). Selain itu posisi saf-nya juga terletak miring terhadap bangunan masjidnya sendiri, dikarenakan bangunan masjid tidak tepat mengarah kiblat. Nama ‘Cut Meutia’ diambil dari nama jalan tempat masjid itu berdiri yaitu jalan Cut Meutia.

3. Masjid Raya Bogor


Bagi Bunda yang tinggal di Bogor atau yang sering berkunjung ke Bogor via Terminal Baranangsiang pasti tidak asing lagi dengan masjid ini, karena lokasi masjid ini berada di jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, sekitar 400 meter dari Terminal Baranangsiang. Masjid ini dibangun tahun 1970 dan dinyatakan selesai tahun 1979 oleh seorang Arsitek bernama FX Silaban, seorang yang beragama kristen  sekaligus arsitek dari Masjid Istiqlal di Jakarta. Yang menambah istimewa dari bangunan masjid ini adalah dilengkapi dengan Gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor  serta perpustakaan umum.

Gambar : wowkeren.com

Gaya arsitektur masjid terlihat indah bersama ornamen yang  berbentuk segi delapan. Bukan hanya itu, pengunjung juga dapat mencicipi beragam kuliner menarik di depan Masjid Raya Bogor.

4. Masjid Kubah Emas

Gambar : Traverse .id

Di Depok, ada masjid yang tersohor dengan kubah berlapis emas. Inilah Masjid Kubah Mas yang letaknya di Jalan Meruyung, Limo, Depok. Masjid yang nama aslinya adalah Masjid Dian Al Mahri ini, memiliki kubah yang dilapisi emas 22 karat. Almarhum Dian Al Mahri, pemilik masjid membangunnya pada tahun 1999 silam. Arsitekturnya pun mewah nan cantik. Masjid juga memiliki 5 buah kubah dan 6 menara, merepresentasikan 5 rukun Islam dan 6 rukun Iman. Masjid ini juga memiliki halaman yang luas dan indah tentunya bisa menjadi spot foto yang bagus.

5. Masjid Al-Azhom

Warga kota Tangerang patut berbangga hati, karena masjid Al-Azhom merupakan masjid yang memiliki kubah terbesar di dunia yang tanpa memiliki tiang penyanggah. Pada masjid ini, memiliki diameter kubah mencapai 63 meter, merupakan kubah terbesar di dunia. Kemudian ada, 5 kubah masjid yang melambangkan 5 rukun Islam dan 5 waktu salat. Sementara struktur bangunan kubah induk yang berada di tengah bangunan dan ditopang oleh 4 anak kubah yang berbentuk setengah lingkaran dibawahnya, bangunan ini terlihat cukup kokoh menyanggah kubah induk.


Adapun tinggi masjid yang mencapai 30 meter juga disebut melambangkan 30 juz ayat suci Alqur’an. Sedangkan tinggi kuncup menara yang mencapai 6 meter, melambangkan jumlah rukun iman yang berjumlah 6. Masjid Al-Azhom berlokasi di jalan Satria Sudirman, Sukaasih, Tangerang. Berkunjunglah saat ibadah sholat Magrib lanjut dengan Isya disana, karena di malam Hari kita akan menikmati keindahan masjid yang diterangi oleh lampu yang menakjubkan.

6. Masjid Agung Al- Barkah

Masjid Agung Al-Barkah merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang ada di Bekasi. Dibangun pada tahun 1890 yang  oleh H. Abdul Hamid diatas tanah wakaf Alm H. Barun seluas 3000 m², di jalan Veteran Alun alun Bekasi. Arsitektur Masjid Al-Barkah mengadaptasi masjid-masjid Timur Tengah yang disublimasi unsur tropis. Menyesuaikan dengan iklim di Indonesia Masjid Agung Al-Barkah dilengkapi dengan kantilever dan kanopi agar air hujan tidak masuk ke dalam masjid.

Masjid ini memiliki 8 daun pintu kayu jati yang berukir kaligrafi yang mencerminkan 8 pintu menuju surga. Kubah Masjid Agung Al-Barkah memiliki diameter 18 meter dan di bawahnya bertuliskan 99 nama Allah (Asmaul Husna). Terlihat arsitektur masjid tidak lepas dari simbolisasi Islam. Simbolisasi Islam bisa kita jumpai pada 4 buah menara yang memiliki arti 4 tiang ilmu, yakni Bahasa Arab, Syariah, sejarah dan filsafat. Juga syarat hidup bahagia yakni aqidah, ahlak, syariah dan Ibadah.

7. Masjid Perahu

Satu lagi Masjid yang  unik dari bentuk bangunan dan lokasinya, yakni Masjid Perahu. Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan jika masjid ini pasti berbentuk perahu. Masjid yang sebenarnya bernama Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman terletak di bilangan Casablanca nomor 38 Menteng Dalam, Jakarta. Masjid ini didirikan oleh KH. Abdurrahman Maaum pada tahun 1960.

Perahu Masjid ini digunakan sebagai tempat berwudhu umat muslim sebelum melakukan ibadah sholat. Kenapa berbentuk perahu? Menurut Imam Masjid, perahu ini melambangkan kisah Nabi Nuh dan sebagai pembelajaran untuk mengajak umat islam beribadah. Masjid ini juga memiliki beberapa keistimewaan dimana terdapat Al-Quran raksasa berukuran 2 meter x 1 meter dengan ketebalan 30 cm dan memiliki emas yang berjumlah 99 sesuai dengan Asmaul Husnah, total berat 3 kg yang berada dibagian puncak masjid.

Silakan berkunjung beribadah sekaligus berwisata. Bagi Bunda yang ingin berkunjung kesana selalu berperilaku sopan yah. Ajarkan anak untuk tidak berlari-larian atau teriak-teriak di dalam masjid, dan yang utama kenakan juga pakaian yang sopan.

*Editor : Lisa

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY