Dear Bunda, akhir pekan merupakan saat yang pas untuk bersantai bersama keluarga dan berwisata adalah salah satu pilihannya. Sebab aktivitas ini disukai oleh anak-anak, tapi kadang suka bingung yah mau kemana atau mau melakukan kegiatan apa pada saat akhir pekan. Nah bagaimana dengan wisata  Museum? Museum adalah tempat wisata edukasi yang tepat untuk anak. Dengan berkunjung ke museum, anak bisa mengetahui sejarah peradaban, sejarah seni, alat seni dan lain sebagainya. Ditambah gedung museum berdiri diatas gedung tua yang bersejarah, tentunya hal ini menambah menarik wisata keluarga.

Berikut beberapa museum di Jakarta yang bisa dikunjungi keluarga di akhir pekan ini.

1. Museum Wayang

Sumber Foto: Travelingyuk.com

Museum yang berlokasi di Jl. Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta ini, menyimpan berbagai macam jenis wayang. Hingga kini Museum Wayang mengoleksi lebih dari 4000 buah Wayang  Baik jenis wayang Indonesia dan berbagai macam koleksi wayang, boneka dari luar negeri, seperti dari Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, Perancis, India. Selain itu juga ada koleksi set gamelan dan juga lukisan wayang. Tentunya melihat berbagai jenis boneka  dan wayang beserta berbagai keunikannya amat menarik bagi si kecil.

2. Museum Layang-layang

Sumber Foto: Bukalapak.com

Museum Layang-Layang adalah sebuah museum yang terletak di Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Museum ini merupakan museum layang-layang pertama di Indonesia. Jumlah koleksi layang-layang di museum ini berjumlah 600, tetapi jumlah tersebut terus bertambah seiring datangnya koleksi-koleksi baru dari para pelayang daerah dan luar negeri maupun layang-layang yang dibuat sendiri oleh karyawan museum.

Memasuki Museum ini kita akan dimanjakan oleh ratusan Layang-layang dengan berbagai bentuk. Setelah melihat berbagai bentuk layang-layang Bunda dan si Kecil juga dapat membuat sendiri layang-layang untuk dibawa pulang.

3. Planetarium


Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah satu dari tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur, Surabaya, dan Jawa Timur. Planetarium tertua ini letaknya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Planetarium Jakarta merupakan sarana wisata pendidikan yang dapat menyajikan pertunjukan / peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit. Pengunjung diajak mengembara di jagat raya untuk memahami konsepsi tentang alam semesta melalui acara demi acara. Belajar Benda angkasa tentunya amat menarik bagi anak-anak.

4. Museum Fatahillah

Sumber Foto: Tempo

Museum Sejarah Jakarta atau  dikenal juga dengan nama Museum Fatahillah (Jakarta History Museum) terletak di Jl. Taman Fatahillah No.1 Jakarta. Disana kita bisa menyaksikan perjalanan sejarah kota Jakarta,  juga bisa melihat replika peninggalan masa kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran. Museum ini juga terdiri dari berbagai ruangan, dan pada tiap ruangan akan ditampilkan benda benda sejarah yang unik dan memiliki nilai sejarah tinggi. Ruangan di dalam Museum Fatahillah, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang Batavia. Ada juga beberapa koleksi tentang kebudayaan Betawi, numismatik, dan bahkan becak alat transportasi masa lalu yang mungkin belum pernah dilihat oleh si kecil.

5. Museum Satria Mandala

Sumber Foto : Indonesiakaya.com


Museum yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan ini bercerita tentang sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempertahankan kedaulatan NKRI. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi para Jendral besar di Indonesia, berbagai jenis macam benda bersejarah mulai dari peralatan tempur TNI AU, berbagai jenis senjata tradisional buatan Indonesia seperti bambu runcing, keris, trusula hingga pedang katana maupun senjata rampasan dari penjajah kemudian koleksi pesawat terbang yang pernah mengudara di Indonesia dimulai dari zaman penjajahan sampai sekarang.

6. Museum Gajah atau Museum Jakarta

Di Museum Nasional / Gajah terdapat banyak benda-benda koleksi kuno mulai dari arca, prasasti, hingga berbagai benda kerajinan yang menjadi hasil budaya pada zaman dulu, yang penting diketahui oleh anak anak kita. Museum ini berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

7. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum ini berlokasi di sebelah gedung Bappenas, Taman Suropati. Museum ini banyak menceritakan sejarah kemerdekaan Indonesia, termasuk bagaimana naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Nah jika sudah puas menjelajah, cobalah ke taman belakang museum. Di taman belakang ini ada sebuah bunker bawah tanah yang digunakan sebagai tempat persembuyian jika ada serangan dari pihak musuh.

Maklum, gedung ini dulunya adalah kantor pemerintahan di era kolonial, jadi dibutuhkan bunker sebagai pengaman. Terdapat anak tangga ke bawah yang bisa digunakan untuk memasuki bunker. Sayangnya, bagian jalan tembusan bunker sudah ditutup, sehingga hanya tersisa sedikit ruang. Menarik bukan Bunda ?

8.  Museum Bayt Al-Quran


Museum yang berada di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini adalah salah satu lokasi wisata edukatif yang patut dikunjungi oleh keluarga Muslim. Di dalam museum ini tersimpan berbagai  koleksi Al-quran yang berhasil dihimpun sejak Islam berkembang di bumi pertiwi. Tak hanya terbatas pada penyimpanan Al-quran, Bayt Alquran, juga menyimpan tradisi yang berkaitan dengan penulisan, pengajaran, serta penyebarluasan Al-quran di Bumi Pertiwi. 

Nah Bunda, Museum mana nih yang akan dikunjungi bersama keluarga akhir pekan ini? Pastinya menyenangkan yah berlibur sekaligus belajar sejarah bersama si kecil. Tetap jaga Protokol kesehatan ya selama berkunjung ke museum, agar tetap sehat dan ceria selalu.  

LEAVE A REPLY