Hampir semua orang pasti pernah merasakan insecure ya, Bunda. Insecure sendiri adalah sebuah rasa tidak percaya diri yang timbul dalam perasaan seseorang.  Biasanya kita akan merasa tidak aman, cemas, ragu dan takut. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang merasa insecure seperti misalnya sebuah kegagalan ataupun penolakan.

Meskipun insecure merupakan hal yang normal dan bisa terjadi kepada siapa saja, tetapi jika kita merasa tidak percaya diri sepanjang waktu maka dapat mempengaruhi aktivitas. Perasaan insecure ini dapat mengganggu produktivitas kita dalam menjalani hari. Oleh sebab itu, sebaiknya insecure bisa kita olah agar tidak datang terus menerus di kehidupan kita.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa kita coba lakukan  untuk menghilangkan perasaan insecure yang sering muncul di dalam diri kita:

1. Lakukan Hal Yang Kita Sukai

Sebaiknya kita coba untuk lebih fokus terhadap hal-hal yang kita sukai. Melakukan kegiatan yang bisa menyenangkan diri kita seperti misalnya liburan ke suatu tempat, mencoba sesuatu yang belum pernah kita lakukan dan melakukan hobi yang kita sukai serta banyak hal lainnya. Hal ini bisa membantu kita untuk menghilangkan perasaan insecure. Sebab biasanya seseorang yang merasa sedih akan mudah insecure daripada ketika dirinya merasa bahagia. Oleh karena itu, cobalah untuk lakukan hal-hal yang kita sukai di dalam hidup ini.

2. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Bunda, berhenti menyalahkan diri sendiri akan kegagalan atau kesalahan yang pernah terjadi dalam hidup kita. Sebaiknya kita harus ingat bahwa kita bukanlah satu-satunya orang yang pernah melakukan kesalahan. Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan di dalam hidup mereka. Hal yang harus kita lakukan justru adalah bangkit dari kegagalan itu. Harus percaya dengan diri sendiri bahwa kita pasti bisa melewatinya. Tidak ada kegagalan yang tidak bisa kita atasi jika kita mau berusaha.

3. Jauhi Lingkungan Toxic

Lingkungan yang toxic kerap kali memberikan pengaruh negatif terhadap diri kita. Komentar-komentar yang menyakitkan seringkali membuat kita merasa insecure. Sebaiknya hindari lingkungan yang toxic supaya pikiran kita selalu positif. Jauhkan pengaruh-pengaruh atau komentar-komentar negatif. Batasi interaksi dengan teman yang toxic supaya kita tidak merasa insecure. Supaya kita bebas dari beban pikiran akibat komentar menyakitkan dari orang lain tentang diri kita.

4. Selalu Bersyukur

Hal yang harus kita lakukan agar terhindar dari perasaan insecure ialah dengan selalu bersyukur. Kita harus ingat kebahagiaan apa saja yang telah kita rasakan selama ini. Bersyukur atas hidup yang kita miliki adalah cara terbaik untuk menghindari insecure ya, Bunda. Belajar untuk menghargai diri sendiri dan hidup yang kita punya dengan terus semangat menjalani hari. Fokus pada kebahagiaan yang telah kita dapat selama ini dan belajar menjadi pribadi yang senantiasa bersyukur terhadap hidup yang kita punya.

5. Jangan Bandingkan Diri Dengan Orang Lain

Bunda, kita mungkin sering melihat kelebihan ataupun keberhasilan orang lain dan sering merasa insecure karenanya. Sebaiknya segera dihentikan hal tersebut sebab membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah cara yang tepat untuk mengoreksi kekurangan diri kita. Setiap orang tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya kita fokus dengan kelebihan diri agar bisa menutupi kekurangan yang kita miliki. Belajar menjadi lebih baik dengan melihat diri kita di masa lalu dan membandingkanya dengan yang sekarang, bukan dengan melihat kelebihan orang lain yang tidak kita miliki.

6. Tingkatkan Kualitas Diri

Daripada kita sibuk menyalahkan diri sendiri atau membandingkan diri kita dengan orang lain, lebih baik kita fokus tingkatkan kualitas diri supaya menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya. Kita bisa gali kualitas diri dengan mengasah bakat atau kemampuan yang kita miliki. Kembangkan hobi yang kita sukai dan buat diri sendiri berkualitas. Jika sudah begitu, maka tidak akan ada lagi waktu untuk sibuk iri dengan keberhasilan orang lain. Sebab ternyata kita juga bisa kalau mau berusaha.

7. Habiskan Waktu Dengan Orang Terkasih

Bunda, sebaiknya habiskan banyak waktu dengan  orang-orang yang juga menghargai keberadaan kita. Sebab orang yang menyayangi kita pasti tidak akan menyakiti perasaan kita. Mereka akan menegur kita dengan cara yang baik saat kita melakukan kesalahan. Bahkan mereka tidak akan segan untuk membantu kita saat sedang membutuhkan pertolongan. Hal ini ditegaskan pula oleh Therese J. Borchard di laman PsychCentral, yaitu di kelilingi oleh orang-orang yang suportif akan membantu mengatasi rasa insecure kita.

8. Cintai Diri Sendiri

Sebelum mencintai orang lain, ada baiknya kita mencintai diri sendiri. Dengan mencintai diri sendiri, tentu kita menjadi lebih bersyukur atas hidup yang kita miliki. Lebih bisa menghargai usaha-usaha yang pernah kita lakukan. Tentu kita juga akan terhindar dari perasaan insecure. Tidak mudah menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang terjadi di dalam hidup. Belajar menghargai diri sendiri dan berterima kasih atas semua yang sudah pernah kita lakukan untuk hidup.

Perasaan insecure memang suatu hal normal yang bisa dialami oleh siapa saja. Namun, kita harus ingat bahwa setiap manusia dibekali oleh kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada orang yang tidak pernah melakukan kesalahan selama hidupnya. Oleh sebab itu, sebaiknya bersyukur atas hidup yang kita miliki sebagai sebuah anugerah besar yang harus kita hargai.

LEAVE A REPLY