William Shakespeare seorang pujangga Inggris  pernah berkata “apalah arti sebuah nama” namun bukankah nama adalah sebuah Doa dan harapan?….. Nama merupakan hadiah yang diberikan orangtua kepada buah hatinya seumur hidup, maka hendaklah memberikan nama yang bermakna baik dan indah pada si buah hati. Ketika menunggu kehadiran si buah hati, tentunya orangtua sibuk mencari nama yang paling bagus.

So, dalam menentukan nama si buah hati  ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih nama bayi. Salah satu pertimbangannya adalah jenis kelamin bayi karena tentunya nama bayi laki-laki dan nama bayi perempuan berbeda.

Yuk kita bahas beberapa hal yang mungkin membantu dalam memilih nama yang  baik dan bagus untuk si Kecil.

Beri Nama Anak dengan Nama yang Baik
Nama dapat menjadi doa dan harapan untuk Si Kecil. Jadi, orangtua wajib mengetahui cara memberi nama anak yang bagus.


Hindari Nama yang mengandung arti buruk atau bisa menjadi bahan olok-olok
Tentunya Bunda tidak mau kan jika suatu hari nanti ke kecil pulang kerumah dengan muka kusut karna diolok-olok temanya karna memiliki nama yang aneh.

Jangan terlalu panjang
Sebaiknya 2 atau 3 kata saja sudah cukup. Kata yang terakhir adalah nama keluarga, sehingga yang dicari hanyalah kata pertama dan kedua saja.


Pikirkan nama panggilan
Bila nama depan terdiri dari lebih dari 2 suku kata, pikirkan nama panggilan untuknya. Karena agak sulit untuk memanggil nama yang terdiri dari lebih 2 suku kata.

Jangan memilih nama yang sulit diingat dan dilafalkan
Seorang psikolog bernama Adam Alter dari New York University mengungkapkan bahwa kita lebih menyukai nama yang lebih mudah dipahami oleh otak kita. So memberi nama yang sulit dilafalkan pada akhirnya membawa kesulitan juga kan? Misalnya terjadi kesalahan dalam memanggil.

Hendaknya Jelas nama laki-laki atau perempuan
Memberikan nama yang ‘feminin’ untuk anak laki-laki, atau sebaliknya untuk anak perempuan dapat memancing ledekan teman-temannya di masa sekolah.

Bunda, Noted : Bila anak tidak menyukai namanya, ia akan merasa kurang percaya diri. Sebaliknya, nama yang bagus akan membuatnya bangga atas dirinya. Nama adalah label yang akan kita bawa sepanjang hidup jika kita menyukai label yang kita bawa tentunya akan membawa kebahagiaan.


LEAVE A REPLY