Dear Bunda, Genre film apa yang menjadi favorit untuk ditonton? Action, romantic, comedy, thriller atau horror? Jika Bunda ingin menonton film yang seperti real life dengan konflik yang realistis, film tentang pernikahan mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Film yang mengangkat tema soal kehidupan pernikahan biasanya cukup pelik dengan mengambil persoalan-persoalan dalam kehidupan pernikahan dari berbagai sudut pandang.

Beberapa orang berpikir bahwa pernikahan adalah akhir dari setiap kisah cinta. Itulah mengapa banyak orang memimpikan pernikahan yang bahagia.  Sejatinya tak semua kisah cinta berakhir dalam pernikahan. Kalaupun memang berakhir dalam pernikahan, apakah itu berarti akhir yang bahagia?
Yuk kita bahas beberapa film bagus bertemakan  kehidupan rumah tangga.

1. A Moment to Remember (2004)

Diperankan oleh Son Ye-Jin dan Jung Woo-Sung

Siapkan tisu yang banyak  ketika Bunda menonton film yang satu ini. A Moment to Remember merupakan salah satu film korea romantis yang pertama kali diliris tahun 2004. yang popularitasnya merambah di mancanegara. Film ini dibintangi oleh Son Ye Jin dan Jung Woo Sung.
Film ini mengisahkan hubungan dua sejoli, Su Jin dan Chul Soo, sejak pertama bertemu, berpacaran, hingga menikah. Fase-fase tersebut berjalan sangat manis dan membuat siapa pun iri.

Akan tetapi, keadaan berubah drastis setelah Su Jin didiagnosis menderita alzheimer. Ia mulai lupa dengan banyak hal, termasuk orang-orang yang dicintainya. Namun Chul Soo tetap setia mendampingi sang istri yang sudah jarang mengingatnya hingga akhir hayat. Benar-benar kisah cinta yang penuh ketulusan.

2. Talak 3 (2016)

Diperankan Laudia Chintya Bella, Vino G Bastian dan Reza Rahadian


Film bergenre komedi romantis ini bisa menjadi pilihan yang asik kalau bunda mau nonton film Indonesia yang berkualitas tapi enggak berat. Film yang dibintangi Reza Haradian, Laudia C. Bella dan Vino G. Bastian ini mengisahkan Bagas dan Risa sebagai pasangan yang baru aja cerai karena Bagas selingkuh sama penyanyi dangdut. Tetapi dikarenakan ancaman sitaan rumah kredit dan ada sebuah proyek vendor pernikahan, mereka akhirnya memutuskan buat bekerja bareng.

Meski berat, semua mereka lakukan hanya demi uang. Namun, keseringan bareng bikin benih-benih cinta tumbuh kembali di hati mereka. Masalahnya, Bagas sudah telanjur menjatuhkan talak tiga. Artinya, mantan istri harus menikah dulu dengan lelaki lain baru mereka bisa menikah sampai disini terdengar menarik bukan?

Dalam kegalauan itu, mereka bertemu dengan Bimo, teman masa kecil Risa. Sampai akhirnya mereka  merencanakan kawin kontrak antara Risa dan Bimo. Namun, siapa sangka Bimo ternyata punya cinta yang tulus ke Risa sejak lama.

Film ini memang berkisah mengenai perceraian. Namun, perlu dipahami buat semua pasangan  bahwa “cerai” itu bukan kata yang bisa di ucapkan seenaknya. Jangan sampai  memutuskan buat pisah dari pasangan  semata-mata karena emosi dan enggak berpikir panjang mengenai dampak ke depannya.


3. Marriage Story (2019)

Diperankan oleh Scarlett Johansson dan Adam Driver


Film Hollywood yang dibintangi oleh Scarlett Johanson ini bercerita tentang sepasang suami istri yang pernikahannya tengah di ujung tanduk. Nicole dan Charlie adalah pasangan suami istri yang bahagia. Mereka dikaruniai satu orang putra yang lucu, serta memiliki karier sempurna yang juga merupakan passion keduanya.

Namun, tiba-tiba pernikahan mereka diambang kehancuran. Bukan karena adanya orang ketiga atau kekerasan dalam rumah tangga, namun mereka memiliki ego yang tidak bisa dibendung juga perbedaan pendapat. Film ini akan memberikanmu banyak pelajaran tentang kehidupan pernikahan yang sesungguhnya.


4. Kim Ji-Young Born 1982  (2019)

Dibintangi oleh Gong Yoo dan Jung Yu-mi

Film ini dibintangi oleh aktor Ganteng korea  Gong Yoo dan si cantik Jung Yu-Mi. Film ini menceritakan tentang Kim Ji Young, seorang wanita Korea biasa di usia 30-an, seringkali merasa berat dengan kesehariannya sebagai seorang ibu rumah tangga sepenuhnya. Meskipun  menikah dengan pria yang ia cintai, dan usaha keras untuk membesarkan anak perempuannya memaksanya menanggalkan banyak hal.
Ji Young tetap meyakini bahwa ia baik-baik saja namun, suaminya, Dae Hyeon memperhatikan bahwa kehidupan telah membebani Ji Young lebih dari yang ia sadari. Khawatir, Dae Hyeon mendatangi psikiater dan mengatakan, istriku berubah menjadi orang lain.

Secara keseluruhan, Kim Ji Young, Born 1082 mendorong perempuan untuk berani buka suara dan berdiri untuk dirinya sendiri dalam menghadapi ketidaksetaraan juga perundungan berbasis gender dalam masyarakat. Film ini juga memberitahu bahwasanya wajar bagi seseorang untuk meminta pertolongan kepada ahli dalam menghadapi depresi dan beban keluarga.

5. Surga Yang Tak Dirindukan (2015)

Dibintangi oleh Laudya Chintya Bella, Raline Shah dan Fedi Nuril

Film yang diadaptasi dari novel karya Asma Nadia ini dibintangi Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, dan Raline Shah. Menyoroti masalah poligami yang tabu di Indonesia, film ini berpusat pada Pras, seorang pemuda yang sejak kecil telah kehilangan ibunya yang tewas bunuh diri.

Pras dewasa pun begitu menghargai sosok perempuan. Ia juga menikahi muslimah bernama Arini dan telah memiliki satu anak perempuan. Namun muncul konflik di mana Pras mencoba menyelamatkan hidup wanita bernama Meirose. Tak ingin anak Meirose mengalami apa yang ia rasakan dahulu, Pras pun menikahi Meirose demi mencegahnya bunuh diri.

Film Surga Yang Tak Dirindukan ini berhasil membuat para penontonnya terbawa perasaan. Masing-masing pemerannya pun memiliki karakter yang kuat, sehingga kamu tak bisa berpihak pada satu tokoh saja. Nah, film ini juga menghadirkan sekuel berjudul Surga Yang tak Dirindukan 2.

6. Critical Eleven (2017)

Diperankan oleh Reza Rahadian dan Adinia Wirasti

Film Critical Eleven diperankan oleh Reza Rahadian (sebagai Ale) dan Adinia Wirasti (sebagai Anya). Film yang diangkat dari novel karangan Ika Natassa ini menceritakan kisah pernikahan muda yang harus melalui tantangan besar dalam pernikahan mereka.

Awalnya, rumah tangga mereka penuh cinta. Namun, di tengah kebahagiaan menantikan buah hati mereka, Anya mengalami keguguran. Hal ini membuat mereka tidak hanya mempertanyakan cinta, tetapi juga bergumul dengan ego dan harus memilih: menyerah dalam marah atau menyembuhkan luka dan bertahan dalam ketidakpastian. Pilihan sulit itu bertambah pelik dengan kehadiran seseorang yang sudah lama mencintai Anya.

7. All About My Wife (2017)

Dibintangi oleh Im Soo-Jung dan Lee Sun-Kyun

Film komedi romantis dari dari Negri Gingseng ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris terkenal, seperti Lee Sun Kyun, Im Soo Jung, dan Ryu Seung Ryong.

Sebenarnya film ini merupakan remake dari film Argentina berjudul ‘A Boyfriend for My Wife’ yang sangat terkenal di negeri asalnya. Menceritakan tentang pasangan Doo Hyun dan Jung In telah menikah selama tujuh tahun. Semakin lama menikah, kelakuan Jung In semakin membuat Doo Hyun tak betah berada di rumah. Doo Hyun pun berusaha membuat sang istri meninggalkannya. Ia pun meminta Sung Ki, tetangganya yang seorang playboy untuk menggoda Jung In. Awalnya rencana berjalan lancar. Namun lambat laun Doo Hyun menyesali perbuatan tersebut. Ia mulai menyadari betapa berarti sang istri dalam kehidupannya.

Nah Bunda kira-kira film apa nih yang akan menjadi list tontonan Bunda minggu ini?
Selamat menonton!


LEAVE A REPLY