Tak jarang seorang Ibu rumah tangga mengalami fase tak percaya diri terhadap diri sendiri. Menjalani rutinitas sehari-hari yang kebanyakan berputar di rumah-rumah saja, membuat nyali kita ciut untuk tetap eksis di lingkungan. Ditambah melihat rekan seumuran yang tetap aktif bekerja di bidang karir, makin meruntuhkan jati diri ini.

Hal itu yang menjadi alasan Tiandarinie selaku Founder Mom Influencer Indonesia (MOMI) mendirikan sebuah komunitas ibu-ibu yang harapannya mampu menghargai dirinya sendiri.

“Mom Influencer ID ingin menginspirasi para moms agar bisa tetap memancarkan pesonanya, tidak sebatas tampilan fisik, tapi juga inner beauty serta lebih menghargai diri sendiri atau self love”, ujar Tian saat ditanya tema acara perayaan pertama berdirinya Mom Influencer ID.

Tian percaya bahwa setiap Ibu itu hebat dan ideal untuk masing-masing anaknya. Untuk itu Tian memilih untuk membentuk komunitas ini sebagai support system bagi ibu-ibu yang tetap ingin produktif dan berkarya meski dari rumah saja.

“MOMI ini berawal dari kegelisahan aku sebagai ibu baru, yang beradaptasi dengan rutinitas rumah tangga, padahal sebelumnya bekerja di media dan periklanan digital. Di satu sisi ingin tetap mendampingi anak, tapi di sisi lain ingin tetap berdaya meski dari rumah. Ternyata, seiring berjalannya waktu aku menemukan bahwa banyak ibu yang memiliki kegelisahan yang sama”, ujar Tian. Menurut Ibu satu anak ini, beruntungnya kita hidup di era digital yang memungkinkan banyak hal bisa diakses dan dikerjakan dari rumah. Akhirnya terbentuklah Mom Influencer ini sebagai support system bagi para Ibu yang memiliki semangat untuk berdaya dari rumah.

Berkat keuletan dan ketekunan Tian, kini Mom Influencer Indonesia sudah memiliki 700 orang member dari seluruh Indonesia, dan puluhan Brand yang sudah bekerja sama dengan MOMI. Hebatnya lagi semua masih diurus sendiri oleh Tian.

Lalu apa sih yang membuat komunitas ini tetap solid? “Sebenarnya MOMI pun masih berproses untuk tetap engaged dan solid, tapi setidaknya ada satu benang merah yang membuat para MOMI sepakat bahwa setiap ibu bisa berdaya, setiap ibu itu hebat. Seperti tagline kami yaitu “Every Mom Is A Super Mom”, ujar Tian yang bernama lengkap Chyntia Andarinie. Dengan begitu para Ibu merasa lebih dekat karena merasa seperjuangan.

Selain itu MOMI juga konsisten mengadakan meet-up rutin yang saat ini berlangsung online minimal 3 bulan sekali agar bisa saling kenal satu sama lain. Tian pun yakin masih banyak sekali potensi serta hal-hal yang bisa saling dibagikan satu sama lain antar sesama Ibu di Mom Influencer ID. “Sebagai perempuan, sudah seharusnya kita saling dukung, berkolaborasi bukan berkompetisi”, pesan Tian yang juga kerap dipanggil Mom Ti.

Dari situ kita melihat mengapa komunitas ini semakin ramai dan solid karena tujuannya bukan untuk memperoleh keuntungan secara materi, bukan untuk ajang eksis melainkan tempat Ibu-ibu belajar banyak hal dari ibu yang lain. Dalam captionnya Mom Tian bilang bahwa “kami bukan selebriti yang punya banyak fans. Kami berusaha tetap sederhana namun memberi dampak dan memanfaatkan media sosial untuk hal-hal positif”. Keren yaa.

Tak heran banyak komentar Ibu di MOMI yang sangat bersyukur berada di komunitas itu. “Alhamdulillah Moms disini supportive ngedukung supaya lebih pede, aku pun pelan-pelan belajar, nanya-nanya sama Mommies yang berpengalaman, nggak ada yang pelit ilmu, ujar Izza salah satu member MOMI.

“Di grup MOMI meski ada Event dan Campaign tapi juga diajarin ilmu mendalami sosmed dan diarahkan untuk buat konten yang organic dan konsisten,” testi dari Aster.

“Banyak belajar hal baru disini, terutama tentang konten. Dapet kerjaan yang feenya mayan gede juga dari sini. Terima kasih MOMI selamat 1 tahun”, ujar Rula.

Saat ditanya apa harapannya ke depan, Tian menjawab, semua ibu, apapun statusnya baik ibu yang berkarir, ibu yang memiliki usaha maupun ibu rumah tangga, bisa tetap mengaktualisasikan diri, upgrade skill dan menggapai mimpinya. Karena Ibu adalah madrasah dan role mode pertama bagi anak, dan memegang peranan penting dalam meneruskan masa depan bangsa. Sepakat dengan Mom Tian. Selamat bertambah umur MOMI semoga bisa selalu menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk para Ibu. Terima kasih sudah bersedia berbagi dengan katabunda. Sampai bertemu di lain waktu ya.

LEAVE A REPLY