Ketombe memang menjadi salah satu masalah yang sulit untuk dituntaskan yah Bunda? Tetapi jika dibiarkan begitu saja pun akan bertambah parah dan menyebabkan kerusakan folikel rambut hingga memicu kerontokan. Nah, ketombe dan rambut rontok ini menjadi salah satu masalah yang hampir di alami oleh setiap orang yah Bunda.

Sebenarnya, pembentukan ketombe berasal dari lapisan sel kulit mati yang terdapat di kulit kepala kita. Nah, lapisan sel kulit ini kemudian mengelupas dan membentuk serpihan kecil kemudian menyebar ke antara rambut-rambut dan menimbulkan rasa gatal. Karena rasa gatal itu kita cenderung akan menggaruk kepala, kebiasaan menggaruk inilah yang menimbulkan gesekan dan merusak akar rambut kita nih Bunda. Akhirnya rambut kita pun menjadi lemah dan rontok.

Tentu saja ketombe dan rambut rontok ini sangat mengganggu aktivitas kita yah Bunda dan membuat kita menjadi tidak percaya diri saat tengah berada di luar rumah. Penyebab ketombe dan rambut rontok sendiri bisa karena kulit kepala kering sehingga terjadi pengelupasan yang tidak maksimal dan sel-sel kulit mati menumpuk, tidak rutin keramas serta stres atau banyak pikiran dan gaya hidup serta perawatan rambut yang salah.

Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Ketombe Dan Rambut Rontok

1. Rajin Masker Rambut

Melakukan perawatan dengan masker rambut bisa menjadi salah satu cara alami mengatasi ketombe dan membuat rambut tetap sehat nih Bunda. Kita bisa melakukan masker rambut di rumah dan membeli produk masker rambut yang bagus dan terbuat dari bahan alami. Lakukan perawatan tersebut minimal dua minggu sekali untuk hasil yang bagus nih Bunda.

2. Banyak Minum Air Dan Makan Sayur

Mengonsumsi makanan yang bergizi dan rajin minum air putih juga bisa menjaga kesehatan kulit, rambu, dan kuku kita loh Bunda! Terutama sayur-sayur yang dapat menutrisi rambut yakni yang berwarna hijau tua nih Bunda bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dan mengatasi masalah kerontokan rambut secara alami. Kita juga harus konsumsi minimal 2 liter air setiap hari nih untuk memastikan kulit kepala dan rambut tetap sehat.

3. Rajin Menyisir Rambut

Nah, cara alami menghilangkan ketombe dan mengatasi kerontokan adalah dengan rajin menyisir datau merapikan rambut kita. Menyisir ini berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan ketombe nih Bunda. Jangan lupa juga untuk sisir rambut Anda sebelum mencuci rambut agar semua sel kulit mati dapat terangkat saat keramas nanti. Jika bisa, gunakan sisir rambut yang memiliki ujung pin bulat yang memijat secara lembut kulit kepala kita yah.

4. Jalani Kebiasaan Sehat

Selanjutnya, kebiasaan hidup sehari-hari dapat ikut berpengaruh terhadap munculnya ketombe dan rambut rontok nih. Misalnya pada orang yang sering kurang tidur atau mengalami stres dapat memicu masalah pada kulit kepala dan membuat rambut rontok. Jadi Bunda harus tidur cukup minimal delapan jam sehari untuk mencegah ketombe dan rambut rontok.

Selain itu, juga jangan terlalu sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut demi menghindari kulit kepala terkena suhu yang terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi sehingga muncul ketombe dan membuat rambut menjadi rapuh. Biarkan saja rambut kita kering secara alami setelah selesai keramas. Juga hindari produk penataan rambut agar tidak membuat kulit kepala kering, iritasi dan gatal.

5. Jaga Kelembapan Kulit Kepala

Kelembapan kulit juga sangat berpengaruh nih Bunda terhadap masalah ketombe dan rambut rontok. Nah, Bunda harus selalu jaga kelembapan kulit kepala dengan rutin menggunakan kondisioner atau memijatnya menggunakan bahan alami yang lebih sehat seperti misalnya minyak kelapa, minyak zaitun, minyak pohon teh, lidah buaya dan lemon. Meskipun begitu, jangan juga gunakan terlalu banyak yah.

6. Hindari Produk Yang Dapat Mengiritasi Dan Merusak Rambut

Untuk orang-orang yang memiliki kulit kepala yang sensitif, sangat tidak disarankan untuk menggunakan cat rambut atau produk perawatan yang mengandung banyak bahan kimia nih Bunda seperti misalnya alkohol, pengawet dan parfum. Efek samping dari bahan-bahan tersebut bisa membuat kulit kepala mengering dan menimbulkan ketombe serta rambut rontok.

7. Gunakan Sampo Anti Ketombe

Ini cara terakhir menghilangkan ketombe ialah dengan menggunakan sampo anti ketombe untuk mengatasi ketombe dan menutrisi rambut. Carilah sampo yang memiliki kandungan yang bagus yang biasanya sudah diformulasikan sedemikian rupa untuk mengatasi ketombe sekaligus juga berfungsi menutrisi kulit kepala dan rambut. Sebisa mungkin gunakan produk anti ketombe yang berasal dari bahan alami yah Bunda.

Ketombe dan rambut rontok bisa dialami oleh siapa saja yah Bunda. Terlebih lagi jika Bunda menggunakan jilbab, maka harus extra menjaga kebersihan kepala nih karena rambut yang tertutup terus selama kita melakukan rutinitas sehari-hari kulit kepala lebih cepat berkeringat dan kalau tidak dirawat dengan baik rentan terhadap ketombe dan rambut rontok. Meskipun begitu, penyebab umum munculnya ketombe dan masalah rambut rontok bukan karena jilbab yah, tetapi tetap karena gaya hidup dan perawatan rambut yang salah.

Dan untuk Bunda yang berjilbab, disarankan untuk tidak terburu-buru mengenakan jilbab saat rambut masih basah nih. Usahakan setelah keramas rambut kering dulu baru bisa mengenakan jilbab lagi.

Selain itu, inner jilbab atau dalaman jilbab pun harus turut Bunda perhatikan. Inner yang sama yang telah Bunda gunakan selama dua hari harus segera diganti karena keringat yang menempel di sana akan membuat kulit kepala gatal dan memicu ketombe.

Semoga ketombe dan rambut rontok bisa segera teratasi yah Bunda!

LEAVE A REPLY